.

Sabtu, 18 Agustus 2018

Limbah Penyebab Pencemaran Air

Oleh :
Umi Kalsum

Abstrak
Pada era globalisasi saat ini terdapat banyak sekali pencemaran lingkungan yang terjadi, salah satunya pencemaran air yang di sebabkan oleh limbah-limbah. Pencemaran limbah yang sangat bias dirasakan yaitu pencemaran limbah pada air baik dari limbah kimia, plastic dll. Efek dari pencemaran lingkungan yang dirasakan yaitu kesehatan yang mulai terganggu, biaya ekonomi sampai kematian.
Kata Kunci : Limbah, Kesehatan, Pendidikan.


I. Pendahuluan
   Permukaan bumi sebagian diliputi oleh permukaan air yang terdiri dari Benua, Laut, danau dan Sungai. Dalam jangka waktu yang panjang dibumi menyebabkan pertumbuhan penduduk yang semakin banyak tiap tahunnya. Dari pertumbuhan penduduk inilah diketahui meningkatnya kebutuhan air manusia untuk hidup. Dengan meningkatnya kebutuhan air maka harus dipermudahnya akses terhadap air sehat.
1.1 Identifikasi
      Air adalah substansi kimia dengan rumus kimia H2O. Satu molekul air tersusun atas dua atom hidrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen. Air bersifat tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau pada kondisi standar, yaitu pada tekanan 100 kPa (1 bar) and temperatur 273,15 K (0 °C). Zat kimia ini merupakan suatu pelarut yang penting, yang memiliki kemampuan untuk melarutkan banyak zat kimia lainnya, seperti garam-garamgulaasam, beberapa jenis gas dan banyak macam molekul organik.
1.2 Limbah
      Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga). Di mana masyarakat bermukim, di sanalah berbagai jenis limbah akan dihasilkan. Ada sampah, ada air kakus (black water), dan ada air buangan dari berbagai aktivitas domestik lainnya (grey water).
      Limbah padat lebih dikenal sebagai sampah, yang seringkali tidak dikehendaki kehadirannya karena tidak memiliki nilai ekonomis. Bila ditinjau secara kimiawi, limbah ini terdiri dari bahan kimia Senyawa organik dan Senyawa anorganik. Dengan konsentrasi dan kuantitas tertentu, kehadiran limbah dapat berdampak negatif terhadap lingkungan terutama bagi kesehatan manusia, sehingga perlu dilakukan penanganan terhadap limbah. Tingkat bahaya keracunan yang ditimbulkan oleh limbah tergantung pada jenis dan karakteristik limbah.
II. Tinjauan Pustaka



Daftar Pustaka

https://id.wikipedia.org/wiki/Air
https://id.wikipedia.org/wiki/Limbah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.