.

Sabtu, 18 Agustus 2018

Pentingnya Memperhatikan Pencemaran Air di Sekitar Kita



Semakin meningkatnya kepadatan penduduk serta perkembangan sektor industri yang ditandai dengan tumbuh pesatnya jumlah pabrik di samping berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi, ternyata juga berdampak negatif terhadap lingkungan, terutama dalam hal pencemaran air. Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan agar kita lebih peduli dengan adanya pencemaran air.

A. Definisi Pencemaran Air
Dalam UU No 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup dan PP RI No 82Tahun 2001 tentang Pengelolaan Kualitas Airdan Pengendalian Pencemaran Air yang dimaksud dengan Pencemaran Air adalah masuknya atau dimasukkannya  makluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke dalam air oleh kegiatan manusia, sehingga kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukkannya.

B. Jenis Pencemaran Air
Ada beberapa jenis pencemaran menurut ahli sebagai berikut:
1.      Pencemaran Mikroorganisme Air
Beberapa mikoorganisme yang tidak kasat mata mampu mencemari air seperti virus, bakteri, kuman, protozoa dan parasit kerap kali juga mampu membuat pencemaran pada air.
2.      Pencemaran dari Bahan Arnorganik Nutrisi Tanaman
Pencemaran ini  terjadi akibat penggunaan pupuk kimia yang mempunyai dampak negatif yaitu dapat mencemari air di sungai, danau hingga laut dengan menggunakan zat fosfat yang ada di dalam pupuk tersebut.
3.      Pencemar Bahan Kimia Anorganik
Adanya berbagai bahan kimia anorganic (logam, garam, dan asam) di dalam air dapat membuat rasa dari air tersebut berubah dan sangat disarankan untuk tidak dikonsumsi.
4.      Pencemar Bahan Kimia Organik
Bahan kimia organic yang sering digunakan oleh banyak orang misalnya saja deterjen, minyak, pestisida, larutan pembersih dan pestisida jika terlarut dalam air juga bisa menyebabkan kematian pada ikan yang hidup di air tersebut.

C. Dampak Pencemaran Air
·   Penurunan kualitas lingkungan, seperti banyaknya ikan yang mati karena kekurangan kadar oksigen, penguraian polutan pada air tanah sangat sulit, dan membahayakan kehidupan dilaut.
  • Mengganggu kesehatan karena air limbah yang tidak dikelola dengan baik dapat mengandung bibit penyakit.
  • Polusi air yang berat dapat menyebabkan polutan meresap ke dalam air tanah yang menjadi sumber air untuk kehidupan sehari-hari seperti mencuci, mandi, memasak, dan untuk air minum. Air tanah yang sudah tercemar akan sulit sekali untuk dikembalikan menjadi air bersih.
  • Mengganggu pemandangan karena sudah tercemar.
  • Mempercepat proses kerusakan benda, seperti adanya sebagian air limbah yang mengandung zat yang dapat diubah oleh bakteri anaerob menjadi gas yang dapat merusak seperti H2S. Gas ini dapat mempercepat proses perkaratan pada besi. 
 D. Menanggulangi Pencemaran Air
  1. Pengaturan tata ruang yang baik dengan mempertimbangkan beban lingkungan yang akan muncul jika ruangannya sudah dipakai.
  2. Melaksanakan standart buangan mengacu pada standard baku mutu
  3. Perlindungan sumber air meliputi perlindungan daerah resapan air dengan cara pembatasan bangunan, pelarangan penebangan hutan dan pembukaan hutan, penguasaan sumber-sumber air oleh individu atau pengambilan yang berlebihan, perlindungan dari pencemaran baik oleh domestik maupun oleh Industri.
  4. Monitoring dan evaluasi yang akurat dan kontinu.
  5. Membuat kelompok sadar lingkungan dan lembaga  swadaya masyarakat.
  6. Teknologi pengolahan limbah
Dengan melihat beberapa poin mengenai pencemaran air tersebut, apakah kita harus membiarkan ini terus menerus sehingga alam kita rusak dan anak cucu kita tidak bisa menikmati air yang layak?
Ayo kita jaga lingkungan air disekitar kita untuk masa depan anak cucu kita.

Daftar Pustaka
Hidayat, Atep Afia dan Kholil,Muhammad.2017.Kimia Industri dan Teknologi Hijau,Jakarta:Pantona Media. 

Sari, Maya. 2016. Pencemaran air. Dalam : https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/hidrologi/pencemaran-air.  Diakses pada (18 Agustus 2018 jam 16.00 WIB)

Setiawan, H. 2018. Apa saja dampak pencemaran air. Dalam : http://ilmulingkungan.com/apa-saja-dampak-pencemaran-air/.  Diakses pada (18 Agustus 2018 jam 16.00 WIB)

Herlambang, A. 2006. Pencemaran air dan strategi penanggulangannya. JAI2, 20-27.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.