.

Sabtu, 06 Agustus 2016

PENCEMARAN TANAH



Oleh : Stefanie Sulianti


Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan mengubah lingkungan tanah alami yang dapat merusak struktur dan menurunkan kualitas tanah juga merusak organisme sekitarnya. Pencemaran tanah dapat terjadi akibat terjadinya pencemaran air dan udara. Hal ini karena air dan udara adalah bagian dari tanah. Masuknya polutan ke dalam tanah dapat salah satunya dibawa oleh kedua komponen tersebut. Tanah merupakan komponen yang penting bagi makhluk hidup. Selain untuk menopang organisme, tanah merupakan habitat dari semua organisme darat. Kualitas tanah sangat mempengaruhi organisme di dalamnya.


Beberapa factor yang menyebabkan pencemaran tanah dapat meliputi dari factor aktivitas manusia dan factor alami yang secara alamiah terjadi di alam. Penyebab pencemaran tanah yang menyebabkan berbagai dampak negative terhadap lingkungan yakni factor yang datang dari aktivitas manusia. Kegiatan manusia yang dapat menjadi penyebab pencemaran tanah antara lain :
·       Pembuangan benda-benda yang sulit terdekomposisi seperti sampah plastik, pecahan kaca, logam, dan karet ke tanah
·       Penggunaan pestisida dalam kegiatan pertanian yang meninggalkan residu melalui peresapan ke tanah
·       Sisa sabun dan deterjen yang dibuang ke tanah.
·       Pengikisan humus oleh air
·       Penimbunan senyawa asam akibat peristiwa hujan asam sehingga akan mencemari ekosistem air tawar.

Beberapa dampak dari pencemaran tanah ialah sebagai berikut:
·       Tanah yang tercemar akan mengalami penurunan kesuburan sehingga kurang maksimal apabila dijadikan sebagai lahan pertanian akibat buangan sampah plastik, pecahan kaca, logam, dan karet sulit diuraikan oleh organisme dekomposer dalam tanah.
·       Tanah yang tercemar akan mematikan sebagian besar mikroorganisme pengurai yang tinggal dalam tanah sehingga tanah tidak dapat menguraikan bahan da zat sisa organism. Apabila ini berlangsung secara terus-menerus maka akan terjadi penumpukan zat sisa makhluk hidup yang dapat mengakibatkan berbagai bencana seperti tanah longsor, banjir, pengikisan tanah dan penurunan lapisan tanah
·       Pencemaran tanah juga akan berdampak pada kandungan zat hara pada tanah. Tanah tak lagi dapat membantu penyerapan zat hara pada tanaman sehingga lahan untuk penghijauan akan berkurang
·       Menurunnya produktivitas tanah karena terkikisnya lapisan humus dari permukaan tanah
·       Perubahan pH tanah akibat adanya deposit senyawa asam yang berasal dari hujan asam.

Cara menanggulangi pencemaran tanah antara lain :
·       Mengembangkan kesadaran masyarakat
·       Melakukan Sistem 3R (reduce, reuse, dan recylce)
Sampah – sampah anorganik ataupun sampah organik dari organisme yang masih dalam kondisi baik sebaiknya tidak dibuang, melainkan digunakan untuk hal lain. Terutama sampah anorganik seperti plastik, dan lainnya yang sulit diuraikan oleh bakteri. Sistem 3 R yaitu:
a.   Reduce: mengurangi penggunaan produk tertentu yang dapat mencemari tanah.
b.   Reuse : Gunakan kembali barang yang hendak akan dibuang. Hal ini akan menguntungkan, karena hanya dengan demikian masalah pencemaran tanah dapat sedikit di atasai.
c.   Recycle: mengolah kembali pemanfaatan barang bekas yang berpotensi menjadi limbah menjadi barang baru yang dapat digunakan dalam kehiupan sehari –hari atau lainnya.
·       Remediasi yaitu proses pembersihan (penjernihan kembali) bagian tanah yang telah tercemar.
·       Bioremediasi yaitu pembersihan tanah yang tercemar dengan menggunakan bakteri dan jamur yang mampu merombak tumpahan minak atau lainnya.


Daftar Pustaka :
Anonim. 2016. Pencemaran Tanah
https://id.wikipedia.org/wiki/Pencemaran_tanah
(diakses 3 Agustus 2016)

Anonim. 2015. Pengertian Pencemaran Tanah, Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasi
http://kakakpintar.com/pengertian-pencemaran-tanah-penyebab-dampak-dan-cara-mengatasi/
(diakses 3 Agustus 2016)

Anonim. 2015. Pencemaran Tanah : Pengertian, Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasinya
http://www.ebiologi.com/2015/07/pencemaran-tanah-pengertian-penyebab.html
(diakses 3 Agustus 2016)

Anonim. Pencemaran Tanah
(diakses 3 Agustus 2016)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.