.

Senin, 11 November 2019

PENCEMARAN UDARA


Oleh N11-Adetha
Adetha Muhammad Dzulfaqar



ABSTRAK
Udara adalah hal yang sangat penting bagi makhluk hidup. Tetapi seiring dengan perkembangan pembangunan, transportasi, dan lain - lain, menyebabkan kualitas udara menurun. Kualitas udara yang menurun disebabkan oleh pencemaran udara yang diakibatkan oleh ulah manusia atau karena alam. Oleh karena itu, pencegahan terjadinya pencemaran udara perlu dilakukan.


KATA KUNCI:  Udara, penyebab pencemaran udara, dampak pencemaran udara, cara mengatasi pencemaran udara.


I. PENDAHULUAN

Udara adalah kebutuhan seluruh makhluk hidup. Manusia dan hewan memerlukan udara untuk bernafas, tumbuhan memerlukan udara untuk berfotosintesis. Maka dari itu udara perlu dijaga dan jangan dibiarkan tercemar oleh bahan atau partikel kimia yang bersifat racun. Pencemaran udara menjadi hal yang sangat diperhatikan di dunia. Bahkan banyak penduduk bumi yang merasakan dampak pencemaran udara. Pada umumnya pencemaran udara terjadi di kota - kota besar.


II. PERMASALAHAN

1. Apa itu pencemaran udara?
2. Apa saja penyebab pencemaran udara?
3. Apa saja dampak dari pencemaran udara?
4. Bagaimana cara mengatasi terjadinya pencemaran udara?


                                
III. PEMBAHASAN

            PENGERTIAN
Pencemaran udara adalah kondisi udara rusak akibat terkontaminasi oleh zat - zat yang berbahaya dalam jumlah banyak yang dapat menyebabkan kesehatan makhluk hidup terganggu. Menurut Chambers (1976) da Masters (1991), yang dimaksud dengan pencemaran udara adlaah bertambahnya bahan atau substrat fisik atau kimia ke dalam lingkungan udara normal yang mencapai sejumlah tertentu, sehingga dapat dideteksi oleh manusia (atau dapat dihitung dan diukur) serta dapat memberikan efek pada manusia, binatang, vegetasi, dan material (Mukono, 2000). Menurut UU No. 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, pencemaran udara adalah masuknya atau dimasukannya makhluk hidup, zat, energi atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan atau aktivitas manusia atau proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkanya.


PENYEBAB PENCEMARAN UDARA

Penyebab pencemaran udara, antara lain :

1. Kebakaran hutan
Kebakaran hutan merupakan fenomena yang dapat disebabkan oleh manusia atau alam. Kebakaran hutan yang disebabkan oleh manusia yaitu seperti penebangan pohon secara liar dan pembukaan lahan baru. Sedangkan, yang disebabkan oleh alam yaitu seperti kekeringan saat musim kemarau.

2. Lalu lintas
Lalu lintas yang semakin padat dari tahun ke tahun juga dapat menyebabkan pencemaran udara. Jumlah kendaraan yang semakin meningkat menjadi salah satu faktor penyebabnya, oleh karena semakin banyaknya kendaraan, maka semakin banyak kemacetan dan polusi yang dikeluarkan dari asap kendaraan yaitu Carbon Monoksida (Co) yang merupakan gas beracun.

3. Letusan gunung berapi
Letusan gunung berapi dapat mengakibatkan pencemaran udara, karena pada saat meletus gunung akan mengeluarkan abu vulkanik yang bertaburan dimana - mana sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari - hari dan mengganggu pernafasan. Kandungan dari abu vulkanik adalah timah, tembaga, seng, krom besi dan silika.

4. Industri atau pabrik
Pada zaman modern pabrik atau industri banyak berdiri di setiap kota atau daerah. Industri dan pabrik juga menjadi salah satu penyebab terjadinya pencemaran udara, karena asap yang dikeluarkan oleh pabrik atau industri mengandung Karbon monoksida, Hidokarbon dan senyawa organik yang dapat membuat udara menjadi tidak sehat.

5. Pertanian
Insektisida dan pestisida yang diberikan kepada tumbuhan dapat menyebabkan pencemaran udara, karena kandungan amonia atau NH3 yang dapat merusak dan membahayakan atmosfer. Amonia dapat menyebabkan penyakit yang mengganggu sistem pernafasan yaitu bronkitis.

6. Kegiatan pertambangan
Proses pertambangan dapat menghasilkan bahan kimia dan debu yang kemudian dapat menyebabkan pencemran di udara. Pencemaran udara di daerah pertambangan dapat menyebabkan kesehatan pekerja di sekitar tambang dapat terganggu.

7. Aktivitas rumah tangga
Aktifitas rumah tangga yang dapat menyebabkan pencemaran udara adalah kegiatan memasak yang masih menggunakan kayu bakar dan pembakaran sampah.

8. Tumpukan sampah
Tumpukan sampah yang ada di sekitar pemukiman warga akan membuat tidak nyaman, karena bau busuk yang dikeluarkan oleh sampah tersebut disebabkan oleh gas metana yang kemudiana akan menyebabkan pencemaran udara.

9. Merokok
Rokok menjadi salah satu penyebab terjadinya pencemaran udara, karena asapnya yang sangat mengganggu. Bahkan asapnya juga bisa mengganggu kesehatan dan menyebabkan penyakit saluran pernafasan.


DAMPAK PENCEMARAN UDARA

Dampak pencemaran udara bagi kehidupan sangatlah tidak baik. Kandungan zat - zat berbahaya pencemaran udara sangatlah berbahaya. Pencemaran udara akan berdampak buruk bagi kesehatan, terutama kesehatan sistem pernafasan. Selain mempunyai dampak untuk kesehatan, pencemaran udara juga akan berdampak pada lingkungan, yaitu menyebabkan pemanasan global dan efek rumah kaca yang semakin meningkat.

1. Dampak bagi kesehatan
Pencemaran udara sangatlah berpengaruh bagi kesehatan. Zat - zat berbahaya yang terkandung di dalam udara yang kotor akan menyebabkan beberapa penyakit yang akan menyerang sistem pernafasan, contohnya seperti bronkitis, ISPA, asma, flu, batuk, kerusakan sistem kardiovaskuler dll.

2. Pemanasan global
Pemanasan global diakibatkan karena suhu udara bumi yang terus meningkat. Salah satu faktor meningkatnya suhu di bumi adalah karena pencemaran udara.

3. Efek rumah kaca
Semakin panas nya bumi atau semakin meningkatnya suhu di bumi akan membuat efek rumah kaca juga semakin meningkat. Energi panas yang matahari yang dipantulkan ke bumi, akan terperangkap di permukaan bumi dan menyebabkan menipisnya lapisan ozon.


CARA MENGATASI PENCEMARAN UDARA

Karena pencemaran udara adalah hal yang membahayakan kesehatan badan maupun lingkungan, maka dari itu perlu adanya pencegahan atau pengawasan pencemaran udara, diharapkan agar dapat meminimalisir atau bahkan menhilangkan pencemaran udara dan dampak - dampak buruknya. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasi pencemaran udara, yaitu :

1. Dalam ranah industri
Kita perlu memasang filter asap pada cerobong asap untuk meminimalisir zat       - zat berbahaya yang dikeluarkan, selain itu kita juga dapat membuat cerobong asap yang sangat tinggi.

2. Lalu lintas (asap kendaraan)
Kendaraan juga dapat menyebabkan pencemaran udara karena asap knalpot,        dll. Hal tersebut dapat di minimalisir dengan menggunakan angkutan umum         jika ingin berpergian, karena itu dapat mengurangi jumlah kendaraan dan      otomatis mengurangi asap atau polusi yang dikeluarkan oleh kendaraan.

3. Membangun hutan kota
Membangun hutan kota juga dapat mengurangi dan mencegah terjadinya pencemaran udara karena, pohon - pohon yang ditanam dapat mengubah     karbondioksida menjadi oksigen, sehingga udara di sekitar menjadi bersih        dan segar. Selain itu, hindari menebang hutan secara sembarangan dan        membakar pohon untuk membuka ladang.

4. Menggunakan kompor listrik
Menggunakan kompor listrik di rumah tangga dapat mengurangi pencemaran       udara karena tidak mengeluarkan emisi seperti CO2. Oleh karena itu,          penggunaan kayu bakar untuk memasak harus dihentikkan dan mulai     menggunakan kompor yang ramah lingkungan.

5. Jangan merokok
Asap rokok juga berkontribusi mengeluarkan zat - zat yang berbahaya bagi           udara. Oleh karena itu, berhenti merokok merupakan cara yang tepat untuk       mengurangi pencemaran udara sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh.

6. Jangan membakar sampah
Mengelola sampah yang benar dengan cara di daur ulang apabila sampah tersebut non organik, dan mengubur jika sampah tersebut organik.


IV. PENUTUP

 KESIMPULAN
Udara adalah hal yang sangat penting untuk kehidupan makhluk hidup di bumi. Tetapi semakin lama udara semakin mudah tercemar dengan adanaya aktivitas yang berlangsung di muka bumi ini, baik karena faktor alam ataupun karena ulah manusia. Karena banyaknya penyebab pencemaran udara yang dimana ada yang disebabkan oleh ulah manusia, maka dari itu kita harus berupaya mengurangi segala hal yang dapat menyebabkan pencemaran udara. Karena udara yang bersih sangat bermanfaat bagi kehidupan makhluh hidup yang ada di bumi.




                             
DAFTAR PUSTAKA

Hidayat, A A., Kholil Muhammad. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkaran Industri. Yogyakarta: Penerbit Wahana Resolusi·

Ismiyati, dkk, Pencemaran Udara Akibat Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor, vol 1, no 3. 2014.

Mursinto,Djoko, Deni Kusumawardani,Jurnal Kesehatan Masyarakat : Estimasi Dampak Ekonomi Dari Pencemaran Udara Terhadap Kesehatan Di Indonesia, vol 11, no 2. 2016.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.