.

Senin, 18 September 2023

TEORI ATOM DEMOCRITUS

TEORI ATOM DEMOCRITUS
   

Oleh : Adhitiya Putra Wardhana (@Z01-ADHITIYA)


Abstrak

   Model atom Democritus adalah model pertama yang didalilkan oleh seorang Yunani yang mengatakan bahwa atom itu homogen, abadi dan tidak dapat dibagi, bahwa mereka tidak terlihat dan tidak dapat dipahami dan juga memiliki karakteristik internal yang berbeda. Dia menjelaskan bahwa semua materi bergantung pada atom penyusunnya. Bersama dengan Leucipo, dia menentukan bahwa gerakan adalah fakta nyata dan gaya serta inersia lahir darinya dan digunakan dalam eksperimen hingga hari ini.Dia meyakinkan bahwa atom-atom disatukan oleh bentuknya yang berbeda, tetapi mereka dapat dibedakan satu sama lain, dan bahwa mereka terbagi untuk jangka waktu tertentu, disebabkan oleh tumbukan yang tidak berlangsung lama karena segera mereka akan bergabung lagi membentuk tubuh baru.Dia menjelaskan bahwa pergerakan atom adalah proses alami dan mereka akan selalu bergerak di ruang angkasa, mengubah posisi, tetapi mereka tidak akan pernah bisa dihancurkan, dan mereka mempertahankan bentuknya selamanya, menjadi bagian dari sekumpulan atom.

Pendahuluan
   Teori atom berkembang sejak sebelum masehi, salah satu teori atom paling awal adalah teori atom Democritus. Democritus merupakan salah seorang filsuf Yunani yang tertarik tentang konsep atom. Democritus menyimpulkan teori atom bukan berdasarkan eksperimen, melainkan berdasarkan konsep ilmiah saja. pada sekitar tahun 430 sebelum masehi (SM), Democritus menamai blok bangunan penyusun materi sebagai atom. Atom berasal dari kata Bahasa Yunani “atomos” yang berarti “tidak dapat dibagi”. teori atom Democritus mengemukakan bahwa atom adalah blok penyusun semua materi yang tidak dapat dibagi, diubah, dihancurkan, dan selalu ada. Artinya, atom adalah blok penyusun materi terkecil yang menyusun semua jenis materi. Atom akan selalu ada dan tidak dapat dihancurkan. Menurut Democritus, atom-atom memiliki kekosongan atau ruang kosong yang memisahkan antar atom. Dalam ruang kosong tersebut, atom dapat saling tolak-menolak, saling bertabrakan, ataupun terkait satu-sama lain. Democritus juga menyebutkan bahwa atom memiliki jumlah dan jenis yang tak terbatas dengan bentuk dan ukuran yang berbeda. Bentuk dan ukuran atom penyusun suatu materi menentukan sifat materinya. Misalnya, air terbentuk dari atom-atom yang halus dan licin, asam terbentuk dari atom berduri dan api terbentuk dari atom yang ringan dan tajam.

Rumusan Masalah
1. Jelaskan latar belakang Democritus dan penemuan teori atom?
2. Apa pengertian atom menurut Democritus ?
3. Sebutkan prinsip dasar teori atom Democritus?
4. Jelaskan sifat dasar atom democritus?
5. Jelaskan kelebihan dan kelemahan atom Democritus?


Tujuan
untuk mengetahui dan memahami tentang model atom Democritus

Pembahasan

1. Democritus adalah penduduk asli Abdera, dan ayahnya diperkirakan bernama Hegesistratus, Athenocritus, atau Damasippus. Ayahnya adalah seorang pria yang kaya dan memiliki pengaruh. Magi dan Chaldaeans adalah guru Democritus yang mengajari astronomidan teologi. Democritus adalah murid Leucippus, Anaxagoras, Pythagoras, dan Oenopides.Democritus mengusulkan bahwa jika kita terus memotong zat menjadi setengah terus menerus, maka akan berakhir dengan partikel yang "tidak dapat dipotong". Partikel ini disebut atom atau “atomos” yang berarti “tak terpecahkan” dalam bahasa Yunani.Democritus berpendapat bahwa atom kecil, partikel keras dari bahan tunggal dan dalam berbagai bentuk dan ukuran. Atom selalu bergerak dan membentuk bahan yang berbeda dengan menggabungkan dengan satu sama lain. Democritus menggunakan contoh pantai untuk mendukung teorinya. Dari kejauhan, pantai tampaknya menjadi massa solid, tetapi saat mendekat dapat kita temukan bahwa pantai terbuat dari butiran kecil pasir terlalu kecil untuk dilihat dari kejauhan. Disebutkan bahwa alasan ini berasal dari observasi di mana butiran pasir dapat bersama-sama membentuk sebuah pantai. Dalam analoginya, pasir adalah atom dan pantai adalah senyawa. Analogi ini kemudian dapat dihubungkan dengan pengertian Democritus terhadap atom yang tidak bisa dibagi lagi walaupun sebuah pantai dapat dibagi ke dalam butiran-butiran pasirnya, butiran pasir ini tidak dapat dibagi.Democritus juga beralasan bahwa atom sepenuhnya padat, dan tidak memiliki struktur internal. Dia juga berpikir harus ada ruang kosong antar atom untuk memberikan ruang untuk pergerakannya (seperti pergerakan dalam air dan udara, atau fleksibilitas benda padat).Democritus juga menjelaskan bahwa untuk menjelaskan perbedaan sifat dari material yang berbeda, atom dibedakan ke dalam bentuk, massa dan ukurannya.



2. pengertian atom menurut Democritus
 menurut Democritus atom merupakan
bagian terkecil dari suatu materi yang tidak dapat dibagi lagi menjadi bagian-bagian tertentu. Atom adalah penyusun segala materi yang ada di dunia ini.


3. Prinsip dasar dasar teori atom Democritus
Teori atom Democritus umumnya terdiri dari beberapa prinsip dasar yaitu

- Setiap materi mengandung bagian tak kasat mata yang dinamai atom
- Atom tidak bisa dihancurkan
- Atom dalam bentuk padat, tetapi kita tidak dapat melihatnya atom mirip satu sama lain
- Atom memiliki sifat yang berbeda dalam hal ukuran, bentuk, berat, posisi dan jenis susunan.

 

4, Democritus juga menggambarkan sifat dasar atom dalam berbagai jenis materi sebagai berikut:
- Dalam materi padat, atom kecil dan dalam bentuk runcing
- Dalam zat cair, atom memiliki ukuran lebih besar dan bentuk bulat
- Dalam zat minyak, atom dalam bentuk yang dibangun dengan baik, lebih kecil ukurannya

5. Sebagai teori atom pertama di dunia, teori atom Democritus  memiliki kelebihan dan kekurangan. Beberapa kelebihan dan kelemahan teori ini meliputi:

Kelebihan
- Dasar awal pemahaman tentang atom.
- Menimbulkan minat-minat untuk menyelidiki atom secara lebih
- Membuka konsep atom yang akan menjadi patokan untuk model atom berikutnya


kekurangan
- Democritus tidak dapat menggambarkan model atom secara detail.
- Democritus tidak dapat menjelaskan sifat kimia dalam atom.
- Democritus tidak termasuk reaksi kimia.

Kesimpulan
  
berdasarkan artikel diatas dapat disimpulkan bahwa materi terdiri dari atom, bagian yang tidak terlihat, dan ruang kosong atau kosong. Democritus menyebutkan bahwa atom tidak dapat dihancurkan atau diubah. Dia juga menyatakan bahwa setiap atom mirip satu sama lain yang berarti bahwa atom tidak memiliki struktur internal. Model atom teori Democritus dalam bentuk padat. Atom akan memiliki berbagai ukuran, konstruksi, lokasi, berat, dan penataan. Di antara atom-atom, ada kekosongan yang mengelilinginya.

Contoh Soal
1. Kenapa atom Democritus tidak termasuk reaksi kimia?
2. Jelaskan mengapa
Democritus tidak dapat menggambarkan model atom secara detail?

Jawaban
1. Karena  ia tidak menyebutkan reaksi kimia dalam atom. Dia hanya menyatakan model fisik atom. Pada tahun-tahun berikutnya, para ilmuwan berusaha menemukan reaksi kimia dalam atom dan materi.
2. Karena Dalam teorinya, Democritus hanya menyatakan bahwa atom berada dalam bentuk padat di ruang hampa. Kita tidak dapat menggambarkan struktur internal atom itu sendiri. Kita sekarang tahu bahwa Atom terdiri dari 3 bagian yaitu proton, neutron dan elektron.



Daftar Pustaka

 

Naisya.2023. Model atom Democritus | pengertian, terdiri dari apa, postulat, kontribusi. Retrieved from https://artikel.hisham.id/model-atom-democritus.html

Pratiwi, N.2023. 10 Kelemahan Model atom Democritus dan kelebihannya. Retrieved from https://apayangdimaksud.com/model-atom-democritus.html

R, R.2023. Pengertian Atom dan Perkembangan Atom Berdasarkan Teorinya. Retrieved from https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-atom/

Soko, I. P.2015. Kajian Epistemologis Teori Atom Democritus - Dalton. Retrieved from www.academia.edu: https://www.academia.edu/17472518/Kajian_Epistemologis_Teori_Atom_Democritus_Dalton

Utami, S. N.2022. Teori Atom Democritus. Retrieved  from https://www.kompas.com/skola/read/2022/08/12/132957769/teori-atom-democritus

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.