.

Jumat, 06 September 2019

KIMIA ANALISIS

     

Oleh, Rahmat yasin (P19)

                                                                                                                                                      
   
Kimia analisis, berkaitan erat dengan analisis zat, mempelajari pemisahan dan identifikasi senyawa kimia, baik secara kualitatif maupun kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen.
Dalam hal ini analisis kuailitatif menunjukan adanya indikasi dari suatu identitas zat kimia pada sampel. Sedangakan analisis kuantitatif menunjukaan jumlah dari senyawa yang di identifikasi. Beberapa materi kimia analisis seperti asam basa, hidrolisis garam, larutan penyangga, kelarutan, pemisahan, dan sebagainya.                                                                                     
DEFINISI
Kimia analisis adalah studi pemisahan, identifikasi, dan kuantifikasi komponen kimia dalam bahan alam maupun buatan.[1] Analisis kualitatif memberikan indikasi identitas spesies kimia di dalam sampel. Sedangkan analisis kuantitatif menentukan jumlah komponen tertentu dalam suatu zat. Pemisahan komponen seringkali dilakukan sebelum melakukan analisis.
Metode analisis dapat dibagi menjadi klasik dan instrumental.[2] Metode klasik (dikenal juga sebagai metode kimia basah) menggunakan pemisahan seperti pengendapan, ekstraksi, dan distilasi serta analisis kualitatif berdasarkan warna, bau, atau titik leleh (organoleptis). Analisis kuantitatif klasik dilakukan dengan menentukan berat atau volum. Metode instrumental menggunakan suatu peralatan untuk menentukan kuantitas fisik suatu analit seperti serapan cahaya, fluoresensi, atau konduktivitas. Pemisahan dilakukan menggunakan metode kromatografi, elektroforesis atau fraksinasi aliran medan.
Kimia analisis juga fokus pada peningkatan rancangan percobaan, kemometri, dan pembuatan alat ukur baru agar dapat menyediakan informasi kimia yang lebih baik. Kimia analisis telah diaplikasikan di bidang forensik, bioanalisis, analisis klinik, analisis lingkungan, dan analisis bahan.

FUNGSI
Kimia analisis memberikan informasi penting untuk ilmu pengetahuan dan industri. Misalnya, kimia analisis digunakan untuk menguji sampel udara, tanah, dan air untuk mengidentifikasi polutan. Teknisi medis menggunakan metode analisis dalam mendiagnosis penyakit. Bahan baku dan produk dalam makanan, obat, dan bahan industri lainnya dianalisis dalam uji kontrol kualitas. Laboratorium forensik modern menggunakan teknik analisis untuk memeriksa bukti-bukti yang berkaitan dengan kejahatan.

Jenis kimia analisi
  Secara tradisional, kimia analisa tersebut dibagi menjadi dua (2) jenis yaitu kualitatif serta juga kuantitatif.

Analisis Kimia Kualitatif
Adalah suatu rangkaian pekerjaan analisis yang bertujuan mengetahui keberadaan(bisa juga identifikasi) suatu ion,unsur, atau senyawa kimia lain baik itu organik maupun anorganik pada sampel yang kita analisa. Analisa kualitatif itu bertujuan untuk dapat mengetahui keberadaan suatu unsur atau senyawa kimia, baik itu organik maupun inorganik, contoh : misalnya kita mempunyai sampel air minum, dan diminta dicek apakah mengandung logam berat atau tidak. maka oleh karena untuk mengetahuinya kita melakukan teknik analisa dengan secara kualitatif.

Analisis Kimia Kuantitatif
merupakan suatu rangkaian aktivitas / pekerjaan analisis yang bertujuan untuk dapat mengetahui jumlah pada suatu unsur atau senyawa dalam suatu sampel yang kita analisa. pada analisa kuantitatif itu tujuan untuk dapat mengetahui jumlah suatu unsur atau senyawa dalam suatu sample.  contoh : misal kita memperoleh tempe kemudian diminta menentukan kadar protein pada tempe tersebut. maka untuk dapat mengetahuinya kita lakukan analisa kuantitatif.

ruang lingkup kerja analisis  kimia
Ruang lingkup kerja analisis kimia tidak hanya di satu bidang saja, tapi banyak di bidang industri lainnya seperti kesehatan, lingkungan, rumah sakit, obat-obatan (farmasi), makanan, minuman, laboratorium jasa, minyak dan gas dan lain sebagainya.

Daftar pustaka

 Hidayat.A.A, Kholil Muhammad  (kimia dan pengetahun lingkungan industri)

https://id.wikipedia.org/wiki/Kimia_analisis   (Definisi analisi kimia)

http://www.akacn.ac.id/artikel/definisi-dan-fungsi-kimia-analisis  (Fungsi analisis kimia)

https://pendidikan.co.id/pengertian-kimia-analisis-jenis-dan-metode  (Jenis-jenis analisis kimia)

http://www.akacn.ac.id/artikel/lima-soal-tanya-jawab-tentang-prospek-analis-kimia-dalam-dunia-kerja   (ruang lingkup kerja analisis kimia)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.