.

Selasa, 26 September 2017

Poli-isoprena

@D24-Alvian - 
Oleh : Alvian Fuadi

Pengertian
Elastomer yaitu polimer yang elastis bentuknya dapat diregangkan, namun dapat kembali ke bentuk semula setelah gaya tariknya dihilangkan.
Elastisitas ini disebabkan oleh struktur elastomer yang terdiri dari rantai-rantai yang saling tumpang tindih dengan adanya ikatan silang (cross-link) yang akan menarik kembali rantai-rantai tersebut kembali ke susunan tumpang tindihnya. Contoh elastomer adalah karet alam (poliisoprena). Polimer adalah senyawa molekul besar berbentuk rantai atau jaringan yang tersusun dari gabungan ribuan hingga jutaan unit pembangun yang berulang. Plastik pembungkus, botol plastik, styrofoam, nilon, dan pipa paralon termasuk material yang disebut polimer.

Jenis-jenis polimer
Polimer berdasarkan sumbernya dapat dibagi 2 menjadi polimer alam dan polimer sintesis. Polimer alam merupakan polimer yang terdapat di alam, contohnya adalah karet alam. Sedangkan polimer sintesis merupakan polimer yang tidak terdapat di alam dan harus dibuat terlebih dahulu oleh manusia.
Disini saya ingin mengulas tentang karet alam (poli-isoprena). Pengertian dari karet adalah polimer hidrokarbon yang terkandung pada lateks beberapa jenis tumbuhan. Bahan karet ini berasal dari sebuah pohon yaitu Pohon karet. Pohon karet berasal dari lembah Amazon Brasilia dengan nama ilmiah Hevea brasiliensis. Pohon karet baru masuk ke Asia pada tahun 1876 M, setelah inggris menyeludupkan biji karet dari Brazilia untuk dikembangkan di Taman Botani Inggris dan negara-negara jajahannya termasuk Malaysia. Karet alam tersusun dari monomer-monomer isoprena atau 2 metil 1,3 betadiena.

Agar menjadi lebih keras dan stabil dilakukan vulkanisasi, yaitu karet alam dipanaskan pada suhu 150 °C, dengan sejumlah kecil belerang. Dengan cara ini ikatan rangkap pada karet terbuka kemudian terjadi ikatan jembatan belerang di antara rantai molekulnya. Bentuk yang dimurnikan dari karet alam adalah polyisoprene kimia, yang juga dapat diproduksi secara sintetis. Karet alam digunakan secara luas dalam berbagai aplikasi dan produk, seperti halnya karet sintetik. Karet alam merupakan polimer ideal untuk aplikasi teknik dinamis atau statis dalam penggunaan sehari-hari.

Ciri-ciri dan sifat karet alam
Karet alam memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
·         daya elastisitas yang baik
·         mudah pengolahannya
·         tidak mudah aus (tidak mudah habis karena gesekan)
·         tidak mudah panas
Sedangkan sifat-sifat karet alam adalah sebagai berikut :
·         Tahan terhadap suhu rendah   
·         Dapat menempel pada logam   
·         Memiliki ketahanan gesek dan robek yang tinggi   
·         Mudah diproses atau diproduksi   
·         Kekerasan dapat diatur dari yang sangat lembut sampai yang sangat keras (ebonit) 
·         Penampilan dan warna yang dapat diatur berkisar dari tembus pandang sampai hitam pekat 
·         Kemampuan untuk mengisolasi listrik atau bersifat konduktif
·         Menyerap atau meredam getaran dan suara

Kegunaan atau aplikasi dari karet alam
Karet alam tidak dapat dibandingkan dengan banyak karet sintetis untuk ketahanan terhadap panas atau sinar matahari, oksigen, ozon, pelarut dan minyak. Tetapi karet alam dapat dipergunakan dengan baik pada beberapa kegunaan atau aplikasi seperti berikut: 
·         Karet gasket dan karet seal 
·         Selang karet
·         Wheel chock
·         Karpet lantai karet 

Daftar pustaka :
                               - Rino Safrizal.2015.Mengenal berbagai jenis polimer. Dalam http://www.jejaringkimia.web.id/2010/03/polimer.html
                               - Nafiun.2013.Jenis-jenis polimer dan kegunaannya. Dalam http://www.nafiun.com/2013/10/jenis-jenis-polimer-dan-kegunaannya.html
                               - Hafan Rofiq Syahnur.2013.Polimer. Dalam http://teknikimiaku.blogspot.co.id/2013/04/polimer.html
                               - Zairifblog.2010.Pengertian polimer. Dalam http://zairifblog.blogspot.co.id/2010/02/pengertian-polimer1.html
                               - Risky Ridha.2011.Jenis-jenis karet dan manfaatnya. Dalam http://riskyridhaagriculture.blogspot.co.id/2011/12/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.