.

Senin, 11 November 2019

Dampak,Penyebab,Sumber,dan Contoh Pencemaran Air


AL valro Brilliant Cahya ( @P08-AL VARLO, )

ABSTRAK
Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. Danau, sungai, lautan dan air tanah adalah bagian penting dalam siklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi.
Kata kunci: air,limbah,parameter,bakteriologi

I. PENDAHULUAN
Air merupakan salah satu sumber kehidupan. Air juga memiliki fungsi yang sangat vital dalam kehidupan. Hal ini dikarenakan hampir seluruh penyusun tubuh manusia adalah air. Selain itu, air digunakan untuk kebutuhan sehari – hari seperti untuk mandi, mencuci baju dan peralatan masak serta untuk pengairan dan lain – lain.

II. PERMASALAHAN
Pencemaran air adalah masuknya komponen yang bercampur dengan air sehingga menurunkan kualitas air. Komponen tersebut antara lain adalah unsur, energi, dan zat lainnya.Pencemaran air antara lain adalah pencemaran air laut, pencemaran air tanah, air sungai, dan air danau.
Berdasarkan UU No. 23 Tahun 1997 menyatakan bahwa pencemaran air adalah menurunnya kualitas air akibat masuknya makhluk hidup, zat, energi ke dalam air akibat aktifitas manusia. Penurunan kualitas air tersebut dapat disebabkan secara sengaja oleh aktifitas manusia. Contohnya adalah membuang sampah di sungai dan lain – lain.

III. PEMBAHASAN

SUMBER PENCEMARAN AIR
Pencemaran air dapat dilihat berdasarkan indikator berikut ini:
1. Parameter Fisika
Paremeter ini digunakan untuk mengetahui tingkat pencemaran air. Salah satu indikator yang dapat diamati adalah warna air, bau, rasa, dan kekeruhan.
2. Parameter Kimia
Dalam hal ini parameter yang diamati adalah pH, zat organik dan jumlah logam berat dalam air.
3. Parameter Bakteriologi
Hal ini dilakukan untuk mengetahui kandungan bakteri dalam air. Parameter yang diamati antara lain adalah jumlah coliform, puristik, dan patogenik yang ada di air.
4. Parameter Suhu
Suhu dapat dijadikan indikator untuk membuktikan bahwa suatu perairan itu tercemar. Hal ini dikarenakan beberapa organisme seperti bakteri yang sangat peka terhadap perubahan suhu pada air. Oleh karena itu, jumlah populasi bakteri di suatu lingkungan perairan dapat menjadi indikator pencemaran air.
5. Parameter Rasa dan Bau
Salah satu indikator pencemaran air adalah terjadinya perubahan rasa dan bau. Air yang jernih pada umumnya tidak memiliki rasa dan bau atau biasa dikenal memiliki pH netral. Air yang tercemar biasanya berbau busuk, bau gas, terasa pahit dan asam.
6. Parameter Warna. Air yang bersih berwarna transparan dan tidak berbau.
7. Parameter kekeruhan
Kekeruhan juga dapat menjadi salah satu indikator bahwa air itu tercemar Kekeruhan pada air dapat disebabkan oleh adanya tanah liat, lempung, air bercampur dengan limbah seperti limbah rumah tangga, limbah industri dan meningkatnya jumlah mikroorganisme di dalam air

Sumber pencemaran air antara lain adalah sebagai berikut:
1. Limbah rumah tangga seperti air sabun dan sampah yang banyak orang membuangnya secara sembarangan di sungai.
2. Limbah industri. Banyak sekali limbah pabrik yang langsung dibuang ke sungai. Hal ini jika dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan pencemaran air di sungai.
3. Limbah Pertanian. Limbah ini berasal dari pupuk kimia dan pestisida yang digunakan untuk memelihara tanaman. Hal ini dapat mencemari air yang terkandung di dalam tanah.
4. Peternakan. Dalam peternakan sering memotong hewan baik itu ayam, bebek, sapi maupun kambing. Darah dari penyembelihan hewan tersebut dapat mencemari air jika dibuang ke sungai atau dibuang sembarangan.
5. Limbah kendaraan yang beroli juga dapat mencemari air.
6. Sampah yang dibuang sembarangan juga dapat mencemari air, terutama air sungai. Hal ini dikarenakan banyak sekali orang yang membuang sampah di sungai. Selain dapat mencemari air, membuang sampah di sungai juga dapat menimbulkan penyakit jika tidak diatasi dengan baik.
7. Penggundulan hutan juga dapat mencemari air. Hal ini dikarenakan tidak ada lagi pohon yang mengikat air tanah sehingga jumlah air akan berkurang.
8. Di area pertambangan juga dapat memicu terjadinya pencemaran air dan mengurangi jumlah air bersih.

Penyebap pencemaran air
Penyebab pencemaran air akibat ulah manusia sendiri. Padahal air merupakan sumber daya alam yang sangat dibutuhkan oleh manusia itu sendiri untuk terus bertahan hidup. Bahkan makhluk hidup lainnya seperti hewan dan tumbuhan juga sangat membutuhkan air.
Tidak salah rasanya bila disebut bahwa air merupakan sumber kehidupan. Bagi manusia, air tidak hanya tentang memenuhi kebutuhan tubuh saja, namun berperan sangat signifikan dalam segala lini kehidupan dalam kegiatan sehari-hari.

Sampah dan Limbah Pabrik
1. Sampah
2. Limbah pabrik
Limbah Peternakan dan Pertanian
3. Pertenakan dan perikanan
4. Limbah pertanian
Detergen dan Penggunaan Bahan Peledak Untuk Menangkap Ikan
5. Detergen
6. Penggunaan bahan peledak untuk menangkap ikan
Perusakan Hutan dan Pertambangan
7. Perusakan hutan
8. Pertambangan
9. Tumpahan minyak di laut

DAMPAK PENCEMARAN AIR
Adapun beberapa dampak pencemaran air yang menjadi akibat dari perilaku demikian misalnya kematian biota air, kerusakan rantai makanan, timbulnya wabah penyakit, dan kerusakan ekosistem perairan.
Dampak pencemaran air juga merusak tatanan rantai makanan alami yang selama ini berlangsung dalam ekosistem air. Berikut ini akan dijelaskan mengenai dampak dari pencemaran air.
1. Menurunkan jumlah oksigen
2. Mematikan binatang- binatang yang ada di air
3. Meningkatkan kecepatan reaksi kimia.
4. Mengganggu kehidupan binatang dan tumbuhan
5. Memgganggu kesuburan tanah
6. Mengganggu produksivitas tumbuhan

CONTOH PENCEMARAN AIR
Agen infeksius, misalnya seperti bakteri, virus, parasit.
Zat kimia organik, misalnya seperti pestisida, plastik, minyak, bensin, deterjen.
Pencemar anorganik, misalnya seperti asam, basa, logam.
Zat radioaktif, misalnya seperti thorium, uranium, radon, iodine, cesium.
Sedimen, misalnya seperti tanah, lumpur, kerikil.
Nutrisi atau unsur hara, misalnya seperti nitrat, fosfat, amonium.
Zat-zat pengikat oksigen, misalnya seperti pupuk kandang, residu tumbuhan.

Nah itulah referensi mengenai pencemaran air, dari mulai definisi pencemaran air, penyebab pencemaran air, dampak pencemaran air, zat polutan air serta cara mengatasi pencemaran air, dibahas dengan penjelasan yang detail dan lengkap.

DAFTAR PUSTAKA
Hidayat, AA, dan Muhammad Kholil. 2018. Kimia Pengetahuan Lingkungan.

Warlina, Lina. 2014. Pencemaran Air : Sumber, Dampak dan Penanggulangannya. Dalam https://id.wikipedia.org › wiki › Pencemaran_air

dalamhttps://thegorbalsla.com/pencemaran-air/

Abdi husnul,20 juni 2019. Penyebab pencemaran air yang harus di sadari. Dalam https://hot.liputan6.com › Hot

Oleh Fatmah desy, Hidrolohi/dampak pencemaran air. Dalam https://ilmugeografi.com › Ilmu Bumi › Hidrologi

Oleh Zakky,16 desember 2018. Pencemaran air./ dalam https://www.zonareferensi.com/pencemaran-air/

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.