.

Jumat, 17 Agustus 2018

STOP PENCEMARAN UDARA

PENCEMARAN UDARA, WHY ?








Abstrak


Salah satu faktor atau komponen yang penting dalam kehidupan manusia adalah udara. Namun pada masa sekarang, seiring dengan berkembangnya teknologi, banyak industri-industri baru bermunculan, dibangunnya pabrik-pabrik baru serta semakin banyaknya penggunaan kendaraan maka kondisi udara saat ini menjadi semakin tercemar. Mulai dari asap-asap yang muncul dari kendaraan bermotor hingga gas gas hasil pembakaran bahan bakar oleh pabrik-pabrik yang melepaskan gas gas seperti Cox,NOx, dll ke udara. Oleh karena semakin rusaknya udara di bumi ini maka perlu adanya beberapa upaya yang dilakukan guna mencegah semakin memburuknya keadaan bumi kita.



Pendahuluan

Pencemaran udara merupakan sebuah keadaan atau kondisi dimana adanya kehadiran dari sebuah atau lebih zat kimia, fisik maupun biologi di atmosfer dengan jumlah yang dapat membahayakan manusia, hewan serta tumbuhan. Pencemaran udara ini merupakan sebuah pencemaran terhadap kualitas dari udara dengan sumber yang dapat disebabkan oleh berbagai macam.


Pada jaman modernisasi ini, seiring dengan berkembangnya sektor peindustrian dan juga teknologi serta transportasi maka kualitas dari udara di beberapa wilayah khususnya di wilayah perkotaan pun mengalami perubahan yang cukup significant dimana perubahan ini sendiri disebabkan oleh pencemaran udara yang saat ini sedang marak semakin terjadi dan memburuk. Perubahan dari kualitas udara ini disebut sebagai pencemaran karena berubahnya satu komposisi udara dari keadaan yang normal menjadi sebaliknya, seperti yaitu adanya zat pencemar (baik berupa gas-gas atau aerosol) yang masuk ke dalam udara dengan jumlah yang tertentu dalam jangka waktu yang sedang hingga cukup lama yang akhirnya mengubah kondisi udara normal sehingga mengganggu kehidupan manusia, hewan dan juga tumbuh-tumbuhan.



Penyebab Pencemaran Udara

Pencemaran udara yang terajdi di Indonesia sebagian besar disebabkan oleh gas buang kendaraan bermotor. Teknis nya adalah dimana kendaraan bermotor mengeluarkan zat-zat yang berbahaya yang membawa dampak negatif terhadap lingkungan dan manusia. Seperti contoh, gas yang di hasilkan oleh kendaraan bermotor yaitu Pb, NOX, CO, OX, dll

Selain gas buang hasil kendaraan bermotor, penyebab terjadinya pencemaran udara juga oleh gas buang yang dikeluarkan oleh industri-industri yang  cukup merusak kualitas udara. Selain karna sifat dari gas tersebut yang beracun, untuk satu industri saja sudah mampu mengeluarkan polusi dalam jumlah yang banyak ditambahkan lagi jumlah industri saat ini semakin banyak sehingga semakin banyak pula polusi yang dimuntahkan ke udara bebas.



Macam-macam pencemaran udara

1. Pencemaran udara primer, yaitu substansi pencemar timbul langsung dari sumber pencemaran. Contohnya adalah karbon dioksida

2. Pencemaran udara sekunder, yaitu substansi pencemar terbentuk dari reaksi pencemar-pencemar primer di atmosfer. Contohnya adalah pembentukan ozon dalam proses fotokimia.


Dampak pencemaran udara

1. Dampak Ekonomi
2. Dampak Sosial
3. Dampak Pendidikan
4. Dampak Pertanian
5. Dampak Lingkungan









Daftar Pustaka

1. Budiyono, Afif. Pencemaran Udara : Dampak Pencemaran Udara Pada Lingkungan. 2001
2. Ismiyati, Devita Marlita, Deslida Saidah. Pencemaran Udara Akibat Emina Gas Buang Kendaraan Bermotor. 2014
3. Sengkey, Liana Sandri, Freddy Jansen, Steenie Wallah. Tingkat Pencemaran Udara CO Akibat Lalu Lintas Dengan Model Prediksi Polusi Udara Skala Mikro. 2011.
4. https://lingkunganhidup.co/pencemaran-udara-pengertian-penyebab-dampak-solusi/ (diakses tanggal  17 Agustus 2018 pukul 20.00 WIB)
5. https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/udara/penyebab-pencemaran-udara (diakses tanggal 17  Agustus 2018 pukul 22.20 WIB)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.