.

Selasa, 24 September 2019

Materi 4 : Kimia Industri (Bagian 1)

Kalau dibuat klasifikasi maka ada : Industri ekstraktif, yaitu jika bahan baku diperoleh melalui ekstraksi sumberdaya alam, seperti pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan dan pertambangan; Industri non ekstraktif, yaitu jika bahan baku berbentuk setengah jadi untuk diproses lebih lanjut, seperti industri otomotif, mesin, elektronik dan kimia; dan Industri jasa dengan produk utama berupa jasa (bukan barang), seperti ekspedisi, transportasi, asuransi, perbankan, pendidikan dan rumah sakit.


Berikan komentar, catatan, review terhadap materi kuliah ini.

21 komentar:

  1. (@N06-FIKRI)

    Kimia Industri berkembang sangatlah pesat pada 1935-1955, yang hanya berpusat di Eropa, Amerika Serikat dan Jepang. Kimia Industri berkaitan dengan proses-proses dalam industri. Proses pengolahan tersebut meliputi : Preparasi, sintesa, dan Finishing.

    BalasHapus
  2. Oleh: Dymas Nurbayu Yulianto
    [@N02-DYMAS]

    Kimia Industri merupakan proses yang terjadi dalam industri kimia, perhitungan yang menyertai proses-roses berhubungan dengan banyaknya zat yang terlibat (stoikiometri), maupun dengan jumlah panas yang di bebaskan maupun di perlukan dalam suatu proses tertentu. Dalam perspeltif kimia mateti dapat berubah menjadi materi yang lebih sederhana atau lebih kompleks.

    BalasHapus
  3. Oleh:RAMA NUR HIDAYAT.
    [@N01-RAMA].

    ABSTRAK

    KIMIA berkaitan dengan komposisi dan
    Sifat materi serta berbagai perubahan yang dia alaminya.

    Kata kunci :kimia industri

    Adapun yang di maksud dengan materi ialah apapun yang dapat menempati ruang dan mempunyai massa.

    BalasHapus
  4. Sahlevi Ariputra (@N09-Sahlevi)

    Kimia Industri (proses Industri Kimia) merupakan proses yang terjadi dalam industri kimia, perhitungan yang menyertai proses-proses berhubungan dengan banyaknya zat yang terlibat (stoikiometri), maupun dengan jumlah panas yang dibebaskan maupun diperlukan dalam suatu proses tertentu. Tek ologi industri adalah hasil pengembangan, perbaikan, invensi, dan inovasi dalam bentuk teknologi proses dan teknologi proses dan teknologi produk termasuk rancang bangun dan perekayasaan, metode, dan sistem yang diterapkan dalam kegiatan industri.

    BalasHapus
  5. Nama: Yoga andhinova
    Kode:(@N03-YOGA)

    Industri hijau adalah industri yang dalam proses produksinya mengutamakan upaya efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya secara berkelanjutan sehingga mampu menyelaraskan pembangunan industri dengan kelestarian fungsi lingkungan hidup serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Komentar saya adalah kimia hijau sangat dianjurkan untuk diterapkan dalam proses produksi dalam bidang industri karena mengutamakan produksi yang berkelanjutan agar dapat digunakan secara berkelanjutan serta dapat ikut juga menjaga kelestarian lingkungan

    BalasHapus
  6. Wida Ayu Amidah (@N17-WIDA)

    menurut saya, industri hijau adalah industri yang dalam proses produksinya menerapkan upaya efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan sumber daya secara berkelanjutan. Dengan kata lain industri hijau merupakan sebuah industri yang ramah lingkungan. Industri hijau mensyaratkan bahan baku, energi, dan proses yang ramah lingkungan. Selain itu dibutuhkan teknologi yang ramah lingkungan sehingga bisa seefisien mungkin dalam penggunaan sumber daya alam. Industri hijau juga mensyaratkan adanya limbah buang yang tidak terlalu merusak lingkungan.

    BalasHapus
  7. Caesar Antonius ( @N05-CAESAR )

    penjualan dan penyebaran produk kimia adalah salah satu keunggulan negara maju. Ahli kimia berperan penting dalam pembuatan, pemeriksaan dan penanganan produk kimia. Mereka juga bertanggung jawab dalam pengembangan produk dan manajemen umum. Pembuatan kimiawi dasar seperti oksigen, klor, amonia dan asam sulfat menjadi bahan baku industri tekstil, produk pertanian, logam, cat, bubur kertas dan kertas. Kimiawi khusus dibuat dalam jumlah lebih kecil untuk industri seperti farmasi, makanan, pengepakan, deterjen, permen dan minyak wangi. Lebih luas lagi, industri kimia menggunakan hasil dan reaksi kimia yang umum untuk meningkatkannya dalam skala industri

    BalasHapus
  8. Shabilla Maharani Wiyana (@N18-SHABILLA)

    Pembuatan, penjualan dan penyebaran produk kimia adalah satu keunggulan negara maju. Ahli kimia berperan penting dalam pembuatan, pemeriksaan dan penanganan produk kimia.

    Kimia industri adalah penghubung antara penelitian dan teknik kimia skala industri.
    di bidang-bidang seperti perusahaan farmasi, manufaktur polimer, pengolahan petrokimia, sains makanan, dan industri manufaktur.

    BalasHapus
  9. Nama: Wildan Bagus Purnomo
    Kode: @N13-Wildan

    Industri merupakan suatu proses yang mengubah bahan baku menjadi produk yang berguna bagi kehidupan manusia, baik secara langsung atau tidak, dan produk tersebut mempunyai nilai tambah. Produk tersebut dapat berupa "produk akhir" yaitu langsung digunakan oleh konsumen. Produk industri berupa "produk antara" digunakaan sebagai bahan baku oleh industri lain. Istilah produksi dalam kimia industri dihasilkan melalui kegiatan industri yang menghasilkan zat kimia, dengan bahan baku yang diproses bersumber dari hasil penambangan.

    BalasHapus
  10. Oky maulana (@N07-Oky)

    Kimia dapat diartikan sebagai suatu proses dimana sebelum dan sesudah proses terjadi perubahan yang ditandai perubahan unsur-unsur penyusunnya. Sedangkan industri yaitu suatu proses yang mengubah bahan baku menjadi produk yang berguna bagi kehidupan manusia. Baik secara langsung ataupun tidak, dan mempunyai nilai tambah. Industri kimia dibagi menjadi industri kimia dasar dan industri kimia hilir.

    BalasHapus
  11. MUHAMMAD FATHAN FADILAH (N10-FATHAN)

    Killheffer mengemukakan, bahwa ruang lingkup industri kimia dapat dilihat dari bahan baku utama yang dipergunakan, seperti bahan bakar fosil, udara, air, garam, kapur, belerang, dan sebagainya. Beberapa jenis bahan khusus dipergunakan untuk menghasilkan produk khusus.

    BalasHapus
  12. Ardy Triananda (N08-ARDY)

    Definisi dan ruang lingkup industri kimia sebenernya belum begitu tepat,sebagai contoh industri minyak dalam pengelompokannya terpisah dari industri kimia. Hal ini karena pada awalnya, tepatnya pada abad ke-19 industri minyak hanya menggunakan proses distilasi yang sederhana

    BalasHapus
  13. ROMA WIBERO (@N04-ROMA)

    Ruang lingkup industri kimia, pengembangan, optimasi dan monotoring proses kimia dasar yang digunakan dalam industri.industri kimia menghasilkan beragam produk yang dapat dimanfaatkan dalam aspek kehidupan.contoh industri minyak dalam pengelompokannya terpisah dari industri kimia.

    BalasHapus
  14. May Rose Indah Pratiwi Tedjo(@N21-MAY)

    Industri kimia adalah industri yang mengolah bahan baku / bahan mentah menjadi suatu hasil / produk dengan memanfaatkan proses-proses kimia. Industri kimia memisahkan material kimia menggunakan teknik evaporasi(penguapan) dan menggunakan reaksi – reaksi kimia. Teknologi industri adalah penggunaan ilmu teknik dan teknologi manufaktur untuk menjadikan produksi lebih cepat, lebih sederhana, dan lebih efisien. Program studi teknologi industri biasanya mencakup instruksi teori optimisasi, faktor manusia, perilaku organisasi, proses industri, prosedur perencanaan industri, aplikasi komputer, dan pelaporan serta presentasi.

    BalasHapus
  15. Satria Aji Surya (N15-SATRIA)


    Industri dikenal sebagai mata rantai dari usaha-usaha untuk memenuhi kebutuhan ekonomi yang berhubungan dengan bumi seperti pertanian, perkebunan dan pertambangan yang berhubungan dengan erat dengan tanah. Kedudukan insustri semakin jauh dari tanah, yang merupakan basis ekonomi, budaya, dan politik, jadi saya menyimpulkan bahwa industri adalah tempat pengolahan barang atau bahan utuk memenuhi kebutuhan manusia.

    BalasHapus
  16. Adrian rahadi (N16-ADRIAN)
    menurut saya kimia industri merupakan proses yg terjadi dalam industri kijia, pehitungan yg menyertai proses-proses berhubungan dengan banyak nya zat yg terlibat, maupun dengan jumlah panas yg dibebaskan mauoun diperlukan dalam suatu proses tertentu.

    BalasHapus
  17. Adetha Muhammad Dzulfaqar (N11-Adetha)

    Dari tema pemahaman industri yang telah saya baca, ternyata sekarang pemakaian kata industri semakin lama semakin meluas tidak hanya meliputi proses pengolahan bahan baku atau bahan setengah jadi, tetapi sekarang sudah merambah kepada bidang-bidang yang lebih luas seperti industri jasa, industri film, industri pariwisata,dll.

    BalasHapus
  18. Muhammad Arifin (N14-Arifin)
    Bahwa industri semakin meluas, tidak hanya meliputi proses pengolahan bahan baku atau bahan setengah jadi, tidak terbatas pada manufaktur, akan tetapi sudah di terapkan untuk bidang bidang yang lebih luas seperti industri jasa, industri perbankan, industri film, industri pariwisata bahkan industri pendidikan

    BalasHapus
  19. Alfina Septiyadevi (N12-Alfina)
    Proses yg terjadi dalam industri kimia,
    perhitungan yang menyertai proses-proses
    berhubungan dengan banyaknya zat yang
    terlibat terlibat (stoikiometri) maupun dengan
    jumlah panas yang dibebaskan maupun
    diperlukan dalam suatu proses tertentu.
    Dengan unit proses pengolahan :
    1. Preparasi
    Reparasi yaitu persiapan bahan baku. Preparasi dilakukan sebelum di analisa. Preparasi ini menjadi bagian sangat penting dalam suatu analisa, sehingga harus dilakukan dengan baik
    2.Sintesa
    Mengolah bahan baku menjadi bahan jadi.
    3.Finishing
    Melibatkan proses fisika dengan memerlukan alat penyesuaian bentuk dan fase.

    BalasHapus
  20. Ni Wayan Andini Pitaloka
    (@N20-WAYAN)

    Kimia industri (proses industri kimia) merupakan proses yang terjadi dalam industri kimia, perhitungan yang menyertai proses-proses berhubungan dengan banyaknya zat yang terlibat maupun dengan jumlah panas yang dibebaskan maupun diperlukan dalam suatu proses tertentu. Kimia industri memainkan peran penting sebagai ilmu terapan di berbagai bidang yang berpengaruh terhadap berbagai bidang yang berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan manusia. Industri kimia menghasilkan beragam produk yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan manusia

    BalasHapus
  21. Satria Hotma Hizkia (@N19-SATRIA).
    Saya baru mengetahui bahwa definisi industri begitu luas setelah membaca materi ini. Ternyata kata industri yang saya kira hanya berkaitan dengan pengolahan bahan dan kegiatan ekonomi sudah sudah mengalami perluasan makna.

    saya juga jadi mengetahui tentang klasifikasi industri berdasarkan pendapat ahli dan kementerian perindustrian, pohon industri, dan Undang-undang tentang perindustrian.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.