.

Selasa, 13 Agustus 2019

INDUSTRI KIMIA DAN PENGELOMPOKANNYA



Oleh : Tesalonika Sheren Efrata          
Industri kimia saat ini merupakan salah satu industri yang berkembang pesat. Industri kimia menggunakan bahan-bahan kimia sebagai bahan baku, bahan pengolah ataupun bahan tambahan dalam proses mengolah bahan yang mentah menjadi bahan yang siap pakai ataupun bahan yang harus diolah terlebih dahulu untuk dapat dirasakan manfaatnya. Menurut Mc. Kibbin dalam Hidayat dan Kholil (2018) industri kimia merupakan pengembangan, optimasi dan monitoring proses kimia dasar yang digunakan dalam industri untuk mengubah bahan baku dan
prekursor menjadi produk komersial yang berguna bagi masyarakat. Dalam industri kimia terdapat proses kimia industri yaitu dimana bahan-bahan dan proses-proses kimia yang menjadi fokus dalam kegiatan menghasilkan dan mengembangkan produk dari industri kimia.
        Berbagai aspek kehidupan manusia pada zaman sekarang ini sangat memerlukan industri kimia untuk menunjang kehidupan dalam bidang ekonomi, lingkungan dan politik. Dalam bidang perekonomian, industri kimia menghasilkan produk-produk komersial berbahan kimia seperti sabun, deterjen, shampo, parfum yang dapat dijual dan digunakan secara langsung oleh masyarakat untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Proses kimia yang dilakukan dalam industri kimia ini meliputi pencampuran bahan-bahan dengan rumus dan struktur molekul berbeda, pengubahan fase seperti pengkristalan, pengembunan, penguapan dan pemisahan zat-zat penyusun yang lebih murni.
       
Dalam situs Essential Chemical Industry (2013) menjelaskan bahwa produk industri kimia meliputi empat kelompok yaitu :
1.       Kimia Dasar
-           Industri yang memproduksi bahan kimia dasar dalam, jumlah besar terutama di jual kepada industri kimia lagi sebelum menjadi produk untuk konsumen (ECI 2013 dalam Hidayat dan Kholil 2018)
2.       Kimia Khusus
-          Industri kimia yang menghasilkan bahan khusus utuk perlindungan tanaman, cat, tinta, pewarna, pigmen yang digunakan di industri tekstil dan kertas.
3.       Kimia Konsumen
-          Industri kimia yang menghasilkan bahan kimia yang dapat dijual langsung ke konsumen / masyarakat contohnya seperti deterjem, sabu, kosmetik, parfum, dll.
-          Sabun merupakan hasil hidrolisa asam lemak dan basa. Peristiwa ini dikenal dengan peristiwa safonifikasi. Safonifikasi adalah proses penyabunan yang mereaksikan suatu lemak atau gliserida dengan basa. (Sari, 2010)
4.       Kimia yang berkaitan dengan Ilmu Biologi
-          Industri kimia yang berkaitan dengan ilmu biologi. Contohnya produk farmasi, vitamin, oriduk kesehatan hewan, pestisida, dll
DAFTAR PUSTAKA
Hidayat, Atep Afia dan M. Kholil, 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri. Penerbit WR. Yogyakarta
Sari, dkk. 2010. Pembuatan Sabun Padat dan Sabun Cair Dari Minyak Jarak. Jurnal Teknik Kimia, No. 1, Vol. 17:29

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.