.

Rabu, 14 Desember 2016

Solusi Pencemaran Udara


Jaman globalisasi, banyak pencemaran udara dimana mana bahkan disekitar kita. Maka dari itu kita harus menjaga lingkungan dan juga udara kita agar kita tetap bisa menghirup udara segar  dengan tenang. Jika kita tidak melindungi udara kita maka banyak penyakit yang akan timbul ditubuh kita seperti batuk batuk. Pencemaran udara yang makin meningkat tak jauh dari ulah manusia tentunya. Kemajuan industri yang menggunakan bahan bakar akan menghasilkan buangan yang dapat mencemari udara. Sebagai manusia yang dikirim Tuhan sebagai pemimpin bumi tentunya kita harus bijak dan mengatasi permasalahan – permasalahan yang timbul apalagi akibat ulah mausia sendiri.  Maka dari itu kita harus mencari solusi untuk pencemaran udara ini.


Cara Mengatasi Pencemaran Udara
1.      Mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan
2.      Menghemat energi yang digunakan
3.      Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal
4.      Tidak menebang hutan dan melakukan penebangan hutan secara liar
5.      Melakukan penanaman pohon dan memeliharanya dengan baik
6.      Gunakan kendaraan yang ramah lingkungan
7.      Mengurangi penggunaan insektisida secara berlebihan karena dapat mencemari tanah
8.      Membangun cerobong asap yang cuup tinggi sehingga asap dapat menembus lapisan inversi thermal agar tidak menambah polutan yang tertangkap di atas suatu pemukiman

Selain itu dapat juga :

 1. Reboisasi


Reboisasi atau penanaman pohon kembali setelah digunakan wajib digalakkan. Pohon (tumbuhan) mampu mengurangi emisi senyawa karbon di udara. Tumbuhan membutuhkan karbondioksida sebagai bahan pembentukan glukosa, zat makanan yang amat penting dalam rantai makanan di bumi dan menghasilkan oksigen (senyawa penting untuk pernapasan). Ilegal logging yang terjadi serta pembalakan hutan atau konversi hutan menjadi lahan non produkrif tentu akan meningkatkan polusi udara karena emisi karbon tidak diolah oleh tumbuhan. Oleh karena itu, jika ingin udara kembali bersih maka tanamlah pohon dengan demikian udara di sekitar akan terasa sejuk (udara bersih).

2. Pengurangan Penggunaan CFC

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan dampak CFC yang dapat menipiskan lapisan ozon. Pengurangan CFC melalui pengurangan penggunaan pendingin tentu menjadi pilihan bijak agar generasi selanjutnya dapat tetap menikmati udara yang sehat. Demi anak cucu kita, kita bertanggung jawab atas kelangsungan hidup mereka

3. Menggunakan Transportasi Umum

Emisi karbon meningkat sebanding dengan meningkatnya kendaraan. Pasar industri otomotif menunjukkan kurva yang terus naik. Ini artinya penggunaan bahan bakar semakin meningkat, hasil pembakaran bahan bakar ini menghasilkan senyawa karbon (karbondioksida, karbomonoksida) atau bahkan logam- logam seperti timbal (asap hitam) yang sangat berbahaya. Penggunaan kendaraan umum tentu akan mengurangi hal – hal tersebut. Dengan demikian udara akan lebih sedikit baik.

4. Menggunakan Bahan Bakar yang Ramah Lingkungan

Oke, jika pada poin nomor tiga sulit dilakukan, maka gunakanlah bahan bakar yang ramah lingkungan seperti bioetanol sebagai bahan bakar kendaraan atau mesin industri. Perlu perhatian dari pemerintah memang untuk masalah bioetanol ini, krena memang produknya dipasaran dapat dikatakan belum ada. Penggunanan bahan bakar jenis pertamax menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna dan lebih ramah lingkungan bagi udara dibanding premium.

Penggunaan tenaga surya untuk suatu industri merupakan salah satu pilihan yang bijak bagi industri untuk energi yang terbarukan, serta ramah lingkungan. Sudah lama memang diketahui bahwa tenaga surya dapat menghasilkan energi yang dapat digunakan untuk menghidupkan mesin- mesin industri. Namun memang masih kurang mendapat perhatian, mungkin dengan diterbitkan suatu peraturan yang mengikat akan sedikit memaksa para pelaku industri untuk menggunakan alternatif ini. (ini penting untuk kehidupan kita, dan anak cucu kita tetap sehat).

 5. Memanfaatkan Biogas Sebagai Bahan Bakar

Beberapa organisme dapat mengasilkan metana yang dapat mecemari udara kita. Dan penelitian menunjukkan bahwa gas metana dapat dijadikan sebagai bahan bakar gas, oleh karena itu metana dikenal dengan biogas. Gas metana terdapat pada kotoran hewan ternak seperti sapi. Dari kotoran ini dapat diolah sebagai bahan bakar yang digunakan untuk memasak. Tentu ini pilihan yang sangat bijak, mengingat harga gas terus merangkak naik seiring dengann kenaikan harga barang pokok, dengan menggunakan biogas selain megurangi pencemaran tentu akan mengurangi anggaran belanja rumah tangga. Sehingga perlu sedikit perhatian pemerintah untuk mengamati peluang ini.

Sekian pemaparan tentang cara penanggulangan polusi udara. Semoga menambah wawasan dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari- hari. Dengan menjaga kualitas udara maka kita akan menjaga kualitas kehidupan. Udara sehat untuk hidup sehat dan hidup anak cucu kita tetap sehat.

Penyebab Utama Pencemaran Udara

Di kota besar sangat sulit untuk mendapat udara yang segar, diperkirakan 70 % pencemaran yang terjadi adalah akibat adanya kendaraan bermotor.
Contoh : di Jakarta antara tahun 1993-1997 terjadi peningkatan jumlah kendaraan berupa :
·         Sepeda motor 207 %
·         Mobil penumpang 177 %
·         Mobil barang 176 %
·         Bus 138 %

Pencegahan dan Penanggulangan

Menimbang pada penyebab pencemaran udara dan dampak yang ditimbulkannya, kita sebagai khalifah di muka bumi tentu perlu untuk melakukan tindakan pencegahan dan penanggulangan pencemaran udara yang terjadi agar keberlangsungan kehidupan dimuka bumi ini dapat tetap terjaga. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah dampak pencemaran udara tersebut misalnya 

  • Dengan membuat jalur hijau berupa penanaman pohon-pohon di kota-kota besar  agar CO2 sebagai salah satu bahan pencemaran udara dapat terserap kembali melalui daur oksigen dan fotosintesis.
  • Mengurangi penggunaan minyak bumi dan bahan bakar fosil pada industri, pembangkit listrik, dan rumah tangga untuk mengurangi jumlah limbah udara yang terlepas ke atmosfer.
  • Memanfaatkan energi alternatif yang ramah lingkungan, seperti biogas, energi surya, atau energi panas bumi.
  • Melakukan pengawasan lebih ketat di wilayah hutan yang rawan terbakar.
  • Melarang warga membakar hutan saat melakukan land clearing lahan pertanian.
  • Tidak melakukan percobaan nuklir secara masif untuk mengurangi pencemaran radioaktif.

Berbagai Cara Untuk Mencegah Pencemaran Udara
Tanggung jawab kita untuk mencari solusi. Mengingat efek yang berbahaya dari polusi udara, sudah saatnya bahwa setiap orang memberikan kontribusi untuk mencegah pelepasan polutan ke udara. Ada cara-cara tertentu yang dapat diikuti untuk mengurangi emisi polutan udara di atmosfer:

·         Menerapkan aturan dalam memiliki jumlah kendaraan. Dengan demikian dapat mencegah polusi udara dengan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Dengan cara ini, maka akan membantu dalam pemanfaatan berkelanjutan dari bahan bakar fosil dan konservasi untuk generasi mendatang.

·         Servis kendaraan tepat waktu membantu untuk tetap menjaganya dalam kondisi yang baik, dan juga meminimalkan pembuangan bahan bakar. Mengemudikan kendaraan dengan kecepatan rata-rata adalah aturan praktis untuk menghemat bahan bakar.

·         Bila memungkinkan, cobalah untuk bepergian dengan angkutan umum. Hal ini membantu dalam dua cara, mencegah polusi udara dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Jika anda akan pergi ke tempat yang dekat, pergilah dengan berjalan atau menggunakan sepeda daripada menggunakan kendaraan. Tujuannya adalah untuk meminimalkan penggunaan bahan bakar sejauh mungkin.

·         Cara lain yang efektif dalam mencegah polusi udara adalah dengan menggunakan sumber energi alternatif seperti energi surya, energi listrik tenaga air, dan energi angin. Saat ini, teknologi canggih seperti turbin angin dan pemanas air matahari diperkenalkan untuk menghasilkan listrik dan bentuk energi lainnya untuk keperluan rumah tangga.

·         Penghematan energi tentu saja membantu mencegah polusi udara. Mematikan lampu, kipas angin, AC, televisi, dan peralatan lainnya bila tidak digunakan. Anda juga dapat berbagi kamar dengan orang lain ketika AC atau kipas angin sedang menyala.

·         Selalu mencoba untuk meminimalkan emisi asap, karena banyak memberikan kontribusi terhadap polusi udara. Salah satu cara adalah dengan membuat kompos dari daun kering dan sampah organik, bukannya membakarnya. Pengomposan juga akan memberikan pupuk organik untuk taman anda.

·         Daur ulang adalah pendekatan yang sederhana untuk mengurangi polusi dalam dua cara, menghemat energi yang diperlukan untuk membuang dan meminimalkan polutan yang dilepaskan dalam proses industri. Daftar bahan daur ulang termasuk botol plastik, kaleng aluminium, kertas, karton, dan botol kaca.

·         Jangan lupa untuk membawa tas dan meminimalkan menggunakan kantong plastik. Sementara itu belilah produk yang ramah lingkungan dan mudah didaur ulang, yang akan meminimalkan emisi polutan. Dan terakhir, membeli baterai isi ulang untuk perangkat yang sering digunakan.

Itulah berbagai macam upaya atau solusi yang dapat kita lakukan untuk dapat mengatasi adanya polusi udara. Upaya tersebut dapat kita lakukan secara individual ataupun kolektif. Namun jika dilakukan bersama- sama tentu akan lebih baik.


Daftar Pusaka :
Anonim. 2015. 5 Cara mengatasi Pencemaran Udara. http://www.kelasipa.com/2015/04/5-cara-mengatasi-pencemaran-udara.html (diakses 13 Desember 2016)
Anonim. 2014. Pencemaran Udara. http://www.ebiologi.com/2015/07/pencemaran-udara-pengertian-penyebab.html (diakses 13 Desember 2016)

Anonim. 2016. Polusi Udara. https://www.wedaran.com/12188/penyebab-dampak-polusi-udara-dan-cara-mencegah/ (diakses 13 Desember 2016)

23 komentar:

  1. @A02-RAHMAT
    POIN : 3

    Mind map baik dan artikel keren

    Bagaimana cara utk mengurangi emisi gas kendaraan?

    BalasHapus
  2. @A01-RIKA
    Point 3
    Bagus kok.
    Pertanyaannya
    Apa solusi yang paling pas untuk menghentikan pemcemaran udara?

    BalasHapus
  3. @A37-ANDIKA
    POINT : 3
    Isinya menarik

    Apakah bahan bakar solar dapat menyebabkan pencemaran udara ?

    BalasHapus
  4. @A21-SYAFIQ

    POINT 3

    Mindmapnya sudah lengkap

    Bagaimana cara mengurangi penggunaan cfc ?

    BalasHapus
  5. @A38-Farida
    Poin 3
    Artikelnya sangat menarik.
    Apakah dengan menggunakan transportasi umum dapat mencegah pencemaran udara? Seperti yang kita tahu transportasi umum pembuangan asapnya tidak bagus ada yang sampai hitam pekat

    BalasHapus
  6. @A28-ZAKI

    POIN 3

    artikel dan mindmap bagus

    Apa dampak asap pembakaran terhadap pencemaran udara ?? Dan apa solusinya ??

    BalasHapus
  7. @A24 - TANIA

    POIN 3

    Artikel sudah baik dan bermanfaat

    bagaimana cara mengurangi penggunaan cfc?

    BalasHapus
  8. @A05-RAMADHON
    POIN3

    Mindmap dan artitelnya bagus dan lengkap

    BalasHapus
  9. @A42-emy , point 3

    dampak penggunaan mobil apa ?

    BalasHapus
  10. @A25-PUTRI

    POIN 3

    Artikel nya menarik

    Bagaimana cara mengatasi penggunaan kendaraan bermotor yang berlebihan?

    BalasHapus
  11. @A19-Hariadi

    Poin 3

    Tulisanya bagus

    Apakah anda sudah ikut berpartisipasi dalam solusi pencemaran udara?

    BalasHapus
  12. @A12-ZARICA
    Poin 3
    Baguuuss artikel nya
    Selain dari kotoran adakah bahan lain yg bisa dijadikan biogas??

    BalasHapus
  13. @A09-RIZKY

    poin 3

    Baik dalam membuat mindmap dan artikelnya.

    Kenapa pemerintah tidak menghentikan pemakaian bahan bakar fosil? Sedangkan masih banyak teknologi yang tidak memberikan dampak buruk bagi lingkungan.

    BalasHapus
  14. @A16-SITI
    POIN 3

    artikelnya menarik


    apa yang dimaksud CFC? jelaskan.

    BalasHapus
  15. @A07-RONA

    Poin 3

    Mind mapnya bagus mudah untuk dipahami

    Bagaimana cara pencegahan dengan memanfaatkan biogas?

    BalasHapus
  16. Point 3
    Sangat menarik
    Usaha apa saja yg sudah anda lakukan dalam solusi pencemaean ini?

    BalasHapus
  17. @A32-Varatri

    poin 3

    artikelnya bagus.. apkah ada lagi solusi selain solusi yg tertera pd artikel?

    BalasHapus
  18. @A17-DHICO
    Poin 3
    Artikelnya bagus
    Selain dari pendingin ruangan, dari manakah CFC berasal? Dan bagaimana dampaknya terhadap manusia?

    BalasHapus
  19. @A39-JOSEPHINE
    POIN 3
    Mindmap dan materinya sudah bagus dan bermanfaat

    Apakah CFC dapat diatasi agar tidak mencemari udara? jelaskan!

    BalasHapus
  20. @A27-RINALDI

    POIN 3

    Artikel sangat bagus mindmap sangat jelas

    Bagaimana cara mengurangi penggunaan bahan bakar yang tidak ramah lingkungan?

    BalasHapus
  21. @A29-Fauzi

    Point 3

    Jelaskan kenapa pencemaran udara bisa terjadi
    Artikelnya kalu bisa dipersingkat lagi

    BalasHapus
  22. @A13-RIFKA
    POINT 3
    Komentar: good nyong
    Pertanyaan: cfc itu makanan? Haha #abaikan

    BalasHapus
  23. @A06-ANUGGRAH
    Poin 3
    Bagus
    Contoh energi yang ramah lingkuungan?

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.