.

Sabtu, 18 Agustus 2018

Penyebab Pencemaran Air

Nama : ALIFIANA
Kode : @G31
 
Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautandan air tanah akibat aktivitas manusia.

Penyebab Pencemaran Air
Berikut beberapa Penyebab terjadinya pencemaran air, yaitu :


1.Limbah Manusia
Limbah manusia yang memasuki kawasan perairan tanpa mengalami pengolahan terlebih dahulu akan menyebabkan terjadinya pencemaran terhadap air permukaan dan air bawah tanah.
Namun pengolahan limbah manusia yang tidak sempurna akan menimbulkan santitas lingkungan yang buruk. Pencemaran air oleh limbah manusia,jika limbah tersebut berasal dari orang yang mengidap penyakit seperti hepatitis, tipus dan kolera, maka beragam virus penyebab penyakit tersebut akan menyebar ke perairan. Oleh karena itu penanganan limbah manusia ini harus benar-benar di perhatikan dan dilakukan dengan benar. Contohnya seperti dibeberapa negara saat ini sedang dikembangkan teknologi toilet kompos, prinsip kerjanya ialah perpaduan antara instrument dan bakteri aerob yang merombak komposisi limbah menjadi sedemikian rupa, sehingga terbentuklah kompos yang terbebas dari pathogen yang berbahaya.


2.Limbah Nutrisi

Limbah yang dijadikan kompos/pupuk yang telah digunakan kembali akan terjadi pengembalian nutrisi ke lingkungan. Dimana nutrisi seperti nitrogen dan fosfor akan dimanfaatkan kembali oleh mikroorganisme dan makroorganisme disekitar perairan. Jika penggunaan kompos tersebut pada perairan dalam volume yang sangat besar maka kemampuan sumberdaya perairan untuk merehabilitasi dirinya sendiri menjadi terlampaui. Dengan demikian kondisi lingkungan menjadi semakin memprihatinkan dan cenderung membahayakan.


3.Air Limbah

Pabrik yang membuang limbah yang sudah diolah ataupun yang belum diolah ke perairan. Limbah yang dibuang ke perairan ini menyebabkan pencemaran air. Pencemaran air ini menimbulkan banyak masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Salah satunya warga yang tinggal di daerah sungai akan memanfaatkan air sungai untuk kebutuhan sehari-hari. Pencemaran sungai terjadi karena perubahan kualitas air sungai karena masuknya limbah pabrik secara berlebihan.



4.Limbah Kimia

Bahan kimia yang dilepaskan oleh cerobong asap (cerobong asap) bisa masuk ke atmosfer dan kemudian turun kembali ke bumi seperti hujan, masuk ke laut, sungai, dan danau dan menyebabkan pencemaran air.


5.Limbah Radioaktif

Pencemaran yang disebabkan oleh radioaktif dapat bersifat alami ataupun akibat kegiatan manusia. Pencemaran radioaktif ke badan perairan antara lain biasanya bersumber dari buangan limbah rumah sakit, pabrik, ataupun tambang uranium. Dari hasil kegiatan yang biasa dilakukan manusia Secara alami, pencemaran radioaktif bersumber pada isotop radioaktif yang secara alamiah ada di air  misalnya saja seperti radon.


6.Limbah Minyak

Tumpahnya minyak di laut menjadi pencemar yang sangat buruk di laut. Seperti yang kita tahu bahwa kilang minyak kebanyakan berada di laut. Dan ketika minyak tersebut tumpah atau bocor maka yang akan terjadi adalah tercemarnya air laut. Dan hal ini akan menyebabkan banyak ikan menjadi mati.


7.Limbah Plastik

Limbah plastic atau sampah plastic adalah sampah non organik yang sulit untuk diuraikan. Sampah yang mencemari air tidak hanya sampah- sampah yang dibuang ke saluran air saja, namun juga sampah- sampah yang dibuang ke tanah, bertumpuk sehingga air dari sampah tersebut akan meresap ke tanah kemudian mencemari sumber air tanah atau sumber air di daerah tersebut.


Daftar Pustaka :
1. Atep Afia Hidayat Muhammad Kholil, "Kimia, Industri dan Teknologi Hijau".





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.