.

Senin, 09 November 2020

Dampak Pencemaran Udara di Lingkungan

 

Dampak Pencemaran Udara di Lingkungan

Oleh: Kevin Adnan Husain ( @So7-Kevin )

 



 

ABSTRAK

          Semua makhlukhidup memerlukan udara. Udara merupakan salah satu kebutuhan dasar dalam kehidupan, maka udara dijaga agar tidak tercemar oleh bahan-bahan yang bersifat racun.

          Pencemaran udara berwujud gas dalam partikel-partikel. Pencemaran udara yang berwujud gas antara gas metana, gas belerang oksida, gas hidrogel sulfida, dan karbon dioksida, dari kendaraan bermotor, adapun pencemaran udara yang berwujud partikel anrata lain debu,asap, dan abu.

Kata Kunci : Pengertian, dampak, cara mengurangi.

 

PENDAHULUAN

          Pencemaran udara adalah suatu kondisi dimana kehadiran satu atau lebih subtansi kimia, fisik atau biologi atmosfer dalam jumlah yang membahayakan. Berbahaya dalam kesehatan manusia, hewan dan tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti. Polusi udara merupakan salah satu jenis dari pencemaran lingkungan hidup selain pencemaran tanah, pencemaran air.

          Pencemaran udara adalah perusak terhadap kualitas udara. Kerusakan kualitas ini disebabkan oleh berbagai sumber, baik sumber biologis maupun non biologis. Polusi udara dapat bersumber dari berbagai macam, antara lain : asap kendaraan bermotor, asap pabrik, limbah industri, limbah rumah tangga, dan lain-lain. Beberapa sumber ini juga menjadi sumber pencemaran tanah.

PEMBAHASAN

Dampak Pencemaran udara untuk kesehatan

          Untuk bisa hidup, makhluk hidup seperti manusia membutuhkan oksigen. Sayangnya, oksigen yang ada di udara saat ini, sudah bercampur dengan zat-zat berbahaya lain yang terlepas dari asap kendaraan maupun pabrik.

          Mungkin karena sudah terbiasa, kita merasa baik-baik saja menghirup udara kotor itu setiap harinya. Padahal, jika berbagai zat polusi itu masuk ke tubuh, berbagai penyakit bisa muncul dan membahayakan kesehatan kita.

          Menurut WHO, saat ini 9 dari 10 orang bernafas di udara tercemar. Dampak pencemaran udara juga sudah membunuh sekitar 7 juta orang setiap tahunnya. Meski dampaknya mungkin tidak akan langsung terlihat, namun secara jangka panjang, udara kotor yang terus menerus kita hirup bisa menyebabkan kondisi-kondisi di bawah ini:

1.    Membuat asma kambuh

Partikel-partikel polusi udara dan debu bisa membuat tingkat kekambuhan asma menungkat.

 

2.    Bisa menumbulkan kanker paru-paru

Zat-zat berbahaya yang terdapat di udara kotor, juga disebut bisa menimbulkan kanker paru-paru.

 

3.    Meningkatkan resiko sakit jantung

Zat berbahaya seperti karbon hitam dan nitrogen oksida, yang terdapat pada asap kendaraan, dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung.

 

4.    Jadi lebih mudah terena infksi

Polusi udara bisa meningkatkan kejadian infeksi paru-paru,terutama anak-anak.

 

5.    Bisa menghambat perkembangan anak

Paparan terhadap udara yang berkualitas buruk, bisa menghambat perkembangan paru-paru pada anak. Akibatnya, paru-paru tidak bisa berfungsi dengan optimal saat dewasa.

 

6.    Membuat jaringan paru-paru meradang

Dampak pencemaran udara ini bisa menyerang orang yang paru-parunya sehat, maupun individu denga riwayat asma dan penyakit paru lainnya.

 

7.    Meningkatkan resiko berat badan lahir rendah pada janin

Paparan polusi udara pada ibu hamil, bisa meningkatkan resiko berat badan lahir rendah, hingga kematian bayi.

 

8.    Bisa menimbulkan penyakit paru lainnya

Dampak pencemaran udara yang paling umum, seperti batuk dan sesak nafas bisa terjadi. Namun, kondisi lain seperti penyakit paru obstuktif kronis juga bisa bertambah parah, dengan adanya udara yang kotor.

 

9.    Bisa mempercepat kematiaan

Jika tubuh terpapar udara yang kotor secara terus-menerus dalam jangka panjang, maka angka harapan hidup juga semakin pendek.

 

 

Cara mengurangi polusi udara

1.    Menggunakan transportasi public

Menurut penelitian yang dirilis oleh Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) bahwa polusi Jakarta paling banyak dari kendaraan bermotor, yakni sebanyak 47 persen. Angka ini tentu bisa ditekan jika kita mulai menggunakan transportasi umum, atau bahkan mengurangi penggunaan kendaraan dan mulai berjalan kaki.

 

2.    Menanam tanaman antipolutan

Tanaman lidah mertua sempat viral saat Pemprov DKI Jakarta membagi-bagikan tanaman ini yang dimanfaatkan untuk menyerap karbondioksida (CO2). Selain tanaman lidah mertua, masih banyak tanaman antipolutan lain yang bisa dicoba untuk ditanam. Tak ada salahnya untuk mencoba ini di rumah. Jika kegiatan ini dilakukan secara serentak, tentu akan ada perubahan besar yang terasa dalam skala besar.

 

3.    Hindari bakar sampah sembarangan

BPPD Jakarta merilis data yang menyebutkan bahwa gas klorin yang dihasilkan dari pembakaran sampah bisa merusak atmosfer bumi. Proses pembakaran ini biasanya menimbulkan debu, asap hitam, dan melepaskan karbondioksida ke udara. Pastikan kamu cukup membuang sampah pada tempatnya dan biarkan petugas kebersihan yang melakukan proses pembakaran sesuai teknis.

 

4.    Coba urban farming

Demi memajukan penghijauan dan penataan kota, kamu bisa berkontribusi dengan membuat kebun kecil untuk menanam sayur atau buah. Teknik hidroponik juga bisa dipraktikkan bagi kamu yang tinggal di apartemen atau sulit mencapai akses tanah untuk bertanam.

 

5.    Uji emisi kendaraan

Seperti yang sudah dibahas di atas, kendaraan memberikan kontribusi pada polusi di Jakarta. Nah, bagi kamu yang punya kendaraan bisa bantu mengurangi polusi dengan melakukan uji emisi di bengkel-bengkel yang memang sudah memiliki alat uji. Dengan begitu, gas emisi yang terbuang bisa lebih terkendali dan tak terlalu mencemari lingkungan.

 

6.    Hemat energi

Jemur pakaian daripada menggunakan mesin pengering untuk menghindari dan membuang bahan bakar fosil yang menghasilkan listrik. Buat kamu yang sering charge handphone, pastikan juga untuk mematikan dan cabut kabel usai menggunakan (ini juga berlaku untuk peralatan elektronik lainnya). Saat bepergian, kurangi penggunaan pesawat sebagai transportasi. Pesawat mengeluarkan karbon yang mencemari udara.

KESIMPULAN

          Pencemaran udara memiliki dampak yang sangat menbahayakan kehidupan di bumi, dampak yang terjadi tidak hanya bagi manusia, hewan  dan tumbuhan saja tetapi juga kepada lapisan ozon bumi.

          Jika melihat besarnya dampak yang ditimbulkan oleh pencemaran udara maka sebaiknya perlunya pengetahuan yang mendalam terhadap pencemaran udara. Perlunya pengetahuan tentang cara – cara mencegah serta menganggulangi efek dari pencemaran lingkungan perlu dipelajari dengan seksama. Hal ini dilakukan agar dampak yang terjadi akibat pencemaran udara dapat di tanggulangi dan dicegah sejak dini mungkin.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

https://lingkunganhidup.co/pencemaran-udara-pengertian-penyebab-dampak-solusi/

https://www.sehatq.com/artikel/dampak-pencemaran-udara-untuk-kesehatan-perlu-diwaspadai

https://www.dbs.com/spark/index/id_id/site/pillars/2019-7-hal-kecil-untuk-bantu-mengurangi-polusi-udara.html

 

 

1 komentar:

  1. kenapa penggunaan listrik bisa menimbulkan pencemaran udara min ? saya masih bingung soalnya.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.