.

Senin, 11 November 2019

Pencemaran Udara

Disusun Oleh : @N10-Fathan


Abstrak

Udara merupakan salah satu komponen terpenting di dunia yang menunjang kehidupan mahluk hidup. Banyak pengaruh jika keadaan udara terganggu seperti kenyamanan dan keindahan lingkungan juga terganggu. Udara merupakan campuran gas yang terdapat pada lapisan yang megelilingi bumi .komposisi campuran gas tersebut tidak terlalu konstan, komponen konsentrasinya paling bervariasi adalah air dalam bentuk uap dan karbondioksida.

Pendahuluan

Udara meliputi tiga komponen utama, yaitu udara kering, uap air, dan aerosol. Kandungan udara kering meliputi 78,09% Nitrogen, 20,94% oksigen, 0,93% Argon, 0,032% Karbon Dioksida, 0,003%  gas-gas lain (Neon, Helium, Metana, Kripton, Hidrogen, Xenon, Ozon, Radon). Beberapa gas memiliki posisi yang sangat penting seperti oksigen untuk bernafas, karbon dioksida untuk proses fotosintesis oleh klorofil daun, dan ozon untuk menahan sinar ultravioletdari matahari. Komponen udara berikutnya ialah uap air yang ada pada udara berasal dari evaporasi (penguapan) dari laut, sungai, danau, dan sumberdaya perairan lainnya. Sedangkan Aerosol adalah benda berukuran kecil, seperti garam, karbon, sulfat, nitrat, kalium, kalsium, serta partikel dari gunung berapi (abu vulkanik seperti silica).

Pengertian Pencemaran Udara

Pencemeran udara adalah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energy atau komponen lain ke udara oleh kegiatan manusia atau proses alam, sehingga kualitas udara menurun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya. Sementara menurut WHO (2012), pencemaran udara merupakan pencemaran lingkungan indoor atau outdoor dengan bahan kimia, agen fisik atau biologis yang mengubah karakteristik alami atmosfer.

Penyebab Pencemaran Udara

1  Penyebab Pencemaran Udara Secara Alami
Polusi udara dapat terjadi secara alami melalui beberapa proses berikut ini :
1.      Proses pembusukan sampah organik yang mengeluarkan bau busuk ke udara.
2.      Asap, gas, dan abu vulkanik yang dikeluarkan oleh gunung berapi saat meletus.
3.      Kebakaran hutan yang terjadi secara alamiah.
4.      Debu dan gas yang berterbangan ke udara akibat tiupan angin kencang.

2. Penyebab Polusi Udara karena Manusia
Pencemara udara juga terjadi karena ulah manusia. Berikut ini adalah beberapa penyebab pencemaran udara karena faktor manusia :

1.      Asap Pabrik; Industri dan pabrik sekarang ini memproduksi barang dalam jumlah besar. Proses pembakaran di pabrik tersebut menghasilkan asap beracun yang dilepaskan ke udara.
2.      Asap Kendaraan Bermotor; Pertumbuhan pengguna kendaraan bermotor yang sangat ikut menyumbang asap beracun ke udara dalam jumlah besar. Menurut banyak sumber, penyebab polusi udara terbesar saat ini adalah dari hasil emisi kendaraan bermotor.
3.      Pembangkit Listrik; Pembangkit listrik dengan bahan bakar batu bara menghasilkan partikel oksida sulfur (S02) dan nitrogen oksida (NO2) yang berbahaya bagi mahluk hidup.
4.      Bahan Radioaktif; Percobaan nuklir atau bom atom akan menghasilkan partikel-partikel debu radioaktif ke udara yang menyebabkan polusi.

Dampak Pencemaran Udara

Pencemaran udara dapat berdampak buruk bagi manusia dan makhluk hidup yang ada di bumi, beberapa dampak pencemaran udara diantaranya :
·       Kesehatan Manusia
Dampak pencemaran udara yang paling serius yaitu mengancam masalah kesehatan manusia, diantaranya menyebabkan penyakit paru-paru (bronchitis), serta penyakit saluran pernapasan lainnya.
·       Hujan Asam
Polusi udara akibat SO2 dan NO2 yang bereaksi dengan air hujan akan membentuk asam dan menurunkan Ph air hujan. Hujan asam akan berdampak bagi kualitas air yang ada dipermukaan serta hujan asam akan melarutkan logam-logam berat yang terdapat dlam tanah sehingga mempengaruhi kualitas air tanah dan air permukaan.
·       Efek Rumah Kaca
Efek rumah kaca disebakan oleh CO2, CFC dan NO2 di lapisan atmosfer. Keseluruhan gas ini menyerap radiasi panas matahari yang dipantulkan oleh permukaan bumi. Akibatnya akan terjadi pemanasan global yang menyebabkan es di kutub mencair serta perubahan iklim.
·       Kerusakan Lapisan Ozon
Lapisan ozon  berada di stratosfer yang merupakan pelindung bagi bumi. Emisi CFC yang mencapai stratosfer menyebabkan terbentuknya lubang-lubang pada lapisan ozon.

Kesimpulan

Pencemaran udara yang disebabkan dari polutan bukan kejahatan yang biasa. Kejahatan ini merupakan kejahatan lingkungan yang mempunyai dampak besar, jangka panjang, dan terus menerus. Efek dari polutan memang tidak disadari secara langsung sehingga masyarakat tidak menyadari kerugian yang diderita.

Daftar Pustaka :
·        Hidayat, A A., Kholil Muhammad. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkaran Industri. Yogyakarta: Penerbit Wahana Resolusi
·        Gusnita Chazizah. 2014. Polusi Udara Kendaraan Bermotor sebagai Bentuk Kejahatan Tanpa Korban. Jurnal Ilmiah
·        Setiawan,Budi. 2018. Jenis Polutan Pencemar Udara Beserta Dampaknya.
·        Triyatno. 2018. Pencemaran Udara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.