.

Senin, 25 September 2023

KONFIGURASI ELEKTRON UNSUR PRINSIP AUFBAU

 




KONFIGURASI ELEKTRON UNSUR PRINSIP AUFBAU

Wahyu Visantoro (41623010005)

ABSTRAK

Dalam fisika atom dan kimia kuantum,konfigurasi elektron adalah bangunan elektron pada suatu atom,molekul,struktur fisik lainnya. Sama seperti partikel elementer lainnya, elektron patuh pada hukum mekanika kuantum dan mempertunjukkan sifat-sifat bak-partikel maupun bak-gelombang. Secara resmi, kondisi kuantum elektron tertentu ditentukan oleh fungsi gelombangnya, yaitu suatu fungsi ruang dan waktu yang benar nilai kompleks.


PENDAHULUAN

Ketika metode Aufbau disebutkan, namanya menonjol karena berasal dari Jerman. Dan memang asal usulnya berasal dari Aufbauprinzi.Namun, perkembangannya berada di tangan fisikawan Denmark, Niels Bohr, yang berusaha menyelidiki sifat atom dan karakteristiknya. Meski begitu, postulat ini tidak pernah memakai namanya.

Aufbau adalah kata benda bahasa Jerman yang berarti "konstruksi". Prinsip Aufbau kadang-kadang disebut prinsip membangun atau aturan Aufbau. Menurut prinsip Aufbau ini elektron di dalam suatu atom akan berada dalam kondisi yang stabil bila mempunyai energi yang rendah, sedangkan elektron-elektron akan berada pada orbital-orbital yang bergabung membentuk subkulit.Jadi, elektron mempunyai kecenderungan akan menempati subkulit yang tingkat energinya rendah


RUMUSAN MASALAH

1.Jelaskan sejarah prnsip aufbau

2.Urutan konfigurasi prinsip aufbau


TUJUAN

Untuk memahsi konsep Konfigurasi Elektron Unsur Prinsip Aufbau


PEMBAHASAN

Dalam teori kuantum lama, orbit dengan momentum sudut rendah (s- dan p- orbital) lebih dekat ke inti.

Prinsip ini mengambil namanya dari Jerman, Aufbauprinzip, "prinsip membangun", bukannya diberi nama seorang ilmuwan. Bahkan, ia dirumuskan oleh Niels Bohr dan Wolfgang Pauli di awal 1920-an, dan menyatakan bahwa:

Orbital energi yang lebih rendah diisi pertama dengan elektron dan hanya kemudian orbital energi tinggi dipenuhi.

Ini merupakan sebuah aplikasi awal mekanika kuantum untuk sifat-sifat elektron, dan menjelaskan sifat kimia dalam hal fisik. Setiap elektron ditambahkan tunduk pada medan listrik dibuat oleh muatan positif dari inti atom dan muatan negatif elektron lainnya yang terikat untuk inti. Meskipun dalam hidrogen tidak ada perbedaan energi antara orbital dengan bilangan kuantum utama yang sama n, hal ini tidak berlaku untuk elektron terluar dari atom lain.

Dalam teori kuantum lama sebelum mekanika kuantum, elektron seharusnya menempati orbit elips klasik. Orbit dengan momentum sudut tertinggi adalah 'orbit lingkaran' di luar elektron dalam, tapi orbit dengan momentum sudut rendah (s- dan p- orbital) memiliki eksentrisitas orbit yang tinggi, sehingga mereka lebih dekat dengan inti dan merasa rata-rata muatan nuklir kurang kuat disaring.

Asas ini melakukan pekerjaan dengan patut (untuk kondisi dasar atom-atom) sebagai 18 unsur pertama; beliau akan menjadi semakin kurang akurat sebagai 100 unsur sisanya. Bangun-bangun modern asas Aufbau menjelaskan urutan energi orbital berlandaskan kaidah Madelung, pertama kali dinyatakan oleh Erwin Madelung pada tahun 1936.

Sehingga, menurut kaidah ini, urutan pengisian orbital adalah sebagai berikut:

1s 2s 2p 3s 3p 4s 3d 4p 5s 4d 5p 6s 4f 5d 6p 7s 5f 6d 7p

Energi orbital dapat dihitung dengan aturan (n + l). Dalam kasus orbital memiliki nilai yang sama (n + 1) maka orbital dengan nilai n yang lebih rendah akan diisi terlebih dahulu



Contoh Soal

Tentukan Konfigurasi Elektron 12Mg sesuai dengan Prinsip Aufbau!

Jawab:

Diselesaaikan dengan mengisi elektron pada orbital yang memiliki energi terendah sesuai dengan prinsip aufbau.

12Mg = 1s² 2s² 2p⁶ 3s².


Kelemahan asas Aufbau

Asas Aufbau begantung pada postulat dasar bahwa urutan energi orbital adalah tetap, patut sebagai suatu unsur atau di sela unsur-unsur yang beda. Beliau menganggap orbital-orbital atom sebagai "kotak-kotak" energi tetap yang mana dapat diletakkan dua elektron. Namun, energi elektron dalam orbital atom bergantung pada energi semuanya elektron dalam atom (atau ion, molekul, dsb). Tak telah tersedia "penyelesaian satu elektron" sebagai suatu sistem dengan elektron lebih dari satu, sebaliknya yang telah tersedia hanya sekelompok penyelesaian banyak elektron, yang tak dapat dihitung secara eksak (walaupun terdapat pendekatan matematika yang dapat dilakukan, seperti kegiatan Hartree-Fock).

Prinsip Aufbau menguraikan aturan yang digunakan untuk menentukan bagaimana elektron tersusun menjadi kulit dan subkulit di sekitar inti atom.

1.Elektron masuk ke subkulit dengan energi serendah mungkin.

2.Sebuah orbital dapat menampung paling banyak 2 elektron dengan mematuhi prinsip pengecualian Pauli .

3.Elektron mematuhi aturan Hund, yang menyatakan bahwa elektron menyebar sebelum berpasangan jika terdapat dua atau lebih orbital yang energinya setara (misalnya, p, d).

Pengecualian Prinsip Aufbau

Seperti kebanyakan aturan, ada pengecualian. Subkulit d dan f yang terisi setengah dan terisi penuh menambah kestabilan atom, sehingga unsur blok d dan f tidak selalu mengikuti prinsip. Misalnya, konfigurasi Aufbau yang diprediksi untuk Cr adalah 4s 2 3d 4 , namun konfigurasi yang diamati sebenarnya adalah 4s 1 3d 5 . Hal ini sebenarnya mengurangi tolakan elektron-elektron dalam atom, karena setiap elektron memiliki tempat kedudukannya sendiri di subkulit.



DAFTAR PUSTAKA 

Esiklopedia Dunia 2023 Prinsip Aufbau https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Prinsip_Aufbau 

Unkris 2023 Konfigurasi Elekron https://p2k.unkris.ac.id/id3/3065-2962/Electron-Configuration_24035_p2k-unkris.html

Rafi Darwis 2022 Apa Itu Prinsip Aufbau? Pengertian dan Kegunaannya https://www.harianhaluan.com/pendidikan/pr-103717474/apa-itu-prinsip-aufbau-pengertian-dan-kegunaannya

Kelas Pintar 2020 Apa yang Dimaksud Prinsip Aufbau? https://www.kelaspintar.id/blog/edutech/apa-yang-dimaksud-prinsip-aufbau-6698

Anne Marie Helmenstine, Ph.D 2019 Prinsip Aufbau—Definisi, Aturan dan Pengecualian - ThoughtCo  https://g.co/kgs/KiMTti


6 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.