.

Senin, 17 Desember 2018

Green Tech Is The Solution

Oleh: Muhammad Bayu Adji (@J17-Bayu)
Kesadaran akan perlunya teknologi yang lebih ramah lingkungan makin meluas. Teknologi yang boros energi terutama sumber energi fosil, kalau tetap dipertahankan berpotensi besar mengancam kerusakan permanen kondisi planet bumi, sekaligus membahayakan kehidupan umat manusia. Maka dari itu diperlukan kesadaran lebih atas teknologi hijau.


Kata kunci : energi, alternatif, kriteria, teknologi, hijau, hybrid, listrik

Indonesia mengalami dua permasalahan utama yang berhubungan dengan lingkungan hidup. Pertama, permasalahan lingkungan hidup yang disebabkan kemiskinan akibat dari pertumbuhan penduduk yang tinggi. Kedua, masalah lingkungan hidup berkaitan dengan perusakan dan pencemaran lingkungan yang disebabkan aktivitas manusia yang sering disebut dengan pembangunan. Masalah kedua dapat diminimalisir dengan mewujudkan teknologi-teknologi hijau atau ramah lingkungan. Teknologi hijau adalah aplikasi sains alam sekitar untuk memelihara sumberdaya alam serta mengelola dampak negatif akibat akitivitas manusia. Teknologi hijau adalah teknologi rendah karbon dan lebih ramah lingkungan.
Adapun kriteria-kriteria teknologi hijau:
      Meminimumkan degrasi kualitas lingkungan
      Mempunyai pembebasan gas rumah kaca yang rendah
     Aman untuk digunakan dan menyediakan lingkungan hidup sehat dan lebih baik untuk semua kehidupan
      Menghemat energy dan sumberdaya alam
      Menggalakkan sumber-sumber yang dapat diperbaharui (renewable).

Lalu, berikut adalah beberapa bidang yang berkaitan dengan teknologi hijau :
      Energi:  pembangunan energi alternatif dan ketahanan energi.
    Bangunan Hijau: melibatkan semua aspek termasuk penggunaan bahan / material buatan – sintetis dan lokasi bangunan, bukan merujuk kepada warna bangunan tersebut.
   Kimia Hijau: Reka cipta, reka bentuk pemrosesan dan aplikasi kimia serta meminimumkan penggunaan bahan berbahaya.
   Nanoteknologi Hijau: melibatkan manipulasi bahan pada skalar nanometer atau satu bilion lebih kecil berbanding ukuran satu meter, ia melibatkan aplikasi kimia hijau dan prinsip standarisasi.

Energi Alternatif
Pada masa-masa sekarang, dalam perindustrian transportasi dunia sedang berlomba-lomba mengembangkan kendaraan listrik yang dimana merupakan pengganti energi konvensional yang kurang ramah terhadap lingkungan. Kendaraan Hybrid dan bertenaga baterai telah tersedia secara komersial dan dapat diterima masyarakat secara luas di seluruh dunia. Tetapi kendala yang dialami adalah harga yang ditawarkan masih sangat mahal, sehingga tidak semua kalangan dapat membelinya.


DAFTAR PUSTAKA 
Anonim.2015.What is it?. Dalam https://www.green-technology.org/what.htm
Bellis, Mary.2018.Introduction to Green Technology. Dalam https://www.thoughtco.com/introduction-to-green-technology-1991836
Bernard, Murrye.What Is Green Technology. Dalam https://greenliving.lovetoknow.com/What_Is_Green_Technology
Hadiwijoyo, Hadi, Sudharto dan Purwanto.2013.Innovative Green Technology for Sustainable Industrial Estate Development. Dalam http://garuda.ristekdikti.go.id/journal/article/19908
Putera, Prakoso.2009.Teknologi Hijau. Dalam https://fitb.itb.ac.id/2009/06/05/teknologi-hijau/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.