.

Senin, 18 September 2023

BILANGAN KUANTUM

 BILANGAN KUANTUM 

 

Nama : Aisyah Imelia Wardhani (41623010020)

ABSTRAK 

Bilangan kuantum menentukan tingkat energi utama atau jarak dari inti, bentuk orbital, orientasi orbital, dan spin elektron. Setiap sistem kuantum dapat memiliki satu atau lebih bilangan kuantum. Ada 4 macam bilangan kuantum: bilangan kuantum utama, bilangan kuantum azimuth, bilangan kuantum magnetik, dan bilangan kuantum spins.secara singkat bilangan kuantum adalah suatu harga yang menyatakan keadaan orbital suatu atom.

Kata kunci: bilangan kuantum dan orbital 

PENDAHULUAN

Pada mata pelajaran kimia akan ada banyak materi yang diajarkan. Salah satunya adalah materi tentang struktur atom. Dimana seluruh benda yang ada di dunia ini akan tersusun oleh  kumpulan atom yang cukup kecil. Hal ini berlaku mulai dari benda mati, zat padat, cair gas atau plasma akan tersusun oleh kumpulan atom kecil.

Bilangan kuantum adalah bilangan yang menggambarkan kedudukan suatu elektron dalam model atom mekanika kuatum yang dicetuskan oleh Erwin Schrodinger. Elektron-elektron tersebar di sekeliling atom dengan teratur berdasarkan tingkat energinya. Tingkat energi inilah yang digambarkan dengan bilangan kuantum.

RUMUSAN MASALAH 

1. Apa itu bilangan kuantum?

2. Sebutkan jenis-jenis bilangan kuantum!

3. fungsi bilangan kuantum utama, bilangan kuantum azimuth, bilangan kuantum magnetik, dan bilangan kuantum spin!

TUJUAN

1. Memahami apa itu bilangan kuantum 

2. Mengetahui jenis-jenis bilangan kuantum

3. Mengetahui fungsi bilangan kuantum utama, bilangan kuantum azimuth, bilangan kuantum magnetik, dan bilangan kuantum spin

PEMBAHASAN

Bilangan kuantum adalah gambaran kedudukan posisi elektron dalam model atom mekanika kuantum yang dapat menjelaskan sifat-sifat atom dengan jelas. Dikutip dari Khan Academy, pencetus model atom mekanika kuantum adalah Erwin Schrodinger.

Bilangan kuantum bisa diartikan sebagai bilangan yang terdiri dari beberapa jumlah nilai integral maupun setengah integral. Keberadaan dari bilangan kuantum biasanya akan mampu menjelaskan mengenai sistem fisik seperti atom, nucleus maupun  subatomic.Secara sederhana bilangan kuantum akan berguna untuk menyatakan suatu kondisi elektro yang ada di dalam atom dan diwakili oleh suatu nilai.  Pada konfigurasi elektron model mekanika kuantum akan ada empat jenis bilangan kuantum.

1. Bilangan Kuantum Utama (n)

Bilangan ini merupakan kulit elektron di mana nilai n=1 menunjukan kulit elektron terdalam di sebuah atom. Bilangan kuantum utama akan dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat positif. Misalnya seperti bilangan 1, 2, 3 dan seterusnya.

Nilai kuantum utama yang lebih besar menunjukkan jarak yang lebih besar antara elektron dan inti. Makin besar nilai kuantum utama juga menyiratkan ukuran atom yang makin besar. Bilangan kuantum utama biasanya berupa bilangan bulat dengan nilai positif yang sama dengan atau lebih besar dari satu.

2. Bilang Kuantum Azimuth/momentum (l)

Bilang kuantum azimuth berguna untuk menunjukkan bentuk orbital dan sub tingkatan energi elektron (ditandai dengan s,p,d,f). Bilangan kuantum ini memiliki nilai dengan ketentuan s=0, p=1, d=2, f=3. Nilai ini akan menunjukkan di subkulit manakah elektron tersebut. 

 

3. Bilangan Kuantum Magnetik (m)

Bilangan kuantum magnetik adalah bilangan yang menyatakan orientasi orbital di ruang tiga dimensi. Bilanagan kuantum magnetik akan memproyeksikan distribusi elektron pada kamar-kamar yang ada di setiap lantai. Bilangan kuantum magnetik menunjukan orientasi elektron dalam ruang orbital. Nilai dari bilangan kuantum magnetik ditentukan oleh harga dari bilangan azimuth, dalam rentan satuan bulat. Bilangan magnetik dapat bernilai dari -1 sampai +1.


4. Bilangan Kuantun Spin (s)

Bilangan kuantum spin adalah bilangan yang dapat menggambarkan tentang arah putaran elektron. Karena hal inilah nilai dari bilangan kuantum spin atau s tidak akan bergantung pada jenis bilangan kuantum lainnya. Bilangan kuantum spin ini ditunjukan dengan ± 1/2 atau -1/2. Bilangan kuantum spin positif artinya arah putaran elektron ke atas (spin up). Bila negatif, maka artinya arah putaran elektron ke bawah.



KESIMPULAN

Bilangan kuantum adalah gambaran kedudukan posisi elektron dalam model atom mekanika kuantum yang dapat menjelaskan sifat-sifat atom dengan jelas. Bilangan kuantum terbagi mendi 4 bagian yaitu: bilangan kuantum utama, bilangan kuantum azimuth, bilangan kuantum magnetik, dan bilangan kuantum spin. Bilangan kuantum tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda seperti: 

1. Bilangan kuantum utama(n) digunakan untuk menyatakan tingkat energi utama yang dimiliki oleh elektron dalam sebuah atom. 

2. Bilangan kuantum azimuth(l) berfungsi untuk menunjukan sub-kulit yang nilainya tergantung dari bilangan kuantum sebelumnya.

3. Bilangan kuantum magnetik(m) digunakan untuk membedakan orbital yang ada di dalam sub-kelopak, dan digunakan untuk menghitung komponen azimuth orientasi orbital di dalam ruang.

4. Bialngan kuantum spin(s) menunjukan arah rotasi elektron pada orbitalnya.


SOAL

1. Tentukan bilangan kuantum unsur 16S

Jawab:

16S = 1s2 2s22p6 3s2 3p4

3p4 artinya,

n = 3; l = 1; m = -1; s = – ½

2. Tentukan bilangan kuantum magnetik dari elektron yang memiliki bilangan kuantum azimuth 4!

Jawab:

Bilangan kuantum azimuth l = 4

Maka bilangan kuantum magnetik ms = -4, -3, -2, -1, 0, +1, +2, +3, +4


DAFTAR PUSTAKA

https://www.ruangguru.com/blog/mencari-bilangan-kuantum#:~:text=Bilangan%20kuantum%20adalah%20bilangan%20yang,yang%20digambarkan%20dengan%20bilangan%20kuantum.

https://www.gramedia.com/literasi/bilangan-kuantum-pengertian-dan-contoh-soal/

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5997710/mengenal-pengertian-dan-macam-macam-bilangan-kuantum

https://katadata.co.id/agung/lifestyle/63f6e759f0728/memahami-pengertian-bilangan-kuantum-fisika-dan-jenis-jenisnya

https://www.kelaspintar.id/blog/edutech/cara-menentukan-bilangan-kuantum-yang-bisa-kamu-manfaatkan-5487

https://www.rumuskimia.net/2016/04/bilangan-kuantum-azimut.html

https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20230427110126-569-942537/4-jenis-bilangan-kuantum-dalam-kimia-beserta-penjelasannya

https://roboguru.ruangguru.com/question/fungsi-dari-bilangan-kuantum-azimuth-l-adalah-_QU-NQM4GAS4

https://id.wikipedia.org/wiki/Bilangan_kuantum#:~:text=Bilangan%20kuantum%20utama%20(primer)%20digunakan,%2C3%2C4%20dan%20seterusnya.

https://www.maretong.com/2019/08/cara-menentukan-bilangan-kuantum.html

https://materikimia.com/10-contoh-soal-bilangan-kuantum-dan-bentuk-orbital-disertai-pembahasannya/ 

https://www.pakarkimia.com/bilangan-kuantum/ 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.