.

Sabtu, 03 Agustus 2019

APAKAH KIMIA ITU?


Apakah Kimia Itu?

Beberapa ahli mengartikan kimia sebagai ilmu alam yang secara  khusus mempelajari tentang perubahan materi, meliputi perubahan kimia dan fisika. Ilmu kimia adalah ilmu pengetahuan alam yang mempelajarai tentang materi serta energi yang menyertainya (Agung Nugroho Catur Saputro, Irwan Nugraha, BERPETUALANG DI DUNIA KIMIA, PUSTAKA INSAN MADANI, YOGYAKARTA, 2008. Ada juga yang menyatakan bahwa kimia merupakan ilmu yang mempelajari komposisi dan sifat materi serta berbagai perubahan yang dialaminya.
Adapun pemahaman materi ialah apapun yang dapat menempati ruang dan mempunyai massa. Kimia materi dapat berubah menjadi materi yang lebih sederhana atau kompleks karena materi meliputi zat murni atau koalisi dari beberapa zat murni (campuran).
Reaksi kimia dalam terbentuknya zat-zat baru memberikan manfaat bagi industri, pertanian, kedokteran, konstruksi, dan sebagainya. Tapi juga memberikan dampak buruk seperti limbah industri, limbah pertanian, limbah rumah tangga, dan sebagainya.
Kimia merupakan ilmu yang sangat penting untuk untuk manusia karena tubuh manusia tersusun dari berbagai macam organ terutama otak yang digunakan untuk berpikir. Berdasarkan pengkajian, berpikir merupakan serangkaian proses biokomia. Perilaku manusia pun dipengaruhi oleh reaksi biokimia karena ada kaitannya dengan reaksi hormon. Dimana hormon tersebut merupakan zat kimia yang terbentuk dalam suatu organ atau bagian tubuh tertentu, kemudian dibawa oleh aliran darah menuju organ atau bagian tubuh lainnya untuk menghasilkan efek fungsional tertentu. Contohnya adalah di bawah organ otak terdapat kelenjar pituitary yang menghasilkan hormon seperti endorphin. Endorphin merupakan hormon kebahagiaan, bisa meningkat dengan mengkonsumsi kopi dan cokelat.
Kimia memiliki potensi yang sangat besar untuk menjelaskan dan memberikan pehamaman berbagai hal yang ada dikehidupan manusia atau apapun di dunia ini. Mulai dari mengapa besi berkarat? Mengapa kopi dan cokelat bisa memberikan efek kebahagiaan bagi penikmatnya? Dalam hal ini pengkajian kimia secara eksploratif dapat memberikan jawaban terhadap berbagai pertanyaan  supaya bisa lebih dipahami.
Dari penjelasan-penjelasan di atas, tampaklah bahwa ilmu kimia merupakan bagian dari sains, maka untuk mempelajari ilmu kimia harus menggunakan disiplin dan cara-cara yang biasa digunakan oleh para saintis dalam memperoleh ilmu pengetahuan tersebut. Cara-cara atau metode dalam mempelajari dan mendapatkan ilmu pengetahuan alam (sains) disebut dengan metode ilmiah. Jadi, untuk mempelajari ilmu kimia harus tunduk pada aturan-aturan dalam metode ilmiah.


Daftar Pustaka
 Hidayat, Atep Afia dan M Kholil,2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri. Penerbit WR: Yogyakarta
 Nugroho, Agung Catur Saputro, Irwan Nugraha. 2008.
BERPETUALANG DI DUNIA KIMIA, PUSTAKA INSAN MADANI: YOGYAKARTA
https://www.e-jurnal.com/2013/12/pengertian-ilmu-kimia-menurut-para-ahli.html diakses pada tanggal 03 Agustus 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.