.

Sabtu, 24 Agustus 2019

Begini Jadinya Jika Air Tercemar??

"Menyelamatkan" Kelangsungan  kehidupan di muka bumi ini dengan upaya "Melestarikan" Keberadaan air.




Air sangat penting dalam kehidupan. Tanpa air  manusia bisa kehausan, kekurangan zat air di badan nya dapat menyebabkan kematian . tanpa air, hewan juga akan kehausan dan akhirnya mati, begitupun makhluk hidup lain nya

Berikut akan saya coba jelaskan dampak dari pencemaran air Menurut Hidayat dan Kholil (2018)

  • Pencemaran Air Bagi kesehatan manusia
Berdasarkan catatan Envropal (2014), di negara-negara dengan kondisi sumberdaya perairan yang pengelolaan nya buruk, sangat rentan terhadap wabah penyakit yang menjadikan air sebagai perantara, Contoh penyakit nya Seperti Kolera, Disentri, Diare, Hepatitis A, Keracunan Timbal, Polio, Trachoma  
Di negara maju telah  diterapkan metode dan teknologi pemurnian air dengan baik. Berdasarkan pengamatan EPA tahun 2010, ternyata hampir 20 persen dari danau di Amerika Serikat memiliki kadar nitrogen dan fosfor yang berlebih, hal itu karena pencemaran nutrisi (Woodford, 2015). 
  • Kerusakan Ekosistem 
Pertumbuhan alga yang berlebih mengurangi pasokan oksigen untuk ikan dan biota air lainnya. selain itu pertumbuhan alga bisa menyumbat insang ikan. Secara keseluruhan ekosistem perairan menjadi tidak seimbang, adanya dominasi dari beberapa jenis alga berpotensi mengubah rantai makanan yang sudah berjalan. berbagai jenis limbah, mulai dari yang dihasilkan manusia secara langsung melalu sistem sekresi, limbah nutrisi, air limbah, limbah kimia, limbah radioaktif, limbah minyak, limbah plastik dan beragam jenis limbah lain nya secara langsung berkontribusi terhadap pencemaran air. kondisi air yang berubah drastic tentu saja menimbulkan terjadinya metamorfosa ekosistem.
  • Kematian Hewan 
Polutan Dikelompokan menjadi Dua bagian, yaitu polutan alamiah dan polutan antropogenik (sebagai akibat aktivitas manusia). Tingkat pencemaran air yang terjadi, baik karena polutan alamiah atau polutan antropogenik berbanding lurus dengan tingkat kematian hewan di sekitar perairan. Berbagai bencana lingkungan seperti tragedi Minamata, Bhopal, Chernobyl, Exxon Valdes menimbulkan kematian dan kepunahan spesies hewan tertentu.
  • Biaya Ekonomi
Pemurnian air untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga perkotaan jelas lebih mahal jika dibandingkan dengan pedesaan. Hal itu karena sumberdaya air di perkotaan sudah tercemar berat, sehingga untuk memurnikan nya butuh ongkos yang lebih mahal.

Pencemaran air berdampak pada memburuknya perekonomian sebuah kota, negara, bahkan dunia internasional. Industri pariwisata Amerika Serikat kehilangan hampir miliaran dollar AS setiap tahun karena terjadi pencemaran, terutama pencemaran nutrisi di badan-badan air.
Pencemaran air merupakan efek dari berbagai jenis aktifitas manusia dan sulit terhindarkan. Pembangunan kawasan industri, pengembangan perkotaan dan proyek infrastruktur, pembukaan lahan perkebunan, pengembangan destinasi wisata sudah pasti menimbulkan kerusakan lingkungan, termasuk pencemaran air.

Dampak selanjutnya ialah Puluhan ribu orang kehilangan pekerjaan dan pendapatan serta pemasukan pajak bagi negara pun menyusut

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.