.

Sabtu, 18 Februari 2017

OZON



Mind Map Mengenai Ozon

A. PENDAHULUAN
Lapisan ozon merupakan salah satu hal yang diperhatikan dalam Kebijakan Teknis yang merupakan salah satu dari perwujudan aplikasi Industri Hijau yang dilakukan di Indonesia ( Kemenprin, 2012 ).
Dimana dalam Kebijakan Teknis tersebut memberikan perhatian  terhadap lapisan ozon melalui kontrol penggunaan Bahan Perusak Ozon (BPO) secara bertahap. ( Peraturan Menteri Perindustrian NO 33 Tahun 2007, Larangan memproduksi bahan perusak lapisan ozon serta memproduksi yang menggunakan BPO )

B. PENGERTIAN
Ozon sendiri merupakan suatu gas yang terdapat di atmosfer secara alami, atau ada di atmosfer dengan sendirinya. Sehingga lapisan ozon diartikan sebagai lapisan yang mengandung banyak gas ozon. Ozon ini merupakan suatu gas yang mengandung unsur- unsur kimia. Unsur- unsur kimia yang terdapat dalam lapisan ozon ini terdiri dari tiga macam atom oksigen atau O₃. Karena memiliki kandungan O₃ dalam jumlah banyak inilah lapisan ini diberi nama sebagai lapisan ozon. Atom oksigen ini mempunyai warna biru dan juga berbau kuat.




C. PEMBENTUKAN DAN PENGHANCURAN OZON SECARA ALAMI
  1. Sinar ultra ungu dengan intensitas tinggi dari matahari memutuskan dua atom oksigen yang membentuk molekul oksigen menjadi dua atom oksigen. 
  2. Atom atom oksigen bebas bereaksi dengan molekul oksigen membentuk molekul ozon. 
  3. Molekul molekul ozon menyerap energi radiasi sinar ultra ungu yang menyebabkan ozon teruari menjadi molekul oksigen dan atom oksigen.


D. LETAK
Gas- gas ozon ini di atmosfer Bumi terdapat pada dua lapisan, yakni di lapisan troposfer dan juga di lapisan stratosfer. Di lapisan troposfer, gas- gas ozon ini hanya terdapat dalam prosentase kecil, yakni hanya 10%. Sedangkan 90% lainnya terdapat di lapisan stratosfer. Lapisan troposfer sendiri berada di sekitar 10 hingga 16 km dari permukaan Bumi, sementara lapisan stratosfer berada di sekitar 50 km dari puncak lapisan troposfer. Sehingga dapat kita bayangkan lapisan ozon ini berada jauh bebas di atas sana. Oleh karena keberadaannya di lapisan atmosfer Bumi, maka lapisan ozon ini mempunyai peranan yang sangat penting untuk menjaga Bumi dari hal- hal yang tidak diinginkan, termasuk dari radiasi sinar matahari.

E. MANFAAT
  1. Mengatur porsi sinar ultraviolet yang masuk ke permukaan Bumi
Sinar ultraviolet yang memiliki panjang gelombang 280 hingga 315 mm ini sebagian besar diserap oleh lapisan ozon, sehingga sinar ultraviolet yang sampai ke permukaan Bumi jumlahnya sangat sedikit. Karena porsinya yang hanya sedikit inilah sinar ultraviolet tidak terlelu membawa efek buruk yang signifikan bagi makhluk yang hidup di Bumi.
  1. Melindungi Bumi dari sinar ultraviolet
Selain mengatur jumlah atau porsi sinar ultraviolet yang sampai ke permukaan Bumi, lapisan ozon juga sedikit banyak membantu menghalang- halangi sinar matahari agar tidak sampai mengenai permukaan Bumi secara langsung. Apabila sinar ultraviolet mengenai permukaan Bumi secara langsung maka hal ini kan menjadi sesuatu yang sangat membahayakan, bukan hanya bagi kelangsungan hidup planet Bumi, namun juga bagi kehidupan makhluk hidup yang ada di dalamnya.
  1. Menyerap sinar ultraviolet
Masih serangkaian dengan fungsi lapisan ozon terhadap sinar ultraviolet, lapisan ozon ini juga menyerap sinar ultraviolet. Maka dari itulah di lingkungan atmosfer Bumi akan banyak kita dapat sinar ultraviolet yang diserap oleh lapisan ozon ini.
  1. Melindungi Bumi dari benda- benda langit yang jatuh
Fungsi lapisan ozon yang selanjutnya adalah melidungi Bumi dari jatuhnya benda- benda langit.  Kita semua mengetahui bahwasannya di luar angkasa banyak kita temui benda- benda langit, seperti komet, asteroid, dan lain sebagainya. Benda- benda langit tersebut bisa saja bergeser dari tempatnya atau bahkan jatuh. Jatuhnya benda langit ini disebut sebagai meteor. Meteor ini tidak bisa ditentukan arah jatuhnya, sehingga ada kemungkinan besar akan jatuh menuju ke Bumi.
Ketika jatuhnya meteor ini menuju ke permukaan Bumi, maka meteor tersebut akan melewati lapisan atmosfer Bumi (salah satunya adalah lapisan ozon). Ketika melewati lapisan atmosfer Bumi, maka meteor ini akan terbakar. Pembakaran yang dilakukan oleh lapisan atmosfer ini akan menimbulkan cahaya, sehingga kita akan melihatnya sebagai bintang jatuh. Pembakaran yang terjadi pada meteor itu akan menghanguskan meteor sehingga benda langit tersebut tidak langsung mengenai permukaan Bumi. Apabila meteor tersebut tidak hangus dan langsung menuju  ke permukaan Bumi, maka hal ini bisa menimbulkan Bahaya yang besar bagi Bumi dan isinya.
  1. Menjaga kestabilan suhu di Bumi, sehingga pemanasan global pun bisa berkurang
Salah satu permasalahan global yang dialami Bumi dan menjadi sorotan utama akhir- akhir ini adalah tentang pemanasan global. Pemanasan global bisa diartikan sebagai naiknya suhu udara rata- rata Bumi sehingga menyebabkan berbagai dampak yang buruk. Salah satu dampak buruk dari pemanasan global adalah mencairkan es yang ada di kutub sehingga permukaan laut meningkat. Salah satu fungsi yang dimiliki oleh lapisan ozon adalah menstabilkan suhu yang ada di Bumi, sehingga  tidak terasa begitu panas. Stabilnya suhu yang ada di Bumi ini juga bisa mengurangi pemanasan global, sehingga berbagai dampak buruk dari pemanasan global tidak akan terjadi.
Itulah beberapa fungsi atau manfaat dari lapisan ozon ini ketika berada di lapisan atmosfer Bumi. Ditekankan lagi bahwasannya ketika gas ozon ini berada di dekat permukaan Bumi, maka gas ozon ini akan berubah menjadi gas yang beracun dan bisa mengganggu paru- paru manusia yang menghidru gas tersebut.

F. BAHAN PERUSAK OZON
Bahan Perusak Lapisan Ozon (BPO) adalah senyawa-senyawa kimia yang dapat bereaksi dengan molekul ozon di lapisan stratosfer, sehingga menjadikan lapisan ozon semakin tipis bahkan rusak. Dalam masyarakat modern senyawa-senyawa kimia perusak lapisan ozon banyak digunakan oleh manusia mulai di rumah tangga hingga dunia industri. Semakin banyak penggunaan bahan kimia perusak ozon maka akan semakin memperparah kerusakan lapisan ozon

G. CONTOH BAHAN PERUSAK OZON
Adapun bahan-bahan perusak ozon dan penggunaannya antara lain :
  • Klorofluorokarbon (CFC) atau freon. Jenis CFC yang kerap digunakan adalah CFC-11 (trichloromonofluoromethane) dan CFC-12 (dichlorodifluoromethane). Bahan kimia ini banyak digunakan sebagai bahan pengembang dalam pembuatan busa dan panel insulasi, bahan pendingin dalam berbagai berbagai peralatan refrigerasi, serta bahan pendorong (propelan) dalam tabung spray, bahan pelarut dan pembersih. Barang-barang yang kerap menggunakannya adalah lemari es, Air Conditioner (AC), dan aerosol.
  • Hidroklorofluorokarbon (HCFC) atau freon, penggunaannya sama seperti CFC.
  • Halon. Jenisnya adalah bromo chlorodifluoro methane dan bromo triifuoro methane, digunakan sebagai bahan pemadam kebakaran.
  • Carbon Tetrachloride (CC14) atau karbon tetraklorida. Digunakan sebagai bahan pelarut, pembersih, bahan pemadam kebakaran, dan refrigerasi.
  • Methyl Chloroform (CH3CCI3). penggunaannya sama dengan karbon tetraklorida.
  • Methyl Bromida (CH3Br). Digunakan sebagai pestisida, bahan fumigasi dalam pergudangan dan dan karantina pertanian.
 H. PROSES PENIPISAN OZON
Proses penipisan ozon ini mulai diketahui ketika para ilmuwan menemukan bahwa CFC yang sangat mudah untuk diproduksi dapat memberikan ancaman terhadap lapisan ozon. Berikut ini merupakan proses terjadinya penipisan pada lapisan ozon.
  1. Ketika dilepaskan ke atmosfer, CFC sebagai zat yang mengandung klorin akan dipecahkan oleh sinar matahari
  2. Sinar matahari tersebut akan menyebabkan klorin menjadi menimbulkan reasksi
  3. Reaksi yang ditimbulkan adalah menghancurkan molekul- molekul ozon. Setiap satu molekul dari CFC mampu menghancurkan 100.000 molekul ozon.
  4. Hal ini secara otomatis akan menjadikan lapisan ozon semakin hari semakin menipis.
Itulah proses terjadinya penipisan lapisan ozon yang disebabkan oleh gas- gas tersebut. Gas- gas yang menyebabkan tipisnya lapisan ozon ini disebut sebagai gas- gas rumah kaca

I. DAMPAK PENIPISAN OZON


  1. Menyebabkan kanker kulit pada manusia
  1. Menyebabkan penyakit katarak pada manusia
  1. Melemahkan sistem imunitas pada badan
  1. Memusnahkan hasil pertanian
  1. Memusnahkan kehidupan laut
  1. Menyebabkan pemanasan global
  1. Mencairnya es di kutub- kutub Bumi
  1. Naiknya permukaan air laut

J. UPAYA PENCEGAHAN

  1. Mengurangi intensitas penggunaan kendaraan pribadi baik maobil maupun motor. Emisi yang dikeluarkan mobil serta asap kendaraan lain akan mebahayakan keberadaan lapisan ozon di Bumi. Maka dari itulah kurangi intessitas penggunaan kendaraan pribadi dan mulailah memanfaatkan transportasi umum yang ada atau menggunakan sepeda dan berjalan kaki.
  2. Mengganti mobil dengan mobil hybrid atau mesin mol emisi. Jika tetap nyaman menggunakan kendaraan pribadi, maka gantilah modin Anda dengan mobil hybrid atau mesin nol emisi. Hal ini akan membuat Anda tetap bisa memiliki fasilitas transportasi pribadi namun tetap menyumbang aksi peduli lapisan ozon.
  3. Penggunaan pembersih rumah tangga yang bersahabat. Pilihlan pembersih rumah tangga yang ramah lingkungan dan terbuat dari bahan alami. Hindari penggunaan pembersih yang terbuat dari bahan kimia karena bisa membahayakan lapisan ozon.
  4. Menghindari penggunaan pestisida. Meskipun pestisida sangat membantu dalam bidang pertanian, namun pestisida ini sangat mampu berkontribusi dalam merusak lapisan ozon. Maka dari itulah gantilah pestisida berbahan kimia Anda dengan pembasmi hama yang terbuat dari bahan- bahan alami.
  5. Mengurangi penggunaan AC dan hair dyer. Kedua alat tersebut merupakan alat m=penyumbang gas CFC dalam jumlah banyak. Hal ini tentu sangat membahayakan. Maka dari itulah sebaiknya kita mengurangi penggunaan kedua alat tersebut.
  6. Berhenti menggunakan nitrous oxide. Bukan hanya CFC saja gas yang menyumbang rusaknya lapisan ozon, namun juga nitrous oxide. Maka dari itulah penggunaan gas ini sangatlah dilarang.
  7. Membuat aturan yang ketat tentang peluncuran roket. Meluncurkan roket merupakan salah satu aktivitas yang dapatmerusak lapisan ozon. Maka dari itulah dunia perlu membuat aturan ketat tentang ini.
 
 

Sumber :
Hidayat, Atep. Modul 12 ( Industri Hijau )
http://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/meteorologi/lapisan-ozon 
http://www.slideshare.net/pengelola/global-warming-dan-lapisan-ozon 
https://alamendah.org/2014/09/13/bahan-perusak-ozon-bpo-dan-penggunaannya/ 
http://ewahberita.blogspot.co.id/2013/05/kerusakan-lapisan-ozon-semakin-besar.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.