.

Sabtu, 18 Agustus 2018

Penyebab Pencemaran Air Akibat Limbah Industri

ABSTRAK

Air adalah sumberdaya bagi manusia yang sangat penting karena memenuhi kebutuhan hidup orang banyak, sehingga air perlu dilindungi kelestariannya agar tetap bermanfaat bagi kehidupan manusia serta makhluk hidup lainnya. Air merupakan komponen lingkungan hidup yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh komponen lainnya. Air yang mempunyai kualitas buruk maka akan berdampak bagi kesehatan manusia dan berdampak pada kehidupan makhluk hidup lainnya. Pencemaran lingkungan perairan memang sudah terjadi secara bertahun-tahun, namun kondisi tersebut belum menjadi persoalan yang serius karena dianggap tidak membahayakan. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan manusia akan air bersih maka pencemaran air tersebut menjadi hal serius karena membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat.
            Di Indonesia banyak pabrik yang membuang limbah yang sudah diolah ataupun yang belum diolah ke perairan. Limbah yang dibuang ke perairan ini menyebabkan pencemaran air. Pencemaran air ini menimbulkan banyak masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Salah satunya kemungkinan besar warga yang tinggal di daerah sungai akan memanfaatkan air sungai untuk kebutuhan sehari-hari. Pencemaran sungai terjadi karena perubahan kualitas air sungai karena masuknya limbah pabrik secara berlebihan. Limbah yang dibuang ke sungai telah menimbulkan pencemaran air dan mengganggu kehidupan air. Pencemaran oleh limbah industri akan tampak pada kondisi fisik pada air tersebut, misalnya perubahan warna pada air, bau yang kurang sedap. Seharusnya pabrik yang sedang berproduksi mempunyai tempat pembuangan limbah khusus, agar limbah pabrik tersebut tidak dibuang ke sungai dan tidak mencemari air sungai.

PENDAHULUAN

Di zaman yang serba modern ini membuat industri tersebar dimana-mana, mesin canggih merajalela hingga akhirnya pencemaran Limbah Industri sangatlah akrab di telinga kita. Pencemaran merupakan terjadinya perubahan komponen atau tatanan air atau udara yang disebabkan oleh aktivitas manusia dan proses alam, sehingga kualitas udara atau air menjadi kurang atau tidak bisa berfungsi sesuai dengan pembentukannya.
Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan terjadinya pencemaran sangat beragam mulai dari zat, makhluk hidup atau komponen-komponen lainnya. sesuatu yang dapat menyebabkan pencemaran inilah yang disebut dengan limbah. Limbah mempunyai berbagai macam diantaranya limbah rumah tangga dan limbah pabrik. Hanya saja, artikel berikut akan menspesifikan pembahasannya terkait dengan limbah pabrik. Oleh karena itu simak terus artikel berikut ini.

PEMBAHASAN

Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. Walaupun fenomena alam seperti gunung berapi, badai, dan gempa bumi juga mengakibatkan perubahan yang besar terhadap kualitas air, hal ini tidak dapat disalahkan sebagai penyebab pencemaran air. Menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2001, Tentang Pengelolaan Kualitas Air Dan Pengendalian Pencemaran Air.

Industri-industri di Indonesia semakin berkembang, baik jumlah, teknologi, tingkat produksi maupun limbah yang dihasilkan. Industri-industri khususnya yang berada di dekat aliran sungai cenderung akan membuang limbahnya ke dalam sungai yang dapat mencemari ekosistem air, pembuangan limbah industri ke sungai – sungai dapat menyebabkan berubahnya susunan kimia, bakteriologi serta fisik air. Polutan yang dihasilkan oleh pabrik dapat berupa :
  1. Logam berat : timbal, tembaga, seng dan lain-lain.
  2. Panas air yang tinggi temperaturnya sulit menyerap oksigen yang pada akhirnya akan mematikan biota air.

Jumlah aliran air limbah yang berasal dari industri sangat bervariasi tergantung dari jenis dan besar kecilnya industri, pengawasan pada proses industri, derajat penggunaan air, derajat pengolahan air limbah yang ada. Limbah industri yang tidak diolah terlebih dahulu sangat mencemari air sungai. Jenis limbah ini bergantung pada jenis industrinya, misalnya zat warna dari pabrik tekstil, sampah organik dari pabrik pulp/kertas, dan merkuri dari industri tertentu. Pembuangan limbah cair ke perairan berpotensi mencemari lingkungan. Akibatnya senyawa raksa, merkuri yang terlarut dalam air masuk melalui rantai makanan dari mikroorganisme ke ikan kemudian ke manusia yang mengkonsumsinya. Ini merupakan salah satu penyebab kematian.

Pencemaran air ialah suatu keadaan perubahan tempat penampungan air seperti sungai, danau, ataupun laut yang disebabkan oleh manusia. Ada beberapa penyebab dari pencemaran air diantaranya:
  • Sampah organik seperti air comberan (sewage) menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen pada air yang menerimanya yang mengarah pada berkurangnya oksigen yang dapat berdampak parah terhadap seluruh ekosistem.
  • Industri membuang berbagai macam polutan ke dalam air limbahnya seperti logam berat, minyak, nutrien dan padatan. Air limbah tersebut memiliki efek termal, terutama yang dikeluarkan olehpembangkit listrik, yang dapat juga mengurangi oksigen dalam air.
  • Seperti limbah pabrik yg mengalir ke sungai

hingga saat ini, pencemaran air banyak disebabkan oleh imbah pabrik yang dengan sengaja dibuang ke sungai tanpa ada proses filtrasi terlebih dahulu. Limbah industri yang dibuang melalui sungai ataupun laut mengandung logam berat sehingga dapat memusnahkan ekosistem yang ada di sungai ataupun laut. Selain itu, limbah tersebut juga dapat menyebabkan masalah baru bagi kesehatan lingkungan dan masyarakat yang berada pada daerah sekitar aliran sungai.

Dampak Pencemaran Limbah Pabrik


Dampak Pencemaran Air Akibat Limbah Industri

Pencemaran merupakan peristiwa yang dapat merugikan makhluk hidup. Ada banyak sekali dampak yang dapat ditimbulkan dari pencemaran limbah pabrik ini. Dampak- dampak yang ditimbulkan ini tentu saja merupakan dampak yang buruk. Adapun dampak- dampak yang dapat muncul sebab adanya pencemaran limbah pabrik ini antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Dampak bagi kesehatan

Dampak kesehatan yang ditimbulkan dari limbah pabrik ini antara lain adalah sebagai berikut:
  • Menyebabkan adanya sampah beracun.
  • Timbul penyakit yang menular dari rantai makanan
  • Timbulnya penyakit jamur.
  • Menyebabkan penyakit kolera, diare, dan tifus.
  • Timbul sampah yang dapat menimbulkan penyakit yang berhubungan dengan tikus.
  • Timbul sampah yang akan menjadi tempat perkembangbiakan lalat sehingga mudah menularkan infeksi.

2.    Dampak bagi lingkungan

Selain akan berdampak pada kesehatan, adanya limbah pabrik ini juga dapat menyebabkan dampak buruk bagi lingkungan. Adapun beberapa dampak negatif yang disebabkan oleh limbah pabrik bagi lingkungan antara lain adalah sebagai berikut:
  • Menurunnya kualitas lingkungan
  • Menurunnya estetika atau nilai keindahan lingkungan
  • Terhambatnya pengembangan negara
  • Membuat lingkungan kurang nyaman untuk ditempati
  • Membuat makhluk hidup yang terkena pencemaran menjadi musnah atau mati.

Upaya Pencegahan Pencemaran Air

Selain limbah industri, limbah rumah tangga juga turut menjadi faktor penyebab pencemaran lingkungan. Limbah rumah tangga terbagi kedalam dua kategori yaitu limbah organik dan limbah anorganik. limbah organik seperti limbah dari sayur-sayuran yang membusuk ataupun buah-buahan yang membusuk yang masih bisa diuurai oleh bakteri. Sedangkan limbah anorganik, seperti limbah pelastik, karet dll. Limbah anorganik tidak dapat terurai oleh bakteri.

Dalam mengatasi pencemaran air ada beberapa upaya yang dapat dilakukan seperti :
1.     Tidak membuang limbah industri ke sungai ataupun laut.
2.     Membuat Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) untuk industri dan pabrik.
3.     Untuk keperluan rumah tangga bila terpaksa menggunakan air sungai maka sebaiknya air sungai di saring terlebih dahulu.

KESIMPULAN

Pencemaran air adalah masuknya suatu zat, energi maupun komponen lainnya baik berupa makhluk hidup maupun benda mati ke dalam air yang menyebabkan penurunan kualitas air sehingga air tidak dapat berfungsi sebagai mana mestinya. Umumnya, air yang tercemar memiliki beberapa ciri yaitu seperti perubahan warna, rasa, bau, dan menjadi keruh. Sungai merupakan salah satu sumber air yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup makhluk hidup sehari – hari. Manfaat sungai sangat vital untuk semua makhluk hidup. Usaha pelestarian sungai dapat dimulai dari hal yang terkecil seperti tidak membuang sampah sembarangan hingga ke yang terbesar yaitu tidak membuang limbah langsung ke sungai. Jika kualitas sungai baik, kesehatan makhluk hidup juga menjadi baik, karena sungai juga merupakan salah satu sumber mata air.

DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.