.

Selasa, 19 September 2017

Energi baru terbarukan Hidrogen

                                  @D13-Mega, @proyekB03
                                      Oleh: Mega Puspitasari







Energi baru terbarukan adalah sumber energi yang dapat diperbarui kembali (bisa digunakan kembali). Hidrogen itu sendiri adalah unsur yang terbanyak dari semua unsur di alam semesta. Elemen-elemen yang berat pada awalnya dibentuk dari atom-atom hidrogen atau dari elemen-elemen yang mulanya terbuat dari atom-atom hidrogen. Hidrogen adalah unsur pertama dalam tabel periodik. Hidrogen merupakan atom yang paling sederhana yang terdiri dari satu proton dalam inti yang mengorbit oleh elektron tunggal. Pada suhu dan tekanan standar, hidrogen adalah gas yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Hidrogen memiliki sifat sangat mudah terbakar dan membakar dengan api tak terlihat. Hidrogen akan menyebabkan Luka bakar ketika terjadi kontak dengan oksigen.

Sumber Hidrogen
Hidrogen diperkirakan membentuk komposisi lebih dari 90% atom-atom di alam semesta (sama dengan tiga perempat massa alam semesta). Unsur ini ditemukan di bintang-bintang dan memainkan peranan yang penting dalam memberikan sumber energi jagat raya melalui reaksi proton-proton dan siklus karbon-nitrogen. Proses fusi atom-atom hidrogen menjadi helium di matahari menghasilkan jumlah energi yang sangat besar.
Hidrogen dapat dipersiapkan dengan berbagai cara:
1. Uap dari elemen karbon yang dipanaskan
2. Dekomposisi beberapa jenis hidrokarbon dengan energi kalor
3. Reaksi-reaksi natrium atau kalium hidroksida pada aluminium
4. Elektrolisis air
5. Pergeseran asam-asam oleh metal-metal tertentu

Senyawa Hidrogen
Walau hidrogen adalah benda gas, kita sangat jarang menemukannya di atmosfer bumi. Gas hidrogen yang sangat ringan, jika tidak terkombinasi dengan unsur lain, akan berbenturan dengan unsur lain dan terkeluarkan dari lapisan atmosfer. Di bumi hidrogen banyak ditemukan sebagai senyawa (air) di mana atom-atomnya bertaut dengan atom-atom oksigen. Atom-atom hidrogen juga dapat ditemukan di tetumbuhan, petroleum, arang, dan lain-lain. Sebagai unsur yang independen, konsentrasinya di atmosfer sangat kecil (1 ppm By volume). Sebagai gas yang paling ringan, hidrogen berkombinasi dengan elemen-elemen lain? kadang-kadang secara eksplosif ? untuk membentuk berbagai senyawa.

Bentuk Hidrogen
Dalam keadaan yang normal, gas hidrogen merupakan campuran antara dua molekul, yang dinamakan ortho- dan para- hidrogen, yang dibedakan berdasarkan spin elektron-elektron dan nukleus. Hidrogen normal pada suhu ruangan terdiri dari 25% parahidrogen dan 75% ortho-hidrogen. Bentuk ortho tidak dapat dipersiapkan dalam bentuk murni. Karena kedua bentuk tersebut berbeda dalam energi, sifat-sifat kebendaannya pun juga berbeda. Titik-titik lebur dan didih parahidrogen sekitar 0.1 derajat selsius lebih rendah dari hidrogen normal.

Isotop-isotop dalam Hidrogen
Dalam keadaan yang normal, gas hidrogen merupakan campuran antara dua molekul, yang dinamakan ortho- dan para- hidrogen, yang dibedakan berdasarkan spin elektron-elektron dan nukleus.
Hidrogen normal pada suhu ruangan terdiri dari 25% parahidrogen dan 75% ortho-hidrogen. Bentuk ortho tidak dapat dipersiapkan dalam bentuk murni. Karena kedua bentuk tersebut berbeda dalam energi, sifat-sifat kebendaannya pun juga berbeda. Titik-titik lebur dan didih parahidrogen sekitar 0.1 derajat Celcius lebih rendah dari hidrogen normal.

Kegunaan Hidrogen
Hidrogen banyak digunakan untuk mengikat nitrogen dengan unsur lain dalam proses Heber (memproduksi amonia) dan untuk proses hidrogenasi lemak dan minyak. Hidrogen juga digunakan dalam jumlah yang banyak dalam produksi methanol, dikalkulasi hidrogen (hydrodealkylation), katalis hydrocracking, dan sulfurisasi hidrogen. Kegunaan-kegunaan lainnya termasuk sebagai bahan bakar roket, memproduksi asam hidroklorida, mereduksi bijih-bijih besi dan sebagai gas pengisi balon.

Daftar pustaka

Sunarya Y. 2010. Kimia Dasar 1. CV.YRAMA WIDYA. Bandung
Supriyono. 2011. Tentang Hidrogen dalam http://plasmahydro.blogspot.co.id/2011/11/tentang-hidrogen.html?m=1
Lukman. 2009. Pembuatan Gas Hidrogen dalam http://anekailmu.blogspot.co.id/2009/04/pembuatan-gas-hidrogen-h2.html?m=1
Desmafianti Gita. 2013. Manfaat Hidrogen dalam http://gitadesmafianti.blogspot.co.id/2013/03/manfaat-hidrogen.html?m=1
Permata Desi. 2012. Hidrogen dalam http://desiper07.blogspot.co.id/2012/11/hidrogen.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.