.

Sabtu, 18 Agustus 2018

PENDEKATAN GREEN CHEMISTRY SUATU INOVASI DALAM PEMBELAJARAN KIMIA BERWAWASAN LINGKUNGAN


 ABSTRAK

Green chemistry merupakan kajian di bidang kimia yang relatif baru yang memfokuskan kajiannya pada penerapan sejumlah prinsip kimia dalam merancang menggunakan atau memproduksi bahan kimia untuk mengurangi pemakaian atau produksi bahan berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan mahluk hidup dan pelestarian lingkungan. Kajian green chemistry ini mencakup konsep dan pendekatan yang efektif untuk mencegah pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh proses dan produk bahan kimia beracun dan berbahaya, karena penerapan metode pemacahan masalah secara inovatif terhadap masalah lingkungan. Mengingat pentingnya green chemistry sebagai pendekatan untuk pencegahan pencemaran akibat bahanbahan kimia  yang dapat merusak lingkungan, maka konsep green chemistry perlu  diaplikasikan dalam pembelajaran kimia di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi,  khususnya dalam kegiatan praktikum di laboratorium. Kegiatan praktikum di laboratorium yang berorientasi pada prinsip green chemistry dilakukan dalam bentuk aktifitas dalam upaya untuk mengurangi, menghilangkan  dan mengganti penggunaan bahan-bahan  kimia  beracun dan berbahaya  yang digunakan dalam percobaan untuk mengurangi kadar pencemar dan volume limbah.

Kata kunci : Green chemistry , pembelajaran kimia berwawasan lingkungan .

PENDAHULUAN

Abad ke-21 ditandai oleh perkembangan yang pesat di bidang teknologi telekomunikasi dan transportasi yang mengakibatan peningkatan percepatan mobilisasi berbagai produk termasuk sumber daya manusia. Pada saat ini muncul berbagai pendekatan dalam pembelajaran, semua ini merupakan upaya agar siswa dapat belajar secara optimal. Banyak ragam inovasi dalam pembelajaran dikembangkan sebagai upaya antisipasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mengingat konsep dan pendekatan green chemistry sebagai pendekatan untuk pencegahan pencemaran akibat bahan-bahan kimia yang dapat merusak lingkungan dan kesehatan, perlu dipikirkan bagaimana menerap-kan gagasan konsep dan gagasan green chemistry ini dalam pembelajaran kimia di sekolah maupun perguruan tinggi di Indonesia. Untuk maksud tersebut sudah barang tentu para pendidik atau guru di bidang kimia perlu mempunyai pengetahuan tersebut secara memadai.
Bagaimanakah penerapan pembelajaran kimia berwawasan lingkungan melalui pendekatan green chemistry ?

Pendekatan Green Chemistry, Pengertian secara umum green chemistry adalah suatu metode baru untuk mengurangi bahaya bahan kimia, disamping memproduksi produk dengan cara yang lebih efisien dan lebih hemat. (Kenneth & James,2004). jadi dapat dikatakan bahwa green chemistry adalah proses kimia atau teknologi yang dapat memperbaiki lingkungan dan kualitas hidup.

12 prinsip  green chemistry

 1.    Pencegahan terbentuknya bahan buangan beracun akan lebih baik dari pada menangani atau membersihkan bahan buangan tersebut.
 2.    Mengekonomiskan atom dalam merancang metode sintesis 
 3.    Sintesis bahan kimia yang tidak atau kurang berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungannya. 
 4.    Merancang produk bahan kimia yang lebih aman, walaupaun sifat racunnya dikurangi tetapi fungsi-nya tetap efektif.
 5.    Menggunakan pelarut dan bahanbahan pendukung yang lebih aman dan tidak berbahaya.
 6.    Rancangan untuk efisiensi energi.
 7.    Penggunaan bahan dasar yang dapat diperbaharui.  
 8.    Mengurangi turunan (derivatives) yang tidak penting
 9.    Menggunaka katalis untuk meningkatkan selektifitas dan meminimalkan energi. 
10.  Merancang produk-produk kimia yang dapat terdegradasi menjadi produk yang tidak    berbahaya.
11.   Analisis serentak untuk mencegah polusi. 
12.  Bahan kimia yang digunakan dalam proses kimia dipilih yang lebih aman untuk mencegah kecelakaan.

KESIMPULAN
Green chemistry berperan penting dalam upaya untuk mencegah atau mengurangi bahaya  polusi akibat bahan kimia beracun dan berbahaya yang menimbulkan masalah lingkungan Green chemistry mempunyai 12 prinsip yang  dapat diaplikasikan  dalam pembelajaran kimia khususnya pada kegiatan praktikum di laborato-rium dengan cara mengurangi/ mengganti bahan-bahan kimia yang berbahaya yang digunakan dalam suatu reaksi kimia atau sintesa  suatu senyawa   yang menghasilkan limbah  berbahaya  yang menimbulkan masa-lah lingkungan .


DAFTAR PUSTAKA

Anastas, P.T & Warner J.C. , 1998. Green Chemistry : Theory and Practices, New York : OxfordUniversity Press.

Clark, J.H , 1995. Chemistry Of Waste Minimization. Glasgow : Blackie  Academic &Profesional.

Doxsee Kenneth M./Hutshison James E. , 2004. Green Organic Chemistry Strategis, Tools, and Laboratory Experiments, United States : Thomson Brooks/Cole.

Shanghi, Rasmi, 2003. ” The Need For Green Chemistry” :Environt Friendly Alternative. New Delhi :Naroso Publishing House.

Williamson, Kenneth L., 1989. Macroscale&Microscale Organic Experiments.Toronto : DC Health and Company Lexington. a  yang menimbulkan masa-lah lingkungan . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.