.

Sabtu, 18 Agustus 2018

Bahaya Sampah Plastik




 Dibuat Oleh :
M. Apanreza Vitaly









Abstrak
Sampah plastik merupakan suatu permasalahan pokok yang dihadapi saat ini yang dapat berdampak buruk pada manusia dan lingkungan. Sampah plastik dapat bertahan bertahun-tahun sehingga menyebabkan pencemaran terhadap lingkungan. Plastik diperkirakan membutuhkan 100 hingga 500 tahun hingga dapat terurai dengan sempurna.
Kata kunci : Sampah pastik, Limbah plastik, Pencemaran

Pendahuluan
Plastik merupakan bagian kehidupan sehari-hari manusia. Sampah plastik merupakan suatu Permasalahan pokok yang dihadapi saat ini yang dapat berdampak buruk pada manusia dan lingkungan. Manfaat penggunaan produk plastik harus diimbangi dengan kalkulasi dampak negatif yang dihasilkannya. Sifat-sifat bahan plastik inilah yang membuatnya sulit tergantikan dengan bahan lainnya untuk berbagai aplikasi khususnya dalam kehidupan sehari-hari mulai dari kemasan makanan, alat-alat rumah tangga, mainan anak, elektronik sampai dengan komponen otomotif. Peningkatan penggunaan bahan plastik ini mengakibatkan peningkatan produksi sampah plastik dari tahun ke tahun. Sebagai gambaran konsumsi plastik di Indonesia mencapai 10 kg perkapita pertahun, sehingga dapat diprediksikan sebesar itulah sampah plastik yang dihasilkan.

1.      Nasution, Reni S. 2015. Berbagai cara Penanggulangan Limbah Plastik. UIN Ar-Raniry, Banda Aceh
2.      Saputra, E, dkk. 2016. Pengolahan Sampah Plastik Polipropilena Menjadi Bahan bakar Minyak Dengan Metode Perengkahan Katalik Menggunakan Katlalis Sintesis, Universitas Riau, Riau.
3.      Karuniastuti, N. 2016, Bahaya Plastik Terhadap Kesehatan dan Lingkungan, Forum Teknologi, Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.