.

Selasa, 19 September 2017

Energi yang berasal dari limbah

@E02-Elvi, @ProyekA03
Disusun Oleh Elvi Khairina

Energi Biomassa

 



Energi nonfosil sebagai negera agraris yang besar Indonesia menyimpan potensi luar biasa dari sector energi biomassa. Energi Biomassa dapat kita artikan sebagai energi yang berasal dari aktifitas mahkluk hidup, seperti tumbuhan maupun hewan. Dan yang lebih di tekankan di sini bahwa energi biomassa adalah energi yang dihasilkan dari limbah sisa atau hasil samping yang selama ini kurang digunakan baik dari pertanian seperti jerami dan sekam padi, perkebunan seperti sisa-sisa tandan kosong kelapa sawit, kehutanan seperti kayu atau serbuk sisa penggergajian ataupun peternakan seperti kotoran sapi maupun kerbau.Penekanan sumber biomassa berasal dari limbah / hasil samping dikarenakan jangan sampai dalam pemenuhan akan sumber energi berbenturan dengan pemenuhan sumber pangan bagi kehidupan manusia.

Penggunaan Energi Biomassa   
 

















1. Limbah Pertanian
Limbah pertanian seperti jerami, ampas tebu, kotoran ternak, dan juga kotoran unggas dapat digunakan sebagai bahan baku produksi energi biomassa. Limbah pertanian tersebut dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk menghasilkan panas dan listrik.
2. Biogas
Biogas ini diproduksi melalui pemecahan bahan organik seperti kotoran manusia, material tanaman, pupuk kandang, dan lain sebagainya. Bahan-bahan organik tersebut diuraikan melalui proses fermentasi dengan mendapat bantuan dari mikroorganisme anaerobik untuk menghasilkan karbondioksida dan metana. Gas yang dihasilkan dari proses tersebut dapat dijadikan bahan bakar seperti untuk menyalakan kompor, sebagai pemanas, dan juga pembangkit listrik.
3. Kayu
Kayu dianggap sebagai bentuk sederhana dari biomassa. Energi yang dilepaskan dari proses pembakaran kayu dapat digunakan untuk memasak, menghasilkan panas, listrik, dan lain-lain. Hanya saja pembakaran kayu disertai gas yang mengancam lapisan ozon sehingga penanaman pohon dapat menyeimbangkannya.
4. Tanaman Energi
Tanaman sumber energi yaitu jagung, kedelai, gandum, dan lain sebagainya. Tanaman tersebut dapat diproses untuk mengahasilkan biomassa. Produk yang dihasilkan dari proses tersebut yaitu butanol, etanol, methanol, propanol, serta biodiesel.

Keuntungan yang bisa didapatkan bagi kita semua, seperti berikut ini:
-          Meminimalisir penggunaan bahan bakar hidrokarbon  
-          Energi pengganti
-          Ramah lingkungan
Beberapa manfaat biomassa diantaranya sebagai berikut :
-          Sebagai sumber energi
            Biomassa yang dijadikan sumber energi atau bahan bakar umumnya adalah biomassa yang ekonomisnya rendah dan merupakan limbah setelah produk primernya diambil.
-          Limbah tanaman pangan dan perkebunan digunakan sebagai bahan bakar nabati
Sebagai devisa negara
            Di Indonesia, biomassa menjadi sumber energi yang sangat penting dengan berbagai produk primer sebagai kayu, serat, minyak dan bahan pangan. Selain digunakan sebagai pemenuh kebutuhan domestik, biomassa ini juga diekspor dan menjadi tulang punggung penghasil devisa negara.
-          Sebagai energi terbarukan
            Energi biomassa yang berasal dari bahan organik seperti tumbuhan dan hewan ini akan menjadi sebuah sumber energi yang terbarukan karena kita tahu bahwa tumbuhan akan tumbuh berulang-ulang di lahan tanpa mengeluarkan biaya yang signifikan, sementara hewan dapat dibudidayakan.
-          Meningkatkan kualitas air
-          Meminimalisir limbah organik
-          Dapat mengurangi efek rumah kaca
-          Mengurangi polusi udara yang semakin tinggi
-          Mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil
            Dengan manfaat biomassa dapat mengurangi ketergantungan penggunaan bahan bakar fosil yang tidak terbarukan seperti minyak bumi, batu bara dan gas bumi yang ketersediaannya semakin menipis.

Kesimpulan :
Sudah saatnya bagi bangsa Indonesia untuk segera memperdayakan penganekaragaman energi, terutama dari sektor energi non fosil terbarukan. Indonesia memiliki potensi yang besar akan energi nonfosil terbarukan, seperti panas bumi, tenaga air, angin, matahari dan biomassa. Dalam sektor energi, biomassa merujuk pada bahan biologis yang hidup atau baru mati yang dapat digunakan sebagai sumber bahan bakar. Biomassa bisa digunakan secara langsung maupun tidak langsung. Artinya, bahan biologis yang terdapat di alam ini bisa dimanfaatkan secara praktis untuk bahan bakar atau bisa juga diolah terlebih dulu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.





Daftar Pustaka :

Ana.C.2016. Mafaat Biomassa. Manfaat.co.id dalam https://manfaat.co.id/manfaat-biomassa (Diakses tanggal 18 September 2017)
Anonim, ___, Peranan Bio Energi. Benergi.com dalam http://benergi.com/peranan-bio-energi-sebagai-energi-alternatif-yang-terbarukan  (Diakses tanggal 18 September 2017)
Arhamsyah. Pemanfaatan Biomassa Kayu Sebagai Sumber Energi Terbarukan. Dalam http://ejournal .kemenperin.go.id//jrihh/article/view/914 (Diakses tanggal 18 September 2017)
 Robby Cahyanto.2015. Biomassa Limbah Organik, Sumber Energi Masa Depan. Dalam http://www.academia.edu/19528734/Biomassa_Limbah_Organik_Sumber_Energi_Masa_Depan (Diakses tanggal 18 September 2017)

Weriana, 2013. Konservasi Energi. Scribd dalam https://www.scribd.com/document/144921765/Makalah-Konsevasi-Energi (Diakses tanggal 18 September 2017)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.