.

Sabtu, 04 Februari 2017

lapisan ozon


Lapisan ozon mulai dikenal oleh seorang ilmuwan dari Jerman, Christian Friedrich Schonbein pada tahun 1839, Ozon merupakan gas yang secara alami terdapat didalm atmosfer, Ozon adalah hasil reaksi antara oksigen dengan sinar ultraviolet dari matahari. Ozon di udara berfungsi menahan radiasi sinar ultraviolet dari matahari pada tingkat yang aman untuk kesehatan kita semua, Ozon ditemukan terutama di lapisan atmosfer bagian bawah. Kira – kira 10% ozon atmospheric terdapat di Troposfir, suatu lapisan Tamosfir yang paling dekat dengan bumi (mulai dari permukaan bumi hingga 10-16 Km).

Lapisan ozon melindungi bumi dari paparan sinar Ultra Violet B (UV-B) yang sangat berbahaya bagi makhluk hidup di muka bumi, sebagian besar paparan dari UV-B tersebut diserap oleh lapisan ozon yang ada di atmosfir, Paparan UV-B terhadap manusia dapat mengakibatkan penyakit kanker kulit, katarak dan mengurangi system kekebalan tubuh.

Kerusakan lapisan ozon adalah istilah yang sering digunakan untuk mendeskripsikan berkurangnya atau hilangnya lapisan ozon yang terdapat pada lapisan atmosfir.

PROSES KERUSAKAN LAPISAN OZON

- Sinar uv memasuki lapisann ozon
- Energi uv memecah lapisan klorin
Klorin radikal memecah molekul ozon membentuk klorin monoksida dan dua atom oksigen
- Oksigen terlepas ke atmosfir
- Atom oksigen di atmosfir memecah molekul klorin monoksida menghasilkan oksigen dan klorin radikal bebas
-  Dan semua reaksi tersebut terus menrus berulang





PENYEBAB KERUSAKAN LAPISAN OZON

1. Klorofluorokarbon ( CFC )

CFC adalah klorofluorokarbon, yaitu senyawa-senyawa yang mengandung atom karbon dengan klorin dan fluorin terikat padanya, senyawa CFC ini dihasilkan dari lemari pendingin (kulkas), pendingin ruangan (AC) dan juga sebagai bahan tambahan  yang di gunakan sebagai gas pendorong dalam aerosol.


2. karbon monoksida
karbon monoksdia ini dihasilkan oleh asap kendaraan bermotor, hasil pembakarann yang tidak sempurna dari kendaraan bermotor menyebabkan volume gas karbon monoksida di bumi semakin meningkat, produksi karbon monoksida yang berlebih tersebut berdampak buruk terhadap lapian ozon.
3. Penggudulan hutan


Salah satu fungsi utama dari tumbuhan adalah sebagai penghasil oksigen, proses penghasilan oksigen tersebut  dilakukan oleh tumbuhan dengan cara fotosintesis , Penebangan hutan yang berlebihan menyebabkan gas karbon yang dapat  merusak lapisan ozon  tidak dapat lagi di rubah dan diserap oleh tumbuhan sebagai bahan fotosintesis ,sehingga menyebabkan kondisi lapisan  ozon yang semakin memburuk Karena menumpuknya gas karbon yang mencemari udara

Dampak kerusakan lapisan ozon

  1. Efek rusaknya lapisan ozon menyebabkan radiasi ultra violet meningkat melebihi kapasitas aman, kontak langsung secara berlebihan terhadap  manusia  dapat menyebabkan kangker kulit, katarak, pemanasar global, dan  merusak tanaman pangan tertentu
  2. pencairan gunung es di kutub
    Berdasarkan laporan dari NASA bahwa lubang ozon di Antartika telah mencapai 29 juta Km²,
    Karena aadaanya lubang ozon yang bocor tersebut menyebakan gunung-gunung es di antartika mulai mencair, dan sedikit demi sedikit menyebabkan volume air laut meningkat





Reference









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.