.

Sabtu, 10 Februari 2018

LIMBAH NUTRISI

oleh: @F17-jaenudin
Abstrak

dampak pembuatan nutrisi, secara teori dan peraktek limbah daoat di kelola dan di jadikan kompos atau pupuk, dengan demikian terjadi pengembalian nutrisi ke lingkungan. di mana nutrisi seprti nitrogen dan fosforakan di manfaatkan kembali oleh mikroorganisme di sekitar perairan. persoalan mendasar ialah jumlah limbah yang masuk akan di masukan ke parairan dalam volume yang sangat besar, sehingga sumber daya perairan untuk merehabilitasi sendiri menjadi terlampaui, dapat di istilahkan lebih besar pasak adari pada tiang, sehinggan yang terjadi adalah kondisi lingkungan menjadi semakin memperhatikan, kotor, tidak terawat, bahkan cenderung membahayakan.

kata kunci : Nutrisi

Fungsi Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh

Diatas telah dijelaskan secara singkat mengenai apa fungsi nutrisi bagi kesehatan tubuh manusia. Nutrisi adalah zat yang menjadi asupan utama bagi tubuh seseorang dalam melakukan berbagai kegiatan sebagai pembentuk energi penting. Oleh karena itu, nutrisi memiliki fungsi yang beragam bagi tubuh manusia, seperti sebagai proses pengambilan zat-zat makanan yang penting, yang dibutuhkan organisme untuk bergerak dan hidup normal.

Akan tetapi, nutrisi ini sangat berbeda dengan makanan yang dimakan seseorang tiap harinya. Nutrisi merupakan bagian dari apa yang terkandung dari makanan yang dikonsumsi seseorang. Bagi ibu hamil, nutrisi sangat berperan penting untuk kesehatan dan perkembangan janin yang sedang dikandungnya. Peran nutrisi bagi ibu hamil bukan semata hanya untuk pertumbuhan dan perkembangan janin saja, akan tetapi juga bagi sang ibu. Kekurangan nutrisi pada saat masa kehamilan akan beresiko terhadap munculnya berbagai macam penyakit dan bahkan menimbulkan resiko pada saat proses melahirkan. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk mengatur menu makan ibu hamil agar terhindar dari kekuran gizi / nutrisi pada masa kehamilan.

Kebutuhan Nutrisi manusia
Kebutuhan nutrisi seseorang dapat dipenuhi dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin dan Serat. 
Karbohidrat: Merupakan sumber energi utama tubuh yang tersusun dari unsur Carbon (C), Hidrogen(H), dan oksigen (O). Karbohidart bersumber dari makanan seperti beras, jangung, gandum, kentang, Dll.

Protein: Di dalam tubuh, protein berperan sebagai pertumbuhan, penyembuhan luka, regenerasi sel, menghasilkan enzim dan hormon untuk metabolisme tubuh juga sebagai sumber energi. Saat tubuh kekurangan protein, maka pertumbuhan tulang akan terganggu dan menyebabkan tulang keropos serta kerontokan. Protein dapat diperoleh dari hewan atau dari tumbuh-tumbuhan.
Sumber protein berasal dari hewan dan juga dari kacang-kangan. Protein yang berasal dari hewan disebut protein hewani, misalnya daging, susu atau telur. Sedangkan protein dari tumbuhan disebut protein nabati yang terdapat pada kacang-kacangan. Protein hewani mengandung asam amino essensial lebih dibandingkan protein nabati.

Protein adalah komponen ke dua terbesar penyusun tubuh setelah air. Setiap 1 kg berat seseorang membutuhkan kurang lebih sebanyak 1 gr kalori. 1gr protein menghasilkan kuranglebih 4 kalori dari kebutuhan kalori total seseorang. Agar mendapatkan protein dengan jumlah maksimal, hindari memasak dengan susu tinggi dan menggunakan banyak minyak. Suhu tinggi dan minyak dapat merusak protein yang terdapat di dalam masakan yang sedang dimasak. Untuk makanan berprotein, disarankan untuk memasak dengan cara mengukus atau memanggang.

Lemak: Lemak berfungsi untuk melindungi organ tubuh, dan terkadang digunakan sebagai energi cadangan. Seperti saat kita sedang kelaparan dan diburu seekor anjing, tiba-tiba energi seolah kembali sehingga kita sanggup untuk berlari.

Tidak selamanya lemak berdampak buruk terhadap kesehatan Anda. Lemak akan berdampak buruk apabila jumlahnya melebihi batas dari kebutuhan total tubuh Anda. Lemak yang tercukupi berguna dalam menjaga kesehatan kulit, rambut, dan menjaga suhu tubuh Anda tetap normal. Lemak juga berperan sebagai pelarut vitamin A, D, E, K dan membantu metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Setiap 1 gr lemak menghasilkan kuranglebih 90 kalori. Kebutuhan lemak seseorang kurang lebih 20-30% dari total kebutuhan kalori.h baik.

Jenis-Jenis Nutrisi
Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, kita juga perlu mengetahui apa saja jenis-jenis nutrisi yang dapat kita konsumsi setiap harinya. Nutrisi pokok yang menjadi kebutuhan seseorang tiap harinya seperti karbohidrat, serat, lemak dan protein masing-masing terdapat pada bahan makanan yang berbeda-beda. Seperti karbohidrat, jenis nutrisi ini adalah komposisi yang terdiri dari elemen karbon,hydrogen serta oksigen. Jenis zat ini terdapat pada beras, jagung, gandum, umbi-umbian. Ada lemak sebagai jenis nutrisi yang juga diperlukan oleh tubuh kita, lemak berperan sebagai sumber energi yang dipadatkan. Ada protein yang merupakan konstituen pentinguntuk semua sel-sel dalam tubuh. Vitamin juga menjadi sarana nutrisi yang tak kalah penting untuk mengatur metabolisme dalam tubuh. Meniral serta air juga merupakan jenis nutrisi yang penting bagi tubuh.

Nutrisi Bagi Kesehatan
Pengertian akan nutrisi tidak hanya sebatas dari para ahli gizi atau peneliti kesehatan saja. Namun pengertian ini juga meluas khususnya bagi dunia kesehatan. Nutrisi bagi kesehatan adalah semacam asupan penting yang terdapat pada makanan yang sering dikonsumsi oleh kita. Berisi zat-zat penting seperti vitamin, mineral, karbohidrat dan lainnya. Pengetahuan akan pengertian nutrisi memang perlu kita ketahui sebagai pengatur pola makanan.Kebutuhan nutrisi bagi tubuh manusia tentu sangat penting sebagai penunjang berbagai aktifitas dan kesehatannya. Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh juga memiliki kadar yang jelas dan berguna bagi tubuh. Ada beberapa jenis makanan yang sebenarnya tidak benar-benar memiliki nutrisi yang jelas. Hal ini akan sangat memprihatinkan jika selalu kita konsumsi dalam rentan waktu yang lama. Bagaimana pun juga nutrisi penting adalah kebutuhan yang tidak boleh dilewatkan. Nutrisi berfungsi untuk menjaga metabolisme dalam tubuh sebab didalam nutrisi terdapat zat dan hal-hal penting untuk diserap. Fungsi organ bagian dalam tubuh juga akan tetap terjaga jika pemenuhan akan nutrisi tersebut stabil dan jelas adanya.

Cara Kerja Nutrisi
Kebutuhan nutrisi setiap harinya berbeda-beda dari jenis makanan yang kita konsumsi. Namun pada dasarnya jenis makanan yang cukup nutrisi akan sama jumlahnya dengan makanan yang sebelumnya kita makan. Adapun cara kerja nutrisi juga berdasarkan zat apa yang masuk dalam tubuh sebab semua itu memiliki fungsinya sendiri. Seperti karbohidrat yang terdapat pada beras, umbi-umbian dapat membuat tubuh berenergi dan akan menimbulkan efek kenyang setelah memakannya. Karbohidrat semacam ini merupaka kebutuhan pokok yang disandang oleh manusia. Selain itu ada pula lemak, zat ini juga berfungsi sebagai penambah energi untuk tubuh yang terdapat pada makanan. Ada mineral dan vitamin yang terdapat dalam air dan buah-buahan serta sayur-sayuran. Hal ini bertujuan sebagai kelancaran metabolisme dalam tubuh serta mengurangi dampak dehidrasi yang mungkin kita alami.

Dampak Dari Nutrisi Yang Rusak Pada Makanan

Tidak semua jenis makanan memiliki nutrisi yang optimal. Ada pula jenis makanan yang rusak nutrisinya dan memang tidak memiliki nutrisi sama sekali. Dalam cara memasak makanan pun juga kita harus perhatikan, jangan sampai memasaknya terlalu lama sehingga vitamin dan mineral yang semula lengkap akan hilang begitu saja. Ada pun untuk makanan yang tidak begitu jelas kadar nutrisinya akan berdampak baruk bagi kesehatan kita. Awal dari terjadinya gangguan kesehatan dapat bermula dari nutrisi yang tidak kita dapat pada makanan yang dikonsumsi atau hilangnya nutrisi tersebut. dampak jangka panjang atau pun saat ini bisa kita rasakan akibat mengkonsumsi makanan yang tidak cukup akan nutrisi. Gangguan pencernaan, metabolisme tubuh terganggu, dehidrasi, jantung, liver, gagal ginjal, fungsi hati dan pankreas terganggu. Semua itu akibat dari nutrisi yang tidak terserap optimal dalam tubuh dan kurang memperhatikan kadar nutrisi pada makanan. Bagaimana pun juga kebutuhan nutrisi merupakan hal utama sebagai pola hidup sehat.

Daftar pustaka:
  1. Hidayat atep afia dan M.kholil, 2017, buku Kimia industri dan teknologi hijau, pantona media, Jakarta
  2. https://www.firdaus45.com/2015/03/apa-itu-nutrisi-dan-apa-fungsi-nutrisi_26.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.