ABSTRAK
Green chemistry merupakan kajian di bidang kimia
yang relatif baru yang memfokuskan kajiannya pada penerapan sejumlah prinsip
kimia dalam merancang menggunakan atau memproduksi bahan kimia untuk mengurangi
pemakaian atau produksi bahan berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan mahluk
hidup dan pelestarian lingkungan. Kajian green chemistry ini mencakup konsep
dan pendekatan yang efektif untuk mencegah pencemaran lingkungan yang
diakibatkan oleh proses dan produk bahan kimia beracun dan berbahaya, karena
penerapan metode pemacahan masalah secara inovatif terhadap masalah lingkungan.
Mengingat pentingnya green chemistry sebagai pendekatan untuk pencegahan
pencemaran akibat bahanbahan kimia yang
dapat merusak lingkungan, maka konsep green chemistry perlu diaplikasikan dalam pembelajaran kimia di
sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi,
khususnya dalam kegiatan praktikum di laboratorium. Kegiatan praktikum
di laboratorium yang berorientasi pada prinsip green chemistry dilakukan dalam bentuk
aktifitas dalam upaya untuk mengurangi, menghilangkan dan mengganti penggunaan bahan-bahan kimia
beracun dan berbahaya yang
digunakan dalam percobaan untuk mengurangi kadar pencemar dan volume limbah.
Kata kunci : Green chemistry , pembelajaran kimia berwawasan lingkungan .
PENDAHULUAN
Abad ke-21 ditandai oleh perkembangan yang pesat di
bidang teknologi telekomunikasi dan transportasi yang mengakibatan peningkatan
percepatan mobilisasi berbagai produk termasuk sumber daya manusia. Pada saat
ini muncul berbagai pendekatan dalam pembelajaran, semua ini merupakan upaya
agar siswa dapat belajar secara optimal. Banyak ragam inovasi dalam
pembelajaran dikembangkan sebagai upaya antisipasi perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi. Mengingat konsep dan pendekatan green chemistry
sebagai pendekatan untuk pencegahan pencemaran akibat bahan-bahan kimia yang
dapat merusak lingkungan dan kesehatan, perlu dipikirkan bagaimana menerap-kan
gagasan konsep dan gagasan green chemistry ini dalam pembelajaran kimia di
sekolah maupun perguruan tinggi di Indonesia. Untuk maksud tersebut sudah
barang tentu para pendidik atau guru di bidang kimia perlu mempunyai
pengetahuan tersebut secara memadai.
Bagaimanakah penerapan pembelajaran kimia berwawasan
lingkungan melalui pendekatan green chemistry ?
Pendekatan
Green Chemistry, Pengertian secara umum green chemistry
adalah suatu metode baru untuk mengurangi bahaya bahan kimia, disamping
memproduksi produk dengan cara yang lebih efisien dan lebih hemat. (Kenneth
& James,2004). jadi dapat dikatakan bahwa green chemistry adalah proses
kimia atau teknologi yang dapat memperbaiki lingkungan dan kualitas hidup.
12
prinsip green chemistry
1. Pencegahan
terbentuknya bahan buangan beracun akan lebih baik dari pada menangani atau membersihkan bahan buangan tersebut.
2. Mengekonomiskan
atom dalam merancang metode sintesis
3. Sintesis
bahan kimia yang tidak atau kurang berbahaya bagi kesehatan manusia dan
lingkungannya.
4. Merancang
produk bahan kimia yang lebih aman, walaupaun sifat racunnya dikurangi tetapi
fungsi-nya tetap efektif.
5. Menggunakan
pelarut dan bahanbahan pendukung yang lebih aman dan tidak berbahaya.
6. Rancangan
untuk efisiensi energi.
7. Penggunaan
bahan dasar yang dapat diperbaharui.
8. Mengurangi
turunan (derivatives) yang tidak penting
9. Menggunaka
katalis untuk meningkatkan selektifitas dan meminimalkan energi.
10. Merancang
produk-produk kimia yang dapat terdegradasi menjadi produk yang tidak berbahaya.
11. Analisis
serentak untuk mencegah polusi.
12. Bahan
kimia yang digunakan dalam proses kimia dipilih yang lebih aman untuk mencegah
kecelakaan.
KESIMPULAN
Green chemistry berperan penting dalam upaya untuk
mencegah atau mengurangi bahaya polusi
akibat bahan kimia beracun dan berbahaya yang menimbulkan masalah lingkungan
Green chemistry mempunyai 12 prinsip yang
dapat diaplikasikan dalam
pembelajaran kimia khususnya pada kegiatan praktikum di laborato-rium dengan
cara mengurangi/ mengganti bahan-bahan kimia yang berbahaya yang digunakan
dalam suatu reaksi kimia atau sintesa
suatu senyawa yang menghasilkan
limbah berbahaya yang menimbulkan masa-lah lingkungan .
DAFTAR
PUSTAKA
Anastas, P.T & Warner J.C. , 1998. Green
Chemistry : Theory and Practices, New York : OxfordUniversity Press.
Clark, J.H , 1995. Chemistry Of Waste Minimization.
Glasgow : Blackie Academic &Profesional.
Doxsee Kenneth M./Hutshison James E. , 2004. Green
Organic Chemistry Strategis, Tools, and Laboratory Experiments, United States :
Thomson Brooks/Cole.
Shanghi, Rasmi, 2003. ” The Need For Green
Chemistry” :Environt Friendly Alternative. New Delhi :Naroso Publishing House.
Williamson, Kenneth L., 1989.
Macroscale&Microscale Organic Experiments.Toronto : DC Health and Company
Lexington. a yang menimbulkan masa-lah
lingkungan .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.