.

Senin, 12 November 2018

Pencemaran Udara

Oleh: Syaiful Nur Cahyo (@K03-Syaiful, @ProyekK06)


Abstraks


Pencemaran udara memberi dampak negatif bagi kesehatan manusia akibat polutan yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor. Dari beberapa jenis polutan yang dihasilkan, CO merupakan salah satu polutan yang paling banyak yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor dan kendaraan umum seperti kopaja dan metromini. Hasil ini menunjukan bahwa besarnya konsentrasi gas CO akibat lalulintas di ruas jalan kota jakarta berkisar 7242.99 μg/m3 sampai 15577,07 μg/m3, belum melampaui ambang batas baku mutu udara ambient nasional. Dari jumlah polutan CO yang ada di udara, 80,22% - 92,00% berasal dari kendaraan bermotor dan angkutan bus seperti metromini dan kopaja.


Kata Kunci: Polutan, Pencemaran Udara, Dampak Negatif

meningkatnya kemajuan teknologi khususnya di bidang transportasi, banyak pengguna kendaraan bermotor maupun kendaraaan umum yang contohnya kopaja itu kebanyakan mengeluarkan asap yang mengandung CO. Karena pengendara bermotor ataupun Sopur Kopaja idak memerhatikan atau menguji emisi kendaraan. jika yang dihasilakan asapdari kopaja tersebut akan menimbulkan penyakit yang salah satunya sesak pernafasan. Nah, Apa Itu Pencemaran Udara? Pencemaran Udara Adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisikkimia, atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti. Jadi sangat Berbahaya bagi kita. Pencemaran udara dengan polusi sama saja.

Dampak Terjadinya Pencemaran Udara Terhadap Kehidupan dan Lingkungan.
 Sebagaimana kita ketahui bersama, pencemaran udara atau perubahan salah satu komposisi udara dari keadaan normal, mengakibatkan terjadinya perubahan suhu dalam kehidupan manusia. Pembangunan transportasi yang terus dikembangkan menyusul dengan permintaan pasar, ternyata, telah mendorong terjadinya bencana pembangunan. Saat ini, kita semua telah mengetahui bahwa pengaruh polusi udara juga dapat menyebabkan pemanasan efek rumah kaca, bakal menimbulkan pemanasan global atau (global warming) (Sudrajad, 2006).


Proses Terjadinya Emisi Gas Buang oleh Kendaraan Transportasi

Tidak ada yang bisa menepis, betapa, emisi gas buang, berupa asap knalpot, adalah akibat terjadinya proses pembakaran yang tidak sempurna, dan mengandung timbal/timah hitam (Pb), suspended particulate matter (SPM), oksida nitrogen (NOx), oksida sulfur (SO2 ), hidrokarbon (HC), karbon monoksida (CO), dan oksida fotokimia (Ox)” (BPLH DKI Jakarta, 2013). Selanjutnya, emisi gas buang yang paling signifikan dari kendaraan bermotor ke atmosfer berdasarkan massa, adalah gas karbondioksida (CO2 ), dan uap air (H2 O) yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar yang berlangsung sempurna yang dapat dicapai dengan tersedianya suplai udara yang berlebih.(ismiati, 2017)

Dampak Terhadap Kesehatan Manusia
Pada tingkat konsentrasi tertentu zat-zat pencemaran udara dapat berakibat langsung terhadap kesehatan manusia, baik secara mendadak atau akut, menahun atau kronis dan gejala-gejala yang samar. Dimulai dari iritasi mata dan alergi kulit sampai pada timbulnya tumbuhnya kanker paru-parugangguan kesehatan akibat pencemaran ini dapat mengurangi nilai produktivitas seseorang serta mengakibatkan kerugian ekonomis jangka panjang dan timbulnya permasalahan sosial ekonomi. Ada tiga cara bahan pencemaran kedalam tubuh, yaitu inhalasi,ingestasi, dan penetrasi. ( afif budoyono, 2001)

Daftar Pustaka
·         Budoyono,afif.2001.Dampak Pencemaran Udara Pada Lingkungan. http://www.jurnal.lapan.go.id/index.php/berita_dirgantara/article/viewFile/687/605. Berita Dirgantara Vol.2, No 1
·         Nuraini Santi, Devi.2001.Pencemaran Udara Oleh Timbal. http://www.jurnal.lapan.go.id/index.php/berita_dirgantara/article/viewFile/687/605
·         POHAN ,NURHASMAWATY.2004.Pencemaran Udara. http://library.usu.ac.id/download/ft/tkimia-nurhasmawaty4.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.