.

Minggu, 13 Oktober 2019

Pencemaran lingkungan

PENCEMARAN LINGKUNGAN

Oleh : Wida Ayu A (@N17-WIDA)


ABSTRAK
Pencemaran adalah perubahan yang tak dikehendaki dari lingkungan yang sebagian besar akibat dari kegiatan  manusia. Perubahan ekosistem atau habitat dapat berupa perubahan fisik, kimia, atau perilaku biologis yang akan  mengganggu kehidupan  manusia,spesies, biota bermanfaat, proses- proses industri, kondisi kehidupan, dan aset kultural. Selain itu perubahan ekosistem akibat kegiatan manusia yang merusak atau menghamburkan secara sia-siasumber daya yang ada di alam . Pencemaran lingkungan  hidup menurut undang-undang No.23 tahun 1997, yaitu masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan  manusia sehingga kualitas lingkungan menurun sampai tingkat tertentu yang menyebabkan  lingkungan hidup tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya. Sumber pencemaran adalah setiap kegiatan yang membuang bahan pencemar. Bahan pencemar tersebut dapat berbentuk padat, cair, gas atau partikel tersuspensi dalam  kadar tertentu ke dalam lingkungan, baik melalui udara, air maupun daratan pada akhirnya akan sampai pada manusia.

Kata kunci : pencemaran,  pencemaran lingkungan, bahan  pencemar

PENDAHULUAN
Pencemaran lingkungan merupakan salah satu faktor rusaknya lingkunganyang akan berdampak pada makhluk hidup di sekitarnya. Sumber pencemaranlingkungan diantaranya berasal dari air, tanah dan udara. Salah satu faktorpencemaran tersebut disebabkan oleh limbah yang berasal dari industri, domestik,pertanian, laboratorium dan lain sebagainya.

PEMBAHASAN
a.      Pengertian Pencemaran Lingkungan
pencemaran adalah peristiwa penyebaran bahan kimia dengan kadar tertentu yang dapat merubah keadaan  keseimbangan  pada daur materi dalam lingkungan (keseimbangan lingkungan) baik keadaan struktur maupun fungsinya,  sehingga dapat mengganggu kesejahteraan manusia. Pencemaran lingkungan meliputi pencemaran udara, pencemaran air, dan pencemaran tanah (daratan).  Pencemaran lingkungan terjadi bila daur materi dalam  lingkungan hidup mengalami perubahan,  sehingga keseimbangan dalam  hal struktur maupun fungsinya terganggu.
b.      Lingkungan dapat tercemar karena:

  • kecepatan hilangnya senyawa tertentu dari lingkungan lebih besar daripada kecepatan masuknya senyawa pengganti. Rusaknya atau putusnya alur siklus biokimia.

  • Kecepatan masuknya senyawa ke dalam lingkungan  lebih besar daripada kecepatan pengambilannya.

  • Masuknya senyawa yang tidak terdegredasi ke dalam lingkungan.

c.      Jenis-jenis pencemaran lingkungan :
1.      Pencemaran Udara
Udara akan tercemar jika ada bahan-bahan atau zat asing di dalam udara yang menyebabkan perubahan susunan atau komposisi udara dari keadaan normalnya.
Penyebab Pencemaran Udara
 Faktor internal (secara alamiah), misalnya:
• debu beterbangan oleh tiupan angin
• abu atau debu dan gas-gas volkanik dari letusan gunung berapi
• proses pembusukan sampah
Faktor eksternal (karena ulah manusia, misalnya :
• pembakaran bahan bakar fosil
• debu atau serbuk dari kegiatan industri
• pemakaian  zat-zat kimia yang disemprotkan ke udara
Sumber pencemaran Udara :
• transportasi
• industri
• pembuangan sampah
• pembakaran stasioner
Komponen pencemaran udara :
• Karbon monoksida (CO)
• Oksida nitrogen (NOx)
• Oksida belerang (SOx)
• Hidrokarbon
• Partikel (particulate), dan lain-lain

1.      Pencemaran Air
Pencemaran air didefenisikan sebagai perubahan langsung atau tidak langsungterhadap keadaan air, dari keadaan yang normal menjadi keadaan yang berbahaya atau berpotensi menyebabkan penyakakit atau gangguan bagi kehidupan makhluk  hidup. Perubahan  langsung dan tidak langsung ini dapat berupa perubahan fisik, kimia, termal, biologi, atau radioaktif. Kualitas air merupakan salah satu faktor dalam menentukan kesejahteraan manusia. Harus diingat bahwa air alamiah yang terdapatpada permukaan bumi, sudah mengandung senyawa kimia seperti mineral yang terlarut di dalamnya pada konsentrasi bervariasi. Namun demikian air tersebut tidak langsung disebut sebagai tercemar. Kehadiran bahan pencemar di dalam air dalam jumlah  tidak normal mengakibatkan air dinyatakan sebagai terpolusi.
Komponen Pencemaran Air : 
- Bahan  buangan padat
- Bahan  buangan organik
- Bahan  buangan anorganik
Sumber pencemaran air 
- Pencemaran Air oleh Aktivitas Rumah Tangga (Domestik)
- pencemaran air pertanian dan perkebunan
-     - pencemaran air oleh industri Dampak  pencemaran air 
-     - Dampak terhadap manusia 
-     - Dampak terhadap vegetasi 
-    - Dampak terhadap hewan


2.      Pencemaran tanah
Tanah merupakan bagian tertipis dari seluruh lapisan bumi, tetapi pengaruhnya terhadap kehidupan sangat besar. Hubungan antara tanah dan makhlukhidup di atasnya sangat erat. Tanah menyediakan berbagai sumber daya yang berguna  bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Selain itu, tanah juga merupakan habitat alamiah bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah  lingkungan tanah alami. Pencemaran ini biasanya terjadi karena kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial, penggunaan pestisida, masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan , kecelakaan kendaraaan  pengangkut minyak, zat kimia, serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat (illegal dumping).
Jenis Limbah yang Menyebabkan Pencemaran Tanah
1- Limbah domestik
2- Limbah industri
3- Limbah pertanian
Penanganan pencemaran tanah, yaitu :
1.      Remediasi
Remediasi adalah kegiatan untuk membersihkan permukaan tanah yang tercemar.
2.      Bioremediasi
Bioremediasi merupakan proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme (jamur, bakteri).
Dampak pencemaran tanah, yaitu :
-         Terhadap kesehatan, terhadap ekosistem, terhadap pertanian
-     
KESIMPULAN
Pencemaran lingkungan terjadi karena ulah  manusia yang  tidak dapat mengolah dan memanfaatkan lingkungan dengan  baik. Pencemaran  lingkungan dibagi ke dalam tiga bagian yaitu, Pencemaran udara, Pencemaran air, Pencemaran tanah. Dampak pencemaran  lingkungan khususnya bagi  kesehatan manusia yaitu akan berdampak pada tingkat kekebalan tubuh. Semakin banyak pencemaran yang dilakukan, maka kekebalan tubuh manusia yang berada di sekitar daerah pencemaran akan menurun sehingga tidak jarang manusia  saat ini sering terkena penyakit seperti penyakit kulit,  penyakit kanker, dan lain-lain. Cara penanganan pencemaran  lingkungan dilakukan dengan remediasi dan bioremediasi, yaitu membersihkan  permukaan tanah yang tercemar.

DAFTAR PUSTAKA
R Achmad - 2011 - repository.ut.ac.id
SPR Wardani - 2008 - eprints.undip.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.