.

Selasa, 19 September 2017

Liquefied Natural Gas

@E12-Guntur, @ProyekA03
Disusun Oleh Guntur Wahyu Prasetiyo


·         Pengertian LNG

Singkatan LNG  berasal dari istilah bahasa inggris "Liquefied Natural Gas", dalam bahasaindonesia berarti Gas Alam Cair. LNG adalah gas alam yang telah diubah menjadi cairan. Hal ini dilakukan untuk menghemat ruang, karena 610 kaki kubik gas alam dapat diubah menjadi 1 kaki kubik LNG.  Mengkonversi gas alam menjadi LNG membuat kita lebih mudah untuk menyimpan dan lebih mudah untuk mengangkut disaat jaringan pipa tidak tersedia."proses pendinginan rerigeration proses & digunakan untuk mengkondensasi gas alam menjadiLNG dengan pendinginan sampai minus '60 derajat (Fahrenheit. "Proses pendinginan ini biasanya disertai dengan proses menghilangkan air, karbondioksida, hidrogen sulfida dan bahan)unsur pengotor lain.

·         Pemanfaatan LNG Sebagai Sumber Energi di Indonesia

Kebutuhan energi di Indonesia terutama penggunaan diesel/solar setiap tahun selalu meningkat, dikarenakan jumlah kilang di Indonesia tidak bertambah dan produksi minyak mentah akhir-akhir ini terjadi penurunan. Sehingga penambahan konsumsi tersebut dipenuhi dengan penambahan impor minyak solar/diesel, hal ini semakin memberatkan keuangan negara. Kondisi tersebut diatas harus segera dicarikan jalan keluarnya. Salah satu sumber energi alternatif pengganti solar adalah LNG. Dengan dipakainya LNG sebagai salah satu sumber energi diharapkan akan mengurangi impor solar/disel, sehingga menghemat devisa negara serta meningkatkan daya saing industri domestik. Indonesia merupakan produsen utama LNG dunia, hampir semua LNG yang diproduksi diekspor ke luar negeri utamanya ke Jepang, Korea dan China. LNG sampai saat ini belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat maupun industri domestic sebagai sumber energi, hal ini dikarenakan kurang adanya sosialisasi manfaat dari LNG. Untuk bisa memanfaatkan LNG sebagai bahan bakar pengganti solar maka perlu dibangun fasilitas dan infrastruktur yang baik meliputi moda transportasi, teknologi penyimpanan, maupun teknologi converter kit sehingga LNG bisa digunakan untuk menggantikan solar pada mesin disel yang ada.
Berdasarkan cost saving analysis, penggunaan dual fuel (Diesel dan LNG) pada mesin, yaitu memanfaatkan LNG pada mesin diesel dapat menghasilkan penghematan sebesar 20-25% bila dibandingkan dengan menggunakan single fuel saja dengan solar.

·         Perusahaan LNG di Indonesia
Salah satu perusahaan LNG di Indonesia adalah Badak LNG, yang berlokasi di Bontang, dan merupakan non-profit company yang dimiliki oleh pemerintah. Diskusi dilanjutkan dengan pembahasan bahwa saat ini tren LG di Indonesia semakin menurun, sebagian besar LNG diekspor ke luar negeri dan hanya sebagian kecil yang didistribusikan dalam negeri karena infrastruktur LNG dalam negeri belum memenuhi standar. Selain itu juga terdapat pembahsan mengenai standarisasi, akademi LNG, dan perkembangan LNG di Indonesia, serta isu terkini mengenai Badak, yaitu Badak LNG akan diambil alih oleh Pertamina. 
Di antara lain adalah, sebagai berikut :

·         Gas Alam sebagai Bahan Bakar untuk Kendaraan

·         Gas Alam sebagai Sumber Pembangkit Listrik

·         Gas Alam untuk Kesehatan Lingkungan

·         Gas Alam untuk Kontribusi Ekonomi Dunia

·         Gas Alam untuk Industri


                                                                                                               
Daftar pustaka :
Anonim.2017. Dalam https://manfaat.co.id/15-manfaat-gas-alam-untuk-manusia-dan-kehidupan  (Diakses tanggal 19 September 2017)
Syawal riski.2016. Pengertian LNG. Dalam http://lib.ft.ugm.ac.id/web/tentang-lng-di-indonesia-dan-pengalaman-bekerja-di-badak-lng/  (Diakses tanggal 19 September 2017)
Nurhadi Budi Santoso.https://journal.ugm.ac.id/jrekpros/article/view/5021 (Diakses tanggal 19 September 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.