.

Sabtu, 03 Februari 2018

Industri Tekstil di Indonesia

Industri Tekstil di Indonesia
Oleh Veri Ahmad Nurudin

                             Abstrak 
Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah, dari ujung Sabang sampai Merauke. Disamping letak geografisnya diantara garis katulistiwa dan memiliki iklim tropis. Perindustrian dan pengembangannya di berbagai sektor mendorong pola hidup masyarakat menjadi produktif dalam menghasilkan berbagai karya yang memiliki nilai jual tinggi.


    Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah, dari ujung Sabang sampai Merauke. Disamping letak geografisnya diantara garis katulistiwa dan memiliki iklim tropis. Perindustrian dan pengembangannya di berbagai sektor mendorong pola hidup masyarakat menjadi produktif dalam menghasilkan berbagai karya yang memiliki nilai jual tinggi. Sektor industri merupakan salah satu motor penggerak utama pertumbuhan perkenomonian negeri yang akan memberikan dampak besar pada tingkat kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Indonesia memiliki potensi yang cukup besar dalama mengembangkan industri tekstil baik skala kecil maupun besar. Pemerintah telah menetapkan tujuan untuk meningkatkan nilai ekspor tekstil dan garmen menjadi USD 75 miliar pada tahun 2030 dan memberikan kontribusi 5% terhadap ekspor global, meningkat dari bawah 2% saat ini.
   Berdasarkan  data dari Kementerian Perindustrian tahun 2017 lalu, pada semester 1 / 2017 laju pertumbuhan dari sektor padat karya berorientas eskpor mengalami peningkatan sebesar 1.92  dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya yang turun sebesar 0.13%.
    Sedangkan data berdasarkan pada United Nations Indsutrial Development Organization (UNIDO), saat ini Indonesia menduduki peringkat kesembilan di dunia untukl manufacturing value added , yang mana sejajar dengan Brazil dan Inggris, lebih tinggi dari Rusia, Australia, dan negara Asean lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa faktor industri di Indonesia menjadi salah satu pemasok pasar global dunia di bidang fashion beberapa tahun terakhir.


Daftar Pustaka
Sulistyo, Annisa. 2017. Kemeperin : Industri Tekstil Tumbuh Baik. Jakarta: Bisnis.com
Website BKPM. 2017. Peluang Investasi : Peluang Berdasarkan Sektor Industri. Jakarta: BKPM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.