.

Sabtu, 21 Januari 2017

ILMU KIMIA atau ILMU ALAM




Ilmu kimia :
Pengertian Ilmu Kimia --Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang peristiwa atau fenomena yang terjadi dialam, lebih spesifiknya lagi mempelajari tentang materi dan perubahan yang menyertainya.
Ilmu kimia merupakan ilmu yang mempelajari tentang komposisi, struktur, sifat dan perubahan dari suatu zat. Ilmu ini akan erat kaitannya dengan permasalahan-permasalahan sifat suatu unsur dan atom, bagaiaman pembentukan suatu senyawa, bagaimana atom berikatan satu sama lainnya, apa kegunaan dari suatu material, bagaimana reaksi yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan manusia.

Cabang-Cabang Kimia
1. Kimia Fisika
Kimia fisika merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari struktur, sifat, dan perubahan kimia suatu zat serta perubahan energi yang menyertai perubahan kimia tersebut.
2. Kimia Anorganik
Kimia anorganik amerupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari unsur-unsur pembentuk senyawa, sifat unsur, dan senyawanya, penggunaan dan pembuatannya.
3. Kimia Organik
Kimia organik merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari struktur dan pembentukan senyawa karbon, termasuk reaksi yang terlibat, mekanisme reaksi, dan ikatan serta kekuatan ikatan antar atom dalam senyawa karbon tersebut.
4. Kimia Lingkungan
Kimia lingkungan amerupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang interaksi yang melibatkan zat dan reaksi kimia di alam, serta polusi di alam.

5. Kimia Analitik
Kimia analitik merupakan cabang ilmu kimia yang mengkaji tentang analisis zat atau senyawa, baik secara kualitatif maupun kuantitatif, meliputi sampling, penyiapan sample siap ukur, pengukuran, pemisahan, peralatan untuk keperluan pengukuran dan sebagainya.
    
6. Biokimia
Biokimia merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari zat kimia serta reaksi kimia yang menyertai proses-proses biologi seperti proses metabolisme dalam tubuh, (reaksi enzimatik, penguraian atau hidrolisis protein, karbohidrat dan lemak).
    
7. Kimia Makanan
Kimia makanan merupakan cabang ilmu kimia yang fokus pada kajian mengenai komposisi kimia, reaksi kimia, dan proses kimia dalam makanan. Makanan yang dimaksud meliputi makro nutrisi, mikro nutrisi, dan zat aditif dalam makanan.
Itulah ulasan tentang Pengertian dan Cabang-Cabang Kimia, semoga bermanfaat bagi pembaca, sekian dan terimakasih.
     1. pada industri pengecoran logam
     2. pada industri pupuk petrokimia
     3. pada industri farmasi atau obat-obatan.


Daftar pustaka :

http://akukimia.blogspot.co.id/2012/01/pengertian-ilmu-kimia.html?m=1
http://www.seputarilmu.com/2015/12/pengertian-dan-cabang-cabang-kimia.html?m=1
http://www.mystupidtheory.com/2014/11/pengertian-ilmu-kimia-dan-bidang-bidang.html?m=1
http://anangsafii.blogspot.co.id/2015/03/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html?m=1
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Industri_kimia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.