.

Sabtu, 10 Agustus 2019

PENCEMERAN LINGKUNGAN



PENCEMARAN LINGKUNGAN

Oleh : Terbit K.S

Di jaman yang semakin modern ini banyak industri dan teknologi yang berkembang pesat, untuk memberikan kenyamanan  kepada manusia agar hidupnya lebih efektif dan serba praktis. disisi lain manusia seringkali tidak memperhatikan apa pengaruh buruk yang akan di timbulkan karna perkembangan industri dan teknologi bagi lingkungan hidup. banyak sekali pencemaran lingkungan yang terjadi di sekitar kita. sisa sisa limbah industri yang seharusnya tidak di buang sembarangan malah merebak menjadi polutan yang merusak lingkungan kita. pencemaran lingkungan adalah masalah yang sangat serius bagi manusia  maka dari itu kita harus memiliki solusi yang baik untuk meminimalisir pencemaran lingkungan di sekitar kita.

pencemaran lingkungan menurut Santos (1990:44) adalah kontaminasi habitat, pemanfaatan sumber daya alam yang tidak dapat terurai. setiap penggunaan sumber daya alam yang melebihi kapasitas alam untul memulihkan dirinya sendiri dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan, hal ini bisa kita baca dalam buku Santos yang berjudul Managing Planet Earth : Perspectives on Population Ecology, and the law. 
 
pencemaran lingkungan sendiri memiliki beberapa jenis dan penyebab pencemaran lingkungan:
 
 Pencemaran Udara
pencemaran udara merupakan pencemaran yang paling berbahaya jika di bandingkan dengan pencemarana lingkungan lainya. hal yang paling dominan adalah pemakaian bahan bakar untuk keperluan sehari-hari, seperti untuk memasak, kendaraan bermotor, kegiatan industri dan sebagainya. hasil pembakaran antara lain melepaskan sejumlah bahan kimia ke udara, sekaligus menimbulkan pencemaran udara. 
pencemaran Air 
pencemaran air menyebabkan terganggunya senua spesies makhluk hidup yang ada di planet bumi. sekitar 60% spesies hewan dan tumbuhan ada di permukaan dan di dalam air. pencemaran air antara lain terjadi karena : limbah industri yang di buang ke sungai atau perairan. yang menyebabkan ketidak seimbangan dan menimulkan kotaminasi bagi organisme di dalam atau sekitarnya.penggunaan bahan kimia pertanian seperti  insektisida, herbisida, dan fungsida, selain itu tumpahan minyak di lepas pantai atau lautan berpotensi menimbulkan kerusakan secara permanen pada badan air. sumber pencemaran air lainya ialah kegiatan sehari-hari ialah mencuci pakaian dan peralatan di sekitar kolam, sungai, atau danau, melalui aktivitas itu detergen yang masuk ke sistem perairan akan berdampak pada sinar matahari yang tidak bisa menembus permukaan air dan menyebabkan berkurangnya oxigen yang ada di dalam air.
 
pencemaran Tanah
pencemaran tanah terjadi karena dan akumulasi berbagai bahan kimia ke permukaan atau ke dalam tanah sebagai dari akibat aktifitas manusia. penggunaan pestisida secara terus menerus menyebabkan terjadinya peningkatan konsentrasi bahan aktifnya dalam tanah. hal itu berakibat pada perubahan komposisi kimia tanah.begitupula pembuangan limbah industri, limbah pertambangan dan deforestasi dapat mengganggu ekosistem tanah . berbagai bencana seperti erosi, longsor, dan sebagainya juga turut dipengaruhi oleh pencemaran tanah.
 
Pencemaran Suara 
 pencemaran suara di sebabkan ketika kebisingan yang mengganggu sistem pendengaran pada telinga, yang lebih jauh dapat menimbulkan masalah psikologis seperti stress, hipertensi,gangguan pendengaran, dan sebagainya. pencemaran suara bisa di sebabkan oleh mesin di industri. kenalpot kendaraan, musik keras dsb.
pencemaran Radioaktif
pencemaran radioaktif menimbulkan dampak yang berbahaya, disebabkan oleh terjadinya kerusakan instalasi nuklir, pembuangan limbah nuklir yang tidak tepat ,kecelakaan dsb. dampak yang bisa terjadi kepada manusia diantaranya kanker, kemandulan, kebutaan cacat pada saat lahir , selain itu dapat mengurangi kesuburan tanah,udara dan air. 
 
pencemaran Termal 
pencemaran termal atau bisa kita sebut dengan  ( panas ) merupakan peningkatan suhu udara yang berlebihan  di muka bumi ini dalam jangka waktu yang lama. penyebabnya ialah polutan kendaraan, polutan industri ,rumah tangga, pembakaran dampah dsb. pencemaran ini dapat menyebabkan peningkatan suhu udara dan yang paling parah adalah dapat menyebabkan perubahan iklim.
 
pencemaran cahaya
pencemaran cahaya dapat terjadi karena pemakaian pencahayaan yang berlebihan seperti di perkotaan biasanya di gunakaan untuk iklan-iklan dan keindahan kota. hal ini menjadi buruk karena menggunakan energi listrik yang berlebihan bahkan cenderung boros.
 
Dampak pencemaran lingkungan
adapun dampak yang akan terjadi dari pencemaran lingkungan ini di antaranya Degradasi kualitas lingkungan yang berdampak dari pencemaran tanah, air dan udara menyebabkan penurunan kualitas lingkungan seperti kesuburan tanah berkurang. meningkatnya CO2 di atmosfir menyebabkan kabut asap yang menghambat masuknya sinar matahari dan berdampak pada pemanasan global  . selain itu pencemaran lingkungan juga berdampak negatif pada kesehatanA manusia, penurunan kesehatan manusia diantaranya masalah pernapasan bahkan yang lebih  berbahaya adalah kanker.
 
DAFTAR PUSTAKA
 
Hidayat, Atep Afia dan M.  Kholil,  2018  Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri, Penerbit WR. Yogyakarta.
https://pollutiononmyearth.weebly.com/pencemaran-suara.html
https://lingkunganhidup.co/pencemaran-lingkungan-hidup/
http://www.uniqpost.com/pencemaran-tanah/
http://matarishop.blogspot.com/2011/03/dampak-zat-radioaktif-nuklir-jepang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.