.

Selasa, 21 Februari 2017

MOBIL HYDROGEN TOYOTA


Teknologi tepat guna mobil hydrogen

Penggunaan bahan bakar fosil semakin lama semakin meresahankan, bukan Karena harganya yang semakin lama semakin melambung naik ataupun Karena semakin habisnya cadangan minyak di bumi, namun Karena emisi yang dihasilkan dari penggunaan bahan bakar fosil tersebut yang dapat merusak lingkungan, emisi yang dihasilkan oleh penggunaan bahan bakar fosil tesebut semakin lama semakin banyak dan menumpuk  bercampur dengan udara yang kita hirup saat ini, kondisi lingkungan  yang kian memprihatinkan juga semakin memperparah kondisi lingkungan kita yang sudah tercemari oleh emisi yang dihasilkan oleh  efek dari pengunaan bahan bakar fosil tersebut , oleh karenannya kita sebagai manusia, mahluk  yang paling bertanggung jawab atas kondisi lingkungan yang semakin buruk ini, harus semakin  sadar  akan pentingnya  penggunaan bahan bakar alternative yang dapat mengurangi efek dari  pencemaran udara tersebut yang akan semakin memperburuk kedaan lingkungan kita ini.

dengan berkembangannya teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin maju beberapa tahun belakangan ini, telah di temukan berbagai teknologi tepat guna yang sangat berguna dan bermanfaat yang dapat kita gunakan sebagai alternative lain pengganti  bahan bakar fosil, alternative tersebut  adalah hydrogen, hydrogen ini dapat digunakan sebagai pengganti bensin atau solar yang biasa kita gunakan untuk menjalankan kendaraan yang berbahan bakar fosil.


Penggunaan hydrogen sebagai bahan bakar alternative pada kendaraan bermotor tidak menggunakan prinsip yang sama dengan proses pembakaran pada motor bensin/diesel, akan tetapi hydrogen  tersebut diubah menjadi energi listrik yang nantinya akan digunakan untuk menggerakan motor listrik, motor listrik inilah yang nantinya akan digunakan sebagai penggerak untuk menjalankan  kendaraan bermotor.


Kenapa  hydrogen dipilih untuk dijadikan sebagai bahan bakar alternative pengganti  bahan bakar fosil, Karena hydrogen benar-benar bersih dan menghasilkan zero emisi, kenapa bisa zero emisi, Karena hasil dari pengunaan hydrogen tersebut hanya berupa tetesan-tetesan  air yang dapat langsung dibuang ke alam sekitar tanpa perlu takut mencemari lingkungan, karena tidak ada emisi karbon yang di keluarkan oleh mobil tersebut, sehingga mobil tersebut benar-benar bersih dana man untuk lingkungan, maka pantaslah kalau teknologi mobil hydrogen ini kita sebut sebagai teknologi tepat guna yang sangat bermanfaat untuk manusia namun tidak merugikan/merusak alam/lingkungan sekitar kita.

Cara kerja mobil hydrogen



MIND MAP CARA KERJA MOBIL HYDROGEN


  • Hydrogen yang telah disimpan di dalam tangki peyimpanan dialirkan kedalam fuel cell
  • di dalm fuel cell inilah terjadinya perubahan reaksi kimiawi terjadi, dari hydrogen dihasilkan energi listrik dan air. Berikut ini yang terjadi di dalam fuel cell :

  1. Hidrogen dipasok ke anoda (negatif) sisi sel bahan bakar.
  2. Molekul Hidrogen diaktifkan oleh katalis anoda rilis elektron.
  3. Elektron berjalan dari anoda ke katoda (positif) sisi sel bahan bakar, sampai menciptakan arus listrik.
  4. Molekul hidrogen yang dilepaskan elektron menjadi ion hidrogen dan bergerak melalui membran polimer elektrolit ke sisi katoda.
  5. Hidrogen ion dengan lingkungan oksigen dan elektron pada katoda katalis untuk membentuk air.

  •  Listrik yang dihasilkan oleh sel bahan bakar diarahkan ke motor listrik untuk memberikan dorongan pada kendaraan.
  • Diregenerasi energi disimpan dalam baterai sekunder yang melengkapi daya dari sel bahan bakar.

Toyota adalah perusahaan pertama di dunia yang telah berhasil menciptakan dan memproduksi mobil hydrogen pertama di dunia sekaligus memproduksinya secara masal. Toyota mirai adalah merk mobil hydrogen pertama di dunia dan mungkin untuk saat ini mejadi satu-satunya mobil hydrogen yang sudah di jual dan di pasarkan secara luas.


Referensi :








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.