.

Senin, 14 Oktober 2019

Pencemaran Air


Oleh : Viviancho Samosir P (@P24- VIVIANCHO)
Abstrak
Air biasanya disebut tercemar ketika terganggu oleh kontaminan antropogenik dan ketika tidak bisa mendukung kehidupan manusia, seperti air minum, atau mengalami pergeseran ditandai dalam kemampuannya untuk mendukung komunitas penyusun biotik, seperti ikan. Fenomena alam seperti gunung berapi, ledakan alga, kebinasaan ikan, badai, dan gempa bumi juga menyebabkan perubahan besar dalam kualitas air dan status ekologi air.

Kata Kunci
Penyebeb dan akibat pencemaran air

  1. Pendahuluan
Air merupakan salah satu sumber kehidupan. Air juga memiliki fungsi yang sangat vital dalam kehidupan. Hal ini dikarenakan hampir seluruh penyusun tubuh manusia adalah air. Selain itu, air digunakan untuk kebutuhan sehari – hari seperti untuk mandi, mencuci baju dan peralatan masak serta untuk pengairan dan lain – lain.

  1. Permasalahan
Pencemaran air yang terjadi dapat mengakibatkan dampak yang serius terhadap lingkungan serta makhluk hidup dalam kehidupan sehari – hari.

  1. Pembahasan
A. Pengertian Pencemaran air
Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. Danau, sungai, lautan dan air tanah adalah bagian penting dalam siklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Selain mengalirkan air juga mengalirkan sedimen dan polutan. Berbagai macam fungsinya sangat membantu kehidupan manusia.
B. Penyebab Pencemaran Air
Pencemaran air dapat disebabkan oleh berbagai hal dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda.
  • Meningkatnya kandungan nutrien dapat mengarah pada eutrofikasi.
  • Sampah organik seperti air comberan menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen pada air yang menerimanya yang mengarah pada berkurangnya oksigen yang dapat berdampak parah terhadap seluruh ekosistem.
  • Industri membuang berbagai macam polutan ke dalam air limbahnya seperti logam berat, toksin organik, minyak, nutrien dan padatan. Air limbah tersebut memiliki efek termal, terutama yang dikeluarkan oleh pembangkit listrik, yang dapat juga mengurangi oksigen dalam air.
  • Seperti limbah pabrik yang mengalir ke sungai seperti di Sungai Citarum.
  • Pencemaran air oleh sampah.
  • Penggunaan bahan peledak untuk menangkap ikan.
  • Kandang hewan peliharaan yang berdekatan dengan sungai membuat air tercemar karena kotoran hewan dibuang ke sunga

C. Akibat Pencemaran Air
  • Dapat menyebabkan banjir
  • Erosi
  • Kekurangan sumber air
  • Dapat membuat sumber penyakit
  • Tanah Longsor
  • Dapat merusak Ekosistem sungai
  • Merusak tanaman yang disiram.
  • Kerugian untuk Nelayan, Petani sayuran dan masyarakat yang tinggal dekat pesisir sungai.
D. Cara Menanggulangi Pencemaran Air
Penanggulan pencemaran air di Indonesia telah diatur melalui Peraturan Pemerintah Nomor 82 tahun 2001 tentang pengelolaan kualitas dan pengendalian pencemaran air. Salah satu upaya pemerintah dalam pengendalian pencemaran air adalah melalui Program Kali Bersih (PROKASIH). Program ini bertujuan untuk mengurangi berat limbah cair serta dilakukan secara bertahap untuk mengendalikan beban pencemaran dari sumber lainnya. Namun, mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, masyarakat harus mampu memperluas gerakan penghijauan, menindak tegas terhadap pelaku pencemaran lingkungan, memberikan kesadaran  terhadap masyarakat tentang arti lingkungan hidup sehingga manusialebih mencintai lingkungan hidupnya.

  1. Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan
Air merupakan kebutuhan makhluk hidup. Tanpa air makhluk hidup tidak dapat hidup.
Saran
Sebaiknya kita menjaga kualitas dan kuantitas air kita, dimana air merupakan salah satu kebutuhan terpenting makhluk hidup.  Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dan sungguh- sungguh dalam melestarikan dan mengelola sumber daya alam yaitu salah satunya dalam mengelola air.

Daftar Pustaka
http://jumianto.blogspot.com/2011/03/upaya-penanggulangan-pencemaran-air.html
www.anneahira.com/cara-mencegah-pencemaran-air.html
Hidayat, A A,Kholil, Muhammad. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkaran Industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.