.

Sabtu, 18 Agustus 2018

Prinsip 10-12 Kimia Hijau

Prinsip 10-12 Kimia Hijau 

Disusun oleh: Kokom Koharochmah

Abstrak
Kimia hijau berupaya semaksimal mungkin mengurangi dampak negatif dari berbagai proses kimia terhadap kesehatan manusia dan kelestarian lingkungan (Santosa,2008)
Kimia hijau merupakan paradigma yang relatif baru, dengan fokus pada upaya mengoptimalkan kegiatan perancangan proses, produk dan pasca produk yang bisa memperkecil bahkan menihilkan pemakaian dan pembentukan bahan kimia beracun dan berbahaya, maka dari itu untuk mewujudkan hal tersebut ada dua belas prinsip utama kimia hijau yang akan dibahas.
Kata kunci: kimia hijau, prinsip kimia hijau

Pendahuluan
Kimia hijau merupakan suatu pendekatan yang bertujuan untuk menghilangkan penggunaan dan pembentukan zat berbahaya dengan merancang proses manufaktur yang lebih baik untuk produk kimia (Poliakoff,dkk 2002)

Pembahasan
10-12Prinsip Kimia Hijau:

10. Mendesain bahan kimia yang mudah terdegradasi bahan kimia harus didesain dengan mempertimbangkan aspek lingkungan, oleh karena itu suatu bahan kimia harus mudah terdegradasi dan tidak terakumulasi di lingkungan.Seperti sintesis biodegradable plastik, bioderadable polimer, serta bahan kimia lainya. 
11. Penggunaan metode analisis secara langsung untuk mengurangi polusi 
Metode analisis yang dilakukan secara real-time dapat mengurangi pembentukan produk samping yang tidak diinginkan.Ruang lingkup ini berfokus pada pengembangan metode dan teknologi analisis yang dapat mengurangi penggunaan bahan kimia yang berbahaya dalam prosesnya. 
12. Meminimalisasi potensi kecelakaan 
Bahan kimia yang digunakan dalam reaksi kimia harus dipilih sedemikian rupa sehingga potensi kecelakaan yang dapat mengakibatkan masuknya bahan kimia ke lingkungan, ledakan dan api dapat dihindari.

Daftar Pustaka
-Hidayat, Atep Afia dan M. Kholil. 2017.Kimia Industri dan Teknologi Hijau. Patona Media : Jakarta.
-Santosa,S.J.2008.Kimia Hijau Sebagai Pilar Utama Pembangunan Lestari.Universitas Gadjah Mada,Yogyakarta.
    -http://infostudikimia.blogspot.com/2016/12/prinsip-kimia-hijau-10-12.html?m=1
    -http://bptba.lipi.go.id/bptba3.1/?lang=id&u=blog-single&p=343
    -http://infostudikimia.blogspot.com/2016/12/12-prinsip-kimia-hijau.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.