.

Rabu, 14 November 2018

Tatap Muka 09

Silahkan tuliskan pemahaman Anda !

19 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Ringkasan oleh : Arnando (@J14-Arnando)
    Pencemaran Lingkungan dan Pengendaliannya

    Pencemaran lingkungan adalah masuknta makhluk hidup, zat, energi, dan/atau komponen lain kedalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehungfa melampaui baku mutu lingkungan hidup yg telah di tetapkan. Ada beberapa jenis pencemaran, yaitu pencemaran air, udara dan tanah
    PENCEMARAN AIR menyebabkan turunnya kualitas air di suatu daerah
    Pencemaran udara menyebabkan turunnya kualitas udara disuatu daerah sehingga tidak memenuhi fungsinya
    Pencemaran tanah menyebabkan tidak bisanya tanaman tumbuh di suatu daerah
    Semua hal ini terjadi karena ulah manusia
    Baku mutu = ambang batas
    Pengendalian adalah upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran agar sesuai dengan baku mutu lingkungan (BML)
    Pengendalian
    -Pengendalian pencemaran air dengan melakukan pemulihan kualitas air
    -Pengendalian pencemaran udara dengan melakukan pemulihan mutu udara (uji emisi, penghijauan)
    -Pengendalian pencemaran tanah dengan melakukan pemulihan kualitas mutu tanah (keasaman tanah, Ph tanah, harus memadahi untuk menanam)
    Juga dengan melaksanakan kegiatan yg disebut IPAL
    PENCEMARAN AIR >> diakibatkan oleh masuknya bahan pencemar yg berupa gas, bahan bahan terlarut dan partikulat. Dapat melalui atmosfer, tanah, limpasan(run off)
    Berikut bahan bahan pencemarnya : Polutan tak beracun, polutan beracun [Logam berat (Pb, Ni, Zn, Cu, Hg), senyawa organik (pestisida organoklorin, herbisida)], gas, anion, asam dan alkali

    8 jenis zat pencemar dan sumber pencemaran air :
    1. Limbah yg memerlukan oksigen (limbah rumahtangga, aliran kotoran alamiah dari tanah, limbah industri) sebagai org industri kita harus pintar memaanfaatkan limbah2 industri ini, sehingga kita juga bisa mendapatkan uang melalui limbah tersebut
    2. Agen penyebab penyakit (bakteri dan virus yg bersumber dari rumah tangga, rumahsakit dan juga kotoran kebun binatang)
    3. Bahan Kimia anorganik dan mineral (ASAM yg bersumber dari tambang batubara juga limbah industri, GARAM yg bersumber dari kotoran alamiah dan juga limbah industri, LOGAM BERACUN>Hg, Pb, Cd dan Cr yg bersumber dari limbah industri, bbm, pestisida
    4. Bahan kimia organik(pestisida dan herbisida yg bersumber dari pertanian, PLASTIK yg bersumber dari perumahan dan industri, DETERJEN yg bersumber dari perumahan, industri, hotel, SENYAWA Cl,
    5. Hara ( nitrat )
    6. Sedimen ( tanah, lumpur, pasir )
    7. Bahan radioaktif ( alamiah, PLTN )
    8. Panas ( air pendingin pabrik )

    DAMPAK PENCEMARAN AIR
    Meracuni sumber air minum
    Meracuni makanan hewan
    Ketidakseimbangan ekosistem sungai dan danau

    Pencemaran : jika konsentrasi /nilai sudah melebihi daya dukung lingkungan alam/air tidak bisa lagi mempurifikasi diri. Nilai sudah melebihi kapasitas asimilasinya

    Klasifikasi sumber pencemar
    A. Pergerakannya { sumber tetap, sumber bergerak}
    B. Sifat sumber pencemarnya (gunung berapi)

    Faktor-faktor yg mempengaruhi konsentrasi
    1. Intensitas sumber
    2. Karakteristik bahan pencemar
    3. Kondisi meteorologi
    4. Faktor geografip

    Ciri limbah B3
    1. Mudah menyala
    2. Mudah meledak
    3. Korosif
    4. Reaktif

    Keterlibatan aspek P. Air sehubungan dengan penanggulangan :
    1. Aspek legal
    2. Aspek engineering
    3. Aspek kesehatan
    4. Aspek sumber pencemaran
    5. Aspek lingkungan hidup

    Penanganan masalah P. Air secara global
    1. Emission
    2. Exchange
    3. Effect ( pengaruh )
    4. Environment ( lingkungan )
    5. Enforcement ( undang-undang )

    Sekian, Terima kasih :)

    BalasHapus
  3. @J17-Bayu

    Pencemaran Lingkungan dan Pengendaliannya

    Pencemaran lingkungan merupakan masuk atau dimasukannya makhluk hidup, zat ,energi, daln lainnya ke dalam lingkungan yang disebabkan oleh aktivitas manusia sehingga melampaui ambang batas yang sudah ditentukan. Pencemaran ada banyak jenisnya, tetapi yang sering terjadi atau umumnya adalah air, udara dan tanah.
    Pengendalian merupakan upaya pencegahan atau penanggulangan pencemaran yang mengembalikan baku mutu ketingkat yang seharusnya. Pada pengendalian pencemaran air, upaya yang dilakukan adalah dengan tidak membuang sampah ke sungai, mengatur bangunan yang berdiri pada bantaran sungai, melaksanakan sistem IPAL pada pabrik-pabrik. Lalu pada pencemaran udara, dapat dilakukan dengan cara mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, dan melakukan inovasi pada asap yang dihasilkan pabrik. Sedangkan pada pencemaran tanah, dapat dilakukan seperti upaya pada pencemaran air, yaitu menerapkan sistem IPAL pada pabrik-pabrik.
    Penyebab pencemaran air umumnya adalah dampak dari aktivitas manusia seperti pada bidang pertanian (aliran pestisida yang mengarah pada sungai), bidang industri (kilang minyak) dan lainnya. Penanggulangan pencemaran air bisa dilibatkan dengan beberapa aspek seperti:
    1. aspek legal
    2. aspek engineering
    3. aspek kesehatan
    4. aspek sumber pencemaran
    5. aspek lingkungan hidup

    BalasHapus
  4. @J11-Denny - Pencemaran Lingkungan

    Mulailah dengan membuat komunitas peduli lingkungan karena ini sangat penting agar masalah lingkungan dapat dicegah ataupun dikurangi.

    Terdapat beberapa macam macam pencemaran lingkungan, yaitu pencemaran air, pencemaran tanah, pencemaran udara dan pencemaran suara.

    Berakibat dari kegiatan manusia yang melebihi ambang batas contohnya zat zat berbahaya yang masuk ke tubuh kita melebihi ambang batas yang menyebabkan timbulnya penyakit. Ambang batas juga bisa disebut baku mutu.

    Selain komponen energi, makhluk hidup dan zat dalam masukan pencemaran adalah kebisingan dan gelombang elektromagnetik.

    Air untuk konsumsi dan air untuk industri itu adalah dua hal yang berbeda.
    Jika terlalu banyak beberapa orang dalam satu ruangan maka semakin menurun juga kualitas udara.
    Pencemaran tanah masukannya adalah bagian tanah.

    Pengendalian pencemaran dengan baku mutu lingkungan (bml) yang dapat mengembalikan ke ambang batas atau baku mutu atau ke fungsi awal sebagaimana tujuan semula.
    Baku mutu lingkungan sangat penting sehingga dapat mencegah serta menanggulangi pemulihan kualitas air, mutu udara dan mutu tanah.

    Untuk mengukur kualitas air cobalah dengan membeli ikan dan memasukkannya ke dalam air tersebut apakah ikan tersebut bertahan hidup lama atau tidak, jika tidak berarti kualitas air tersebut sangatlah rendah.

    Limbah organik dapat dicegah dengan dekomposisi atau penguraian limbah agar limbah tidak menyebar kemana mana.

    Jenis zat pencemaran dengan menggunakan oksigen seperti limbah industri yang bersumber dari kilang minyak, pabrik kertas, dll.

    Industri sangat erat dengan limbah, bagaimana cara menanganinya? solusinya adalah dengan mencegah, mengurangi serta menanggulangi penambahan limbah dan bagaimana caranya jika limbah tersebut dapat diolah hingga dapat menghasilkan uang.

    Agen penyebab penyakit ialah bakteri dan virus yang bersumber dari rumah sakit, rumah tangga, dll.

    Bahan kimia anorganik dan mineral: kelompok asam yang bersumber dari tambang, kelompok garam bersumber dari irigasi dan lain-lain, kelompok logam beracun bersumber dari peleburan timbal dan lain-lain.

    Bahan kimia organik: kelompok pestisida dan herbisida yang bersumber dari pertanian dan lain lain, kelompok plastik yang bersumber daro perumahan dan lain lain, kelompok deterjen bersumber dari hotel dan lain lain, kelompok senyawa cl bersumber dari industri kertas dan lain lain.

    Unsur Hara, Sedimen, Bahan Radioaktif dan Panas merupakan jenis zat pencemaran lainnya.

    Dampak dari pencemaran lingkungan adalah terganggunya stabilitas kualitas lingkungan diseluruh penjuru dunia yang dapat mengancam ekosistem alam.

    Pencemaran adalah konsentrasi yang melebihi daya dukung lingkungan sehingga alam tidak bisa lagi mempurifikasi diri dan nilai sudah melebihi kapasitas asimilasinya.

    Sumber pencemaran terdapat dua macam yaitu alami yang bersumber dari gunung dan antropogenik yang bersumber dari manusia.

    Penanganan dengan 6E:
    Emission
    Exchange
    Effect
    Environment
    Enforcement

    BalasHapus
  5. @J15-Shasq

    Pencemaran Lingkungan dan Pengendaliannya

    Pencemaran lingkungan hidup adalah masuk atau dimasukkanya makhluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup yang telah ditetapkan.
    Pencemaran lingkungan dibagi menjadi pencemaran air, udara, dan tanah.

    Pencemaran air : masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke dalam air oleh kegiatan manusia sehingga kualitas air menurun ke tingkat tertentu sehingga air tidak berfungsi lagi sebagaimana mestinya.
    Pencemaran Udara : masuknya atau dimasukkannya zat, energi, dan atay komponen lain kedalam udara ambien oleh kegiatan manusia, sehingga mutu udara ambien turun sampai ke tinglat tertentu yamg menyebabkan udara ambien tidak dapat memenuhi fungsinya
    Pencemaran Tanah : keadaan dimana bahan kimia masuk dan merubh lingkungan tanah alami.

    Maka, harus ada pengendaliannya. Dimana pengendalian adalah upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran agar sesuai dengan baku mutu lingkungan.

    Pengendalian adalah upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran agar sesuai dengan baku mutu lingkungan (BML)
    Pengendalian pencemaran air adalah upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran air serta pemulihan kualitas air untuk menjamin kualitas air agar sesuai dengan baku mutu air
    Pengendalian pencemaran udara adalah upaya pencegahan dan/atau penanggulangan pencemaran udara serta pemulihan mutu udara;
    Pengendalian pencemaran tanah adalah upaya pencegahan dan/atau penanggulangan pencemaran tanah serta pemulihan kualitas mutu tanah;

    PENCEMARAN AIR
    Pencemaran Air: diakibatkan oleh masuknya bahan pencemar (polutan) yang dapat berupa gas, bahan-bahan terlarut dan partikulat Pencemaran Air dapat melalui: Atmosfer. Tanah. impasan (run off). Limbah (domestik, industri).
    Bahan pencemar(polutan)
    • Bahan tak toksik
    • Polutan toksik ( Logam berat, senyawa organik, gas, anion, asam, dan alkali
    Jenis dan sumber pencemaram air
    1. Limbah yg memerlukan 02
    Berasal dari domestik, pupuk kotoran hewan, limbah industri
    2. Agen penyebab penyakit
    Contoh bakteri dam virus
    3. Bahan kimia organik dan mineral
    Dikelompokkan lg menjadi asam, garam, logam beracun
    4. Bahan kimia organik
    Dikelompokkan lg menjadi pestisida, herbisida, plastik, dan deterjen.
    5. Hara terutana nitrat
    6. Sedimen
    7. Bahan Radioaktif
    8. Panas

    Dampak Pencemaran Air .
    Pencemaran air berdampak luas, .
    Dapat meracuni sumber air minum, Meracuni makanan hewan . Ketidakseimbangan ekosistem sungai dan danau, Pengrusakan hutan akibat hujan asam, dan lain sebagainya.

    PENCEMARAN: JIKA KOMSENTRASI NILAI SUDAH MELEBIHI DAYA DUKUNGAN LINGKUNGAN ALAM TIDAK BISA LAGI MEMPURIFIKASI DIRI. NILAI SUDAH MELEBIHI

    Sifat sumber pencemarannya:
    • Sumber alami: gunung berapi
    • Sumber antropogenik: pemukiman, industri, dll

    Faktor yang mempengaruhi konsentrasi:
    • Intensitas atau kekuatan sumber
    • Karakteristik bahan pencemar
    • Kondisi meteorologi/klimatologi
    • Faktor geografi/topografi

    Ciri limbah B3:
    • Mudah menyala
    • Mudah meledak
    • Korosif
    • Reaktif
    • Beracun
    • Dpt menginfeksi

    Keterlibatan aspek pencemaran air sehubungan dengan penanggulangannya:
    • Aspek legal
    • Aspek engineering
    • Aspek kesehatan
    • Aspek sumber pencemaran
    • Aspek lingkungan hidup

    Penanganan Masalah Pencemaran Air secara global:
    1. Emission
    2. Exchange
    3. Effect
    4. Environment
    5. Enforcement

    BalasHapus
  6. @J04-Farah

    Pencemaran lingkungan hidup adalah masuknya makhluk hidup zat energi ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehinga melampaui baku mutu atau ambang batas lingkungan hidup yang telah ditetapkan.

    - Pencemaran air adalah adanya bahan pengotor di badan air. Perubahan kualitas air secara fisik, kimia dan biologis yang berakibat pada kehidupan mikroorganisme.

    - Pencemaran udara yaitu masuknya komponen ke dalam udara ambien sehingga mutu udara turun.

    - Pencemaran tanah yaitu keadaan dimana bahan kimia masuk dan mengubah lingkungan tanah alami.

    Pengendalian adalah upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran agar sesuai dengan baku mutu lingkungan (BML).

    - Pengendalian pencemaran air adalah upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran air serta pemulihan kualitas air untuk menjamin kualitas air supaya sesuai dengan baku mutu air.

    - Pengendalian pencemaran udara adalah upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran udara serta pemulihan mutu udara.

    - Pengendalian pencemaran tanah adalah upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran tanah serta pemulihan kualitas mutu tanah.

    Pencemaran air diakibatkan oleh pencemar atau polutan yang dapat berupa gas, bahan-bahan terlarut dan partikulat. Pencemaran air dapat melalui: atmosfer, tanah, impasan (run off), limbah (domestik dan industri).

    Bahan pencemar/polutan:
    1. Polutan tak toksik (bahan-bahan alami tersuspensi dan nutrien)
    2. Polutan toksik seperti logam berat (Pb, Ni, Zn), senyawa organik (herbisida, pestisida organoklorin), gas (lhlorin dan amonia), anion (sianida, fluorida, sulfat), asam dan alkali

    Jenis zat pencemar:
    1. Limbah yang memerlukan O2, berasal dari domestik, pupuk kotoran hewan, limbah industri.
    2. Agen penyebab penyakit, berasal dari bakteri dan virus
    3. Bahan kimia anorganik dan mineral, berasal dari asam yang bersumber dari tambang batu bara, garam-garam dan dari logam beracun
    4. Bahan kimia organik, berasal dari pestisida dan herbisida, plastik, detergen
    5. Hara terutama nitrat
    6. Sedimen
    7. Bahan radioaktif
    8. Panas yang bersumber dari air pendingin pabrik

    Pencemaran air bisa berdampak meracuni sumber air minum, makanan hewan, perusakan hutan akibat hujan asam. Jika konsentrasi sudah melebihi daya dukung lingkungan, alam dan air tidak bisa lagi mempurifikasi diri karena nilai sudah melebihi kapasitas asimilasinya.

    Faktor yang mempengaruhi konsentrasi:
    - intensitas sumber
    - karakteristik bahan pencemar
    - kondisi meteorologi
    - faktor geografi

    Pengaruh pencemaran air secara global:
    - emission (sumber emisi/pencemar)
    - exchange (mekanisme pertukaran)
    - effect (pengaruh)
    - environment (lingkungan)
    - enforcement (undang-undang)

    BalasHapus
  7. Nama : Ivan Bontor B
    NIM : 41618010047

    Pencemaran lingkungan hidup adalah masuk atau dimasukkannya mahluk hidup, zat, energi, dan komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga melampaui baku mutu lingkungan hidup yang telah ditetapkan. Ada 3 jenis pencemaran yaitu : pencemaran tanah, air, udara.
    Pengendalian adalah upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran agar sesuai dengan baku mutu lingkungan (BML).
    Pengendalian pencemaran air adalah upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran air serta pemulihan kualitas air untuk menjamin kualitas air agar sesuai dengan baku mutu air.
    Pengendalian pencemaran udara adalah upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran udara serta pemulihan mutu udara.
    Pengendalian pencemaran tanah adalah upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran tanah serta pemulihan kualitas mutu tanah.

    A. Bahan Pencemaran
    a. Polutan tak toksik (bahan-
    bahan alami tersuspensi dan
    nutrien).
    b. Polutan toksik :
    1. Logam berat : Pb, Ni, Zn
    2. Senyawa organik :
    - Pestisida organoklorin
    - Herbisida
    3. Gas
    4. Anion (Sianida, fluorida,
    sulfida dan sulfat)
    5. Asam dan alkali

    8 jenis zat pencemar :
    1. Limbah yang memerlukan O2
    Berasal dari domestik, pupuk
    kotoran hewan, limbah industri.
    Sumber :
    - Aliran kotoran alamiah dari
    tanah
    - Limbah rumah tangga
    - Pembusukan tumbuhan
    - Limbah Industri
    2. Agen penyebab penyakit
    Contoh : Bakteri dan virus
    Sumber : Rumah tangga, rumah
    sakit, kotoran kebun
    binatang
    3. Bahan kimia anorganik dan
    mineral, beberapa kelompok :
    a. Asam
    b. Garam - garam
    C. Logam beracun
    4. Bahan kimia organik
    a. Pestisida dan herbisida
    b. Plastik
    C. Diterjen
    d. Senyawa Cl
    5. Hara
    6. Sedimen (Tanah, lumpur, pasir)
    Sumber : Erosi alamiah, limbah
    pertanian, tambang,
    kegiatan konstruksi,
    kehutanan.
    7. Bahan radioaktif
    8. Panas

    Dampak pencemaran air :
    - Pencemaran air berdampak luas
    - Meracuni makanan hewan
    - Ketidakseimbangan ekosistem danau,
    sungai, laut
    Jadi pencemaran itu jika konsentrasi sudah melebihi daya dukung lingkungan alam tidak bisa lagi mempurifikasi diri. Nilai sudah melebihi kapasitas asimilasinya.

    Klasifikasi sumber pencemar
    a. Pergerakannya
    1. Sumber tetap
    2. Sumber bergerak
    b. Sifat sumber pencemarannya

    Faktor - faktor yang mempengaruhi konsentrasi
    - Intensitas atau kekuatan sumber
    - Karakteristik bahan pencemar
    - Kondisi meteorologi

    Ciri limbah B3 :
    - Mudah menyala
    - Mudah meledak
    - Korosif
    - Reaktif
    - Beracun

    Keterlibatan aspek pencemaran air sehubungan dengan penanggulangan :
    - Aspek legal
    - Aspek engineering
    - Aspek kesehatan
    - Aspek sumber pencemaran
    - Aspek lingkungan hidup

    Penanganan masalah pencemaran air secara global
    1. Emission
    2. Exchange
    3. Effect
    4. Environment
    5. Enforcement

    BalasHapus
  8. @J05-Alif
    Pencemaran Lingkungan dan Pengendaliannya

    Pencemaran Lingkungan hidup adalah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga melampaui baku mutu hidup yang telah ditetapkan.

    Pencemaran lingkungan dibagi menjadi beberapa jenis yang sering terjadi, yaitu pencemaran air, udara dan tanah.

    Bagaimana dengan Pengendaliannya? Pengendalian adalah upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran agar sesuai dengan baku mutu lingkungan atau ambang batas lingkungan.

    Pengendalian ada 3 jenis juga, yaitu pengendalian pencemaran air, udara, dan tanah yang berfungsi untuk memulihkan kadar mutu kembali ke bentuk awalnya.

    ∆ Pencemaran Air
    ~Pencemaran air : diakibatkan oleh masuknya bahan polutan yang dapat berupa gas, bahan-bahan terlarut dan partikulat.
    ~Bahan pencemaran air
    a. Polutan tak toksik
    b. Polutan toksik :
    •Logam berat (no. Atom >20)
    •Senyawa organik
    •Gas
    •Anion
    •Asam dan alkali
    ~Jenis dan sumber pencemaran air
    Ada 8 jenis pencemaran air, yaitu :
    1. Limbah yang memerlukan Oksigen
    Berasal dari domestik, pupuk kotoran hewan, limbah industri
    Sumbernya meliputi aliran kotoran alamiah dari tanah, limbah rumah tangga, pembusukan tumbuhan, limbah industri.
    2. Penyebab penyakit
    Contoh: bakteri dan virus
    Sumbernya meliputi rumah tangga, rumah sakit, kotoran kebun binatang.
    3. Bahan kimia anorganik dan mineral
    •Asam (tambang, limbah industri)
    •Garam (irigasi, lapangan minyak)
    •Logam beracun (timbal, premium)
    4. Bahan kimia organik
    Seperti pestisida, herbisida, plastik, deterjen(fosfat), senyawa Cl
    5. Hara(Nitrogen & Fosfat)
    Sumbernya dari aliran lahan pertanian, pertambangan.
    6. Sedimen
    Berasal dari erosi alamiah, limbah pertanian, tambang, kegiatan konstruksi.
    7. Bahan radioaktif
    Bersumber dari pembangkit tenaga nullir, penambangan uranium, percobaan senjata nuklir.
    8. Panas
    Berasal dari air pendingin pabrik.

    Dampak Pencemaran Air
    Meliputi pencemaran air berdampak luas, dapat meracuni sumber air minum, hutan tropis rusak akibat hujan asam, dll.

    Klasifikasi sumber pencemaran
    a. Pergerakannya
    Ada sumber tetap dan sumber bergerak
    b. Sifat sumber pencemarannya
    Ada sumber alami dan antropogenik.

    Faktor-faktor yang mempengaruhi konsentrasi meliputi intensitas, karakteristik bahan pencemar, kondisi metreologi, faktor geografi

    Ciri limbah B3 adalah mudah menyala, meledak, korosif, reaktif, beracun.

    Keterlibatan Aspek Pencemaran Air Sehubungan Dengan Penanggulangan ada 5 yaitu aspek legal, aspek engineering(Dep. PU), aspek kesehatan(Dep. Kesehatan), aspek pencemaran(Dep. Perindustrian), aspek lingkungan hidup(Dep.LH).

    BalasHapus
  9. @J06-Razan
    Pencemaran Lingkungan Hidup :
    "Masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia."

    Pencemaran air adanya bahan2 pengotor dibadan air. Perubahan kualitas air secara fisik, kimia, dan biologis yang berakibat pada kehidupan mikroorganisme.
    Sumber pencemaran air yaitu secara langsung dan tidak langsung. Langsung contohnya pabrik, sumber buangan. Tdk langsung contohnya air dari jalan dan kegiatan pertanian.
    Macam2 pencemaran air yaitu bahan patogen (buangan manusia dan hewan, dll), kimia organik (pestisida, minyak, oli, bensin, dll) dan anorganik (asam, basa, garam), kekurangan oksigen, endapan, dan polusi panas. Penyebab penyakit yaitu bakteri dan virus. Dampak pencemaran air contohnya adalah rusaknya hutan dan timbul masalah pencernaan bagi manusia serta kanker kulit.

    Pencemaran udara yaitu masuknya komponen ke dalam udara ambien sehingga mutu udara turun.

    Pencemaran tanah yaitu keadaan dimana bahan kimia masuk dan merubah lingkungan tanah alami.

    Pengendalian pencemaran adalah upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran agar sesuai dengan baku mutu lingkungan. Mulai dari air, udara, hingga tanah.

    Faktor2 yang mempengaruhi konsentrasi diantaranya intensitas sumber, karakteristik bahan pencemar, faktor geografi, dan kondisi meteorologi.

    Penanganan masalah pencemaran secara global :
    -emission
    -exchange
    -effect
    -environment
    -enforcement

    BalasHapus
  10. @J12-Sinta

    》 Pencemaran lingkungan hidup adalah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup yang telah ditetapkan.
    • Pencemaran lingkungan terdiri dari pencemaran air, pencemaran udara, dan pencemaran tanah.
    • Pencemaran air adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi atau komponen lain yang masuk kedalam air yang diakibatkan oleh kegiatan manusia. Sehingga kualitas air menurun dibawah ambang batas, sehingga air tidak dapat berfungsi untuk peruntukannya.
    • Pencemaran udara adalah masuknya atau dimasukkannya zat, energi, dan komp lain ke dalam udara yang diakibatkan oleh kegiatan manusia, sehingga mutu udara turun sampai ke tingkat tertentu (dibawah ambang batas) sehingga tidak dapat berfungsi untuk peruntukannya.
    • Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia (buatan manusia) masuk dan merubah lingkungan tanah alami.

    》 Pengendalian
    • Pengendalian adalah upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran agar sesuai dengan baku mutu lingkungan (BML).
    • Pengendalian ini bisa dilakukan untuk pencemaran lingkungan seperti pencemaran air, pencemaran udara, dan pencemaran tanah yang berupaya untuk pencegahan atau penanggulangan yang berfungsi untuk pemulihan kembali kualitas mutu air, udara, dan tanah.

    》 Pencemaran air diakibatkan oleh masuknya bahan pencemar (polutan) yang dapat berupa gas, bahan-bahan pencemar lain.
    • Bahan pencemar (polutan) :
    A. Polutan tak toxic (bahan-bahan alami (tersuspensi dan nutrien))
    B. Polutan toxic = logam berat, senyawa organik, gas, anion, asam dan alkali

    • 8 jenis zat pencemar
    1. Limbah yang memerlukan O2
    Berasal dari dosmetik, pupuk kotoran hewan, limbah industri yabg bersunber dari aliran kotoran alamiah dr tanah, limbah rumah tangga, limbah industri, dan pembusukan tanah.
    2. Agen penyebab penyakit
    Contoh : bakteri dan virus yang bersumber dari rumah tangga, rumah sakit, kotoran kebun binatang.
    3. Bahan kimia anorganik dan mineral, masuk kedalam kelompok
    A. Asam yang bersumber dari tambang
    B. Garam yang bersumber dari kotoran alamiah dari tanah, irigasi, tambang
    C. Logam beracun limbah industri, bahan bakar minyak, pestisida
    4. Bahan kimia organik
    A. Pestisida dan herbisida yang bersumber dari pertanian, kehutanan, pemberantasan nyamuk
    B. Plastik yang bersumber dari limbah industri dan limbah rumah tangga
    C. Detergen (fosfat) yang bersumber dari limbah industri dan limbah rumah tangga
    5. Hara sumbernya dari industru, penambangan
    6. Sendimen dari limbah pertanian, tambang
    7. Bahan radioaktif yang bersumber dari penambangan uranium, percobaan senjata nuklir
    8. Panas yang bersumber dari air pendingin pabrik

    》 Dampak pencemaran air :
    - Dapat meracuni sumber air minum
    - Meracuni makanan hewan
    - Ketidakseimbangan ekosistem sungai dan danau

    》 Klasifikasi sumber pencemar
    A. Pergerakannya
    1. Sumber tetap (stationer) meliputi kegiatan industri, rumah tangga
    2. Sumber bergerak
    B. Sifat sumber pencenarannya
    1. Sumber alami = gunung berapi
    2. Sumber antropogenik
    》 Faktor-faktor yang mempengaruhi konsentrasi
    - Insentisitas atau kekuatan sumber
    - Karakteristik bahan pencemar
    - Kondisi meteorlogi/klimatologi
    - Faktor geografi

    BalasHapus
  11. @J20-Fadilah

    ~Jenis dan sumber pencemaran air
    Ada 8 jenis pencemaran air, yaitu :
    1. Limbah yang memerlukan Oksigen
    Berasal dari domestik, pupuk kotoran hewan, limbah industri
    Sumbernya meliputi aliran kotoran alamiah dari tanah, limbah rumah tangga, pembusukan tumbuhan, limbah industri.
    2. Penyebab penyakit
    Contoh: bakteri dan virus
    Sumbernya meliputi rumah tangga, rumah sakit, kotoran kebun binatang.
    3. Bahan kimia anorganik dan mineral
    •Asam (tambang, limbah industri)
    •Garam (irigasi, lapangan minyak)
    •Logam beracun (timbal, premium)
    4. Bahan kimia organik
    Seperti pestisida, herbisida, plastik, deterjen(fosfat), senyawa Cl
    5. Hara(Nitrogen & Fosfat)
    Sumbernya dari aliran lahan pertanian, pertambangan.
    6. Sedimen
    Berasal dari erosi alamiah, limbah pertanian, tambang, kegiatan konstruksi.
    7. Bahan radioaktif
    Bersumber dari pembangkit tenaga nullir, penambangan uranium, percobaan senjata nuklir.
    8. Panas
    Berasal dari air pendingin pabrik.

    Dampak Pencemaran Air
    Meliputi pencemaran air berdampak luas, dapat meracuni sumber air minum, hutan tropis rusak akibat hujan asam, dll.

    Keterlibatan aspek pencemaran air sehubungan dengan penanggulangan :
    -aspek legal(legislatif dan eksekutif)
    -aspek engineering(tata kota,dep.PU)
    -aspek kesehatan
    -aspek lingkungan hidup

    BalasHapus
  12. @J16-Tri

    Pencemaran lingkungan hidup adalah masuknya makhluk hidup zat energi ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehinga melampaui baku mutu atau ambang batas lingkungan hidup yang telah ditetapkan.

    - Pencemaran air adalah adanya bahan pengotor di badan air. Perubahan kualitas air secara fisik, kimia dan biologis yang berakibat pada kehidupan mikroorganisme.

    - Pencemaran udara yaitu masuknya komponen ke dalam udara ambien sehingga mutu udara turun.

    - Pencemaran tanah yaitu keadaan dimana bahan kimia masuk dan mengubah lingkungan tanah alami.

    Pengendalian adalah upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran agar sesuai dengan baku mutu lingkungan (BML).

    - Pengendalian pencemaran air adalah upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran air serta pemulihan kualitas air untuk menjamin kualitas air supaya sesuai dengan baku mutu air.

    - Pengendalian pencemaran udara adalah upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran udara serta pemulihan mutu udara.

    Pencemaran air diakibatkan oleh pencemar atau polutan yang dapat berupa gas, bahan-bahan terlarut dan partikulat. Pencemaran air dapat melalui: atmosfer, tanah, impasan (run off), limbah (domestik dan industri).

    Bahan pencemar/polutan:

    Jenis zat pencemar:
    1. Limbah yang memerlukan O2, berasal dari domestik, pupuk kotoran hewan, limbah industri.
    2. Agen penyebab penyakit, berasal dari bakteri dan virus
    3. Bahan kimia anorganik dan mineral, berasal dari asam yang bersumber dari tambang batu bara, garam-garam dan dari logam beracun
    4. Bahan kimia organik, berasal dari pestisida dan herbisida, plastik, detergen
    5. Hara terutama nitrat
    6. Sedimen
    7. Bahan radioaktif
    8. Panas yang bersumber dari air pendingin pabrik

    Pencemaran air bisa berdampak meracuni sumber air minum, makanan hewan, perusakan hutan akibat hujan asam. Jika konsentrasi sudah melebihi daya dukung lingkungan, alam dan air tidak bisa lagi mempurifikasi diri karena nilai sudah melebihi kapasitas asimilasinya.

    Faktor yang mempengaruhi konsentrasi:
    - intensitas sumber
    - karakteristik bahan pencemar
    - kondisi meteorologi
    - faktor geografi

    BalasHapus
  13. @J13-Silvia

    Pecemaran
    Pencemaran lingkungan hidup adalah masuk atau di masukannya makhluk hidup,zat energi,dan komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga melampaui baku mutu lingkungan hidup yang telah di tetapkan
    Pencemaran air adalah masuknya zat,energi,dan komponen lain ke dalam air oleh kegiatan manusia,sehingga kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukan nya.
    Pencemaran udara adalah masuknya zat energi,dan komponen lain ke dalam udara ambien oleh kegiatan manusia.sehingga mutu udara ambien turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan udara ambien tidak dapat memenuhi fungsinya
    Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia(buatan manusia)masuk dan merubah lingkungan alami.
    pengendalian adalah upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran agar sesuai dengan baku mutu lingkungan (BML)
    Pengendalian pencemaran air adalah upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran air serta pemulihan kualitas air untuk menjamin kualitas air agar sesuai dengan baku mutu air.
    Pengendalian pencemaran udara adalah upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran udara serta pemulihan mutu udara.
    pengendalian pencemaran tanah adalah upaya pencegahan atau penanggulangan pencemaran tanah serta pemulihan kualitas mutu tanah.
    *Pencemaran air dapat melalui:
    1.Atmosfer
    2.Tanah
    3.Limpasan(runn off)
    4.Limbah (domestik,industri)
    A.Bahan pencemar
    a.polutan tak Toksik(bahan-bahan alami(tersuspensi dan nutrien)
    b.polutan Toksik
    1.Logam Berat: Pb.Ni,Zn,Cu,Hg(No atom >20)
    2.Senyawa organik
    -pestisida Orgaboklorin
    -Herbisida
    -dll
    3.Gas(khlorin dan Amonia)
    4.Anion(Sianida,Fluorida,Sulfida&Sulfat)
    5.Asam dan Alkali

    Jenis dan Sumber Pencemaran Air
    B.Jenis Zat pencemar:
    1.Limbah yang memerlukan O2
    Berasal dari domestik,pupuk kotoran,limbah industri
    Sumber:
    -Aliran kotoran alamiah dari tanah
    -Limbah rumah tangga
    -Pembusukan tumbuhan
    -Limbah industri (kilang minyak,pabrik kertas,prosesing makanan)
    2.Agen Penyebab penyakit
    Contoh:Bakteri dan Virus
    sumber:Rumah tangga,rumah sakit,kotoran kebun binatang.
    3.Bahan kimia anorganik dan mineral,beberapa kelompok:
    a.Asam
    Sumber:Tambang(terutama batu bara),limbah industri.
    b.Garam-Garam
    Sumber:Kotoran almiah dari tanah,irigasi,tambang,limbah industri,lapangan minyak
    c.Logam beracum (Hg,Pb,Cd,Cr)
    Sumber:limbah industri,bahan bakar minyak(premium,premix),peleburan timbal,pestisida,flungisida
    4.Bahan kimia organik:
    a.pestisida dan herbisida
    Sumber:Pertanian,kehutanan,pemberantasan nyamuk
    b.Plastik
    Sumber:Perumahan dan industri
    c.Detergen
    Sumber:rumah tangga
    d.Senyawa Cl
    sumber:desinfeksi dengan Cl2,
    5 Hara
    6.Sedimen sumber:Erosi almiah,limbah pertanian
    7.Bahan radioaktif sumber:almiah(tanah,karang),penambangan uranium,pembangkit tenaga nuklir,percobaan senjata nuklir
    8.Panas sumber: air pendingin pabrik
    Dampak pencemaran air
    -Pencemaran air berdampak luas
    -Dapat meracuni sumber air minum
    -Meracuni makanan hewan
    -Ketidakseimbangan ekosistem sungai dan danau
    Klasifikasi sumber pencemar
    a.Pergerakannya
    1.Sumber tetap(stanioner):
    Kegiatan:Industri,Rumah tangga
    2.Sumber bergerak:Kendaraan bermotor
    b.Sifat sumber pencemarnya
    1.Sumber alami:Gunung berapi
    2.Sumber antropogenik:Pemukiman

    Faktor-Faktor yang mempengaruhi
    1.Intensitas atau kekuatan sumber
    2.Karakteristik bahan pencemar
    3.Kondisi meteorologi/klimatologi
    4.Faktor geografi/topografi

    Keterlibatan aspek pencemaran air sehubung dengan penanggulangan nya:
    -Aspek Legal(legislatif dan eksekutif)
    -Aspek engineering (tata kota,Dep,PU)
    -Aspek kesehatan(Dep.Kes)
    -Aspek sumber pencemaran (Dep.Perindustrian,DLLAJ)
    -Aspek lingkungan hiduo(Dep.Lh)

    Penanganan masalah pencemaran air secara global
    1.Emission (Sumber emisi)
    2.Exchange (mekanisme pertukaran)

    BalasHapus
  14. @J02-Rizky

    Pencemaran Lingkungan dan Pengendaliannya

    Pencemaran Lingkungan hidup adalah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga melampaui baku mutu hidup yang telah ditetapkan.

    Pencemaran lingkungan dibagi menjadi beberapa jenis yang sering terjadi, yaitu pencemaran air, udara dan tanah.

    Bagaimana dengan Pengendaliannya? Pengendalian adalah upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran agar sesuai dengan baku mutu lingkungan atau ambang batas lingkungan.

    Pengendalian ada 3 jenis juga, yaitu pengendalian pencemaran air, udara, dan tanah yang berfungsi untuk memulihkan kadar mutu kembali ke bentuk awalnya.

    ∆ Pencemaran Air
    ~Pencemaran air : diakibatkan oleh masuknya bahan polutan yang dapat berupa gas, bahan-bahan terlarut dan partikulat.
    ~Bahan pencemaran air
    a. Polutan tak toksik
    b. Polutan toksik :
    •Logam berat (no. Atom >20)
    •Senyawa organik
    •Gas
    •Anion
    •Asam dan alkali
    ~Jenis dan sumber pencemaran air
    Ada 8 jenis pencemaran air, yaitu :
    1. Limbah yang memerlukan Oksigen
    Berasal dari domestik, pupuk kotoran hewan, limbah industri
    Sumbernya meliputi aliran kotoran alamiah dari tanah, limbah rumah tangga, pembusukan tumbuhan, limbah industri.
    2. Penyebab penyakit
    Contoh: bakteri dan virus
    Sumbernya meliputi rumah tangga, rumah sakit, kotoran kebun binatang.
    3. Bahan kimia anorganik dan mineral
    •Asam (tambang, limbah industri)
    •Garam (irigasi, lapangan minyak)
    •Logam beracun (timbal, premium)
    4. Bahan kimia organik
    Seperti pestisida, herbisida, plastik, deterjen(fosfat), senyawa Cl
    5. Hara(Nitrogen & Fosfat)
    Sumbernya dari aliran lahan pertanian, pertambangan.
    6. Sedimen
    Berasal dari erosi alamiah, limbah pertanian, tambang, kegiatan konstruksi.
    7. Bahan radioaktif
    Bersumber dari pembangkit tenaga nullir, penambangan uranium, percobaan senjata nuklir.
    8. Panas
    Berasal dari air pendingin pabrik.

    Dampak Pencemaran Air
    Meliputi pencemaran air berdampak luas, dapat meracuni sumber air minum, hutan tropis rusak akibat hujan asam, dll.

    Klasifikasi sumber pencemaran
    a. Pergerakannya
    Ada sumber tetap dan sumber bergerak
    b. Sifat sumber pencemarannya
    Ada sumber alami dan antropogenik.

    Faktor-faktor yang mempengaruhi konsentrasi meliputi intensitas, karakteristik bahan pencemar, kondisi metreologi, faktor geografi

    Ciri limbah B3 adalah mudah menyala, meledak, korosif, reaktif, beracun.

    Keterlibatan Aspek Pencemaran Air Sehubungan Dengan Penanggulangan ada 5 yaitu aspek legal, aspek engineering(Dep. PU), aspek kesehatan(Dep. Kesehatan), aspek pencemaran(Dep. Perindustrian), aspek lingkungan hidup(Dep.LH).

    BalasHapus
  15. @J01-Triyatno
    PENCEMARAN LINGKUNGAN DAN PENGENDALIANNYA
    Pencemaran lingkungan hidup; masuk atau dimasukan makhluk hidup, zat, energi, dan/komponen lain ke dalam lingkungan. Upaya pencegahaan dan penanggulangan pencemaran agar sesuai dengan baku mutu lingkugan(BML).
    Pencemaran air; masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi dan komponen lain ke dalam air oleh kegiatan manusia. Upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran air serta pemulihan kualitas air untuk menjamin kualaitas air sesuai baku mutu air.
    Pencemaran Udara; masuknya atau dimasukkannya zat, energi, dan/atau komponen lain ke dalam udara ambien oleh kegiatan manusia. Upaya pencegaham dan/atau penanggulangan pencemaran udara serta pemulihan mutu udara.
    Pencemaran tanah; keadaan di mana bahan kimia (buatan manusia) masuk dan merubah lingkungan tanah alami. Upaya pencegahaan dan/atau penanggulangan pencemaran tanah serta pemulihan kuliatas mutu tanah.
    Baku/Mutu/ Ambang Batas
    -Bahan Pencemaran (Polutan)
    • Polutan tak toksik
    • Polutan toksik
     Logam berat: Pb, Ni, Zn, Cu, Hg (No Atom>20)
     Senyawa organik
     Gas(khlorin dan Amonia)
     Anion (sianida, Fluorida, Sulfida dan Sulfat)
     Asam dan Alkali
    8 Jenis zat Pencemaran:
    • Limbah yang memerlukan O2,
    berasal dari domestik, pupuk kotoran hewan,limbah industri.
    Sumber: kotoran alamiah dari tanah, limbah rumah tangga, pembusukan tumbuhan, limbah industi
    • Agen Penyebab penyakit
    Sumber: rumah tangga, rumah sakit, kotoran kebun binatang
    • Bahan kimia anorganik dan mineral
     Asam
    Sumbernya:Tambang, Limbah industri
     Garam-garam
    Sumber: irigasi, tambang, limbah industri
     Logam Beracun (Hg,Pb,Cd,Cr)
    Sumber: limbah industri, BBM, peleburan timbal
    • Bahan kimia organik
     Pestisida dan herbisida
     Plastik
     Deterjen
     Senyawa CI
    • Hara
    • Sedimen( Tanah, Lumpur,Pasir)
    Sumber: erosi alamiah, limbah pertanian, tambang.
    • Bahan Radioaktif
    Sumber :alamiah(tanah,karang), penambangan uranium,
    • Panas
    Sumber: air pendingin
    Pencemaran Air
    • Pencemaran air berdampak luas
    • Dapat meracuni sumber air minum
    • Meracuni makanan hewan
    Jika Konsentrasi/nilai sudah melebihi Daya dukung lingkungan
    Alam/air tidak bisa lagi mempurifikasi diri Nilai sudah melebihi kapasitas asimilasinya

    Klasifikasi sumber Pencemar
    Pergerakannya
    • Sumber tetap (stationer)
    • Sumber Bergerak
    Faktor-faktor yang mempengaruhi konsentrasi
    • Intensitas atau kekuatan sumber
    • Karakteristik bahan pencemar
    • Faktor geografi/topografi
    • Kondisi meterologi/klimatologi
    Limbah B3
    • Mudah menyala
    • Mudah meledak
    • Korosif
    • Reaktif
    • Beracun
    • Dapat menginfeksi
    Keterlibatan Aspek Pencemaran Air
    • Aspek Legal
    • Aspek engineering
    • Aspek kesehatan
    • Aspek sumber pencemaran
    • Aspek lingkungan hidup

    Penanganan masalah pencemaran air secara global
    • Emission
    • Exchange
    • Effect

    BalasHapus
  16. @j22 -almer
    Penyebab pencemaran air umumnya adalah dampak dari aktivitas manusia seperti pada bidang pertanian (aliran pestisida yang mengarah pada sungai), bidang industri (kilang minyak) dan lainnya. Penanggulangan pencemaran air bisa dilibatkan dengan beberapa aspek seperti:
    1. aspek legal
    2. aspek engineering
    3. aspek kesehatan
    4. aspek sumber pencemaran
    5. aspek lingkungan hidup

    BalasHapus
  17. Andika Yudistira (@J08-Andika).
    Pencemaran lingkungan hidup adalah masuk atau dimasukkanya makhluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup yang telah ditetapkan.
    Pencemaran lingkungan dibagi menjadi pencemaran air, udara, dan tanah.

    Pencemaran air : masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke dalam air oleh kegiatan manusia sehingga kualitas air menurun ke tingkat tertentu sehingga air tidak berfungsi lagi sebagaimana mestinya.
    Pencemaran Udara : masuknya atau dimasukkannya zat, energi, dan atay komponen lain kedalam udara ambien oleh kegiatan manusia, sehingga mutu udara ambien turun sampai ke tinglat tertentu yamg menyebabkan udara ambien tidak dapat memenuhi fungsinya
    Pencemaran Tanah : keadaan dimana bahan kimia masuk dan merubh lingkungan tanah alami.

    Maka, harus ada pengendaliannya. Dimana pengendalian adalah upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran agar sesuai dengan baku mutu lingkungan.

    Pengendalian adalah upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran agar sesuai dengan baku mutu lingkungan (BML)
    Pengendalian pencemaran air adalah upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran air serta pemulihan kualitas air untuk menjamin kualitas air agar sesuai dengan baku mutu air
    Pengendalian pencemaran udara adalah upaya pencegahan dan/atau penanggulangan pencemaran udara serta pemulihan mutu udara;
    Pengendalian pencemaran tanah adalah upaya pencegahan dan/atau penanggulangan pencemaran tanah serta pemulihan kualitas mutu tanah;

    PENCEMARAN AIR
    Pencemaran Air: diakibatkan oleh masuknya bahan pencemar (polutan) yang dapat berupa gas, bahan-bahan terlarut dan partikulat Pencemaran Air dapat melalui: Atmosfer. Tanah. impasan (run off). Limbah (domestik, industri).
    Bahan pencemar(polutan)
    • Bahan tak toksik
    • Polutan toksik ( Logam berat, senyawa organik, gas, anion, asam, dan alkali
    Jenis dan sumber pencemaram air
    1. Limbah yg memerlukan 02
    Berasal dari domestik, pupuk kotoran hewan, limbah industri
    2. Agen penyebab penyakit
    Contoh bakteri dam virus
    3. Bahan kimia organik dan mineral
    Dikelompokkan lg menjadi asam, garam, logam beracun
    4. Bahan kimia organik
    Dikelompokkan lg menjadi pestisida, herbisida, plastik, dan deterjen.
    5. Hara terutana nitrat
    6. Sedimen
    7. Bahan Radioaktif
    8. Panas

    Dampak Pencemaran Air .
    Pencemaran air berdampak luas, .
    Dapat meracuni sumber air minum, Meracuni makanan hewan . Ketidakseimbangan ekosistem sungai dan danau, Pengrusakan hutan akibat hujan asam, dan lain sebagainya.

    Sifat sumber pencemaran : 1. Sumber alami : gunung berapi , 2. Sumber antropogenik.
    Faktor yang mempengaruhi konsentrasi : 1. Intensitas atau kekuatan sumber , 2. Karakteristik bahan pencemar , 3. Kondisi meteorologi , 4. Faktor geografi
    Ciri limbah B3 : 1. Mudah menyala , 2. Mudah meledak , 3. Korosif , 4. Reaktif.
    Keterlibatan aspek pencemaran air sehububgan dengan penanggupangan antara lain :
    1. Aspek legal
    2. Aspek engineering
    3. Aspek kesehatan
    4. Asek sumber penceemaran
    5. Aspek lingkunhan hidup
    Penanganan masalah air secara global :
    1. Emission
    2. Exchange
    3. Effect
    4. Environment
    5. Enforcement.

    BalasHapus
  18. @J10Faishal

    Pencemaran lingkungan hidup adalah masuknya makhluk hidup zat energi ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehinga melampaui baku mutu atau ambang batas lingkungan hidup yang telah ditetapkan. 

    Pengendalian adalah upaya oencegahan dan penanggulangan agar sesuai dengan baku mutu lingkungan
    Ada 3 jenis pengendalian pencemaran lingkungan seperti pengendalian pencemaran air untuk menjamin kualitas air agar sesuai bml, pengendalian pencemaran udara seperti pemulihan mutu udara dengan salah satu caranya uji emisi untuk kendaraan bermotor, pengendalian pemulihan mutu tanah upaya menjaga kualitas mutu tanah seperti untuk pemanfaatan pertanian.

    Segala sesuatu yang telah melebihi ambang batas akan selalu berdampak buruk bagi manusia contohnya juga pencemaran seperti tempat pembuangan akhir sampah yang telah menumpuk dan sangat sulit terurai padahal sampah bisa dimanfaatkan kembali seperti sampah plastik menjadi biji plastik.

    Bahan pencemar/polutan:
    1. Polutan tak toksik (bahan-bahan alami tersuspensi dan nutrien)
    2. Polutan toksik seperti logam berat (Pb, Ni, Zn), senyawa organik (herbisida, pestisida organoklorin), gas (lhlorin dan amonia), anion (sianida, fluorida, sulfat), asam dan alkali.

    Pencemaran air bisa berdampak meracuni sumber air minum, makanan hewan, perusakan hutan akibat hujan asam. Jika konsentrasi sudah melebihi daya dukung lingkungan, alam dan air tidak bisa lagi mempurifikasi diri karena nilai sudah melebihi kapasitas asimilasinya.

    Penanganan masalah pencemaran air secara global
    1. Emission
    2. Exchange
    3. Effect
    4. Environment
    5. Enforcement

    BalasHapus
  19. @J21-Gusti
    Jenis dan sumber pencemaran air
    Ada 8 jenis pencemaran air, yaitu :
    1. Limbah yang memerlukan Oksigen
    Berasal dari domestik, pupuk kotoran hewan, limbah industri
    Sumbernya meliputi aliran kotoran alamiah dari tanah, limbah rumah tangga, pembusukan tumbuhan, limbah industri.
    2. Penyebab penyakit
    Contoh: bakteri dan virus
    Sumbernya meliputi rumah tangga, rumah sakit, kotoran kebun binatang.
    3. Bahan kimia anorganik dan mineral
    •Asam (tambang, limbah industri)
    •Garam (irigasi, lapangan minyak)
    •Logam beracun (timbal, premium)
    4. Bahan kimia organik
    Seperti pestisida, herbisida, plastik, deterjen(fosfat), senyawa Cl
    5. Hara(Nitrogen & Fosfat)
    Sumbernya dari aliran lahan pertanian, pertambangan.
    6. Sedimen
    Berasal dari erosi alamiah, limbah pertanian, tambang, kegiatan konstruksi.
    7. Bahan radioaktif
    Bersumber dari pembangkit tenaga nullir, penambangan uranium, percobaan senjata nuklir.
    8. Panas
    Berasal dari air pendingin pabrik.

    Dampak Pencemaran Air
    Meliputi pencemaran air berdampak luas, dapat meracuni sumber air minum, hutan tropis rusak akibat hujan asam, dll.
    Faktor-faktor yang mempengaruhi konsentrasi meliputi intensitas, karakteristik bahan pencemar, kondisi metreologi, faktor geografi

    Ciri limbah B3 adalah mudah menyala, meledak, korosif, reaktif, beracun.

    Keterlibatan Aspek Pencemaran Air Sehubungan Dengan Penanggulangan ada 5 yaitu aspek legal, aspek engineering(Dep. PU), aspek kesehatan(Dep. Kesehatan), aspek pencemaran(Dep. Perindustrian), aspek lingkungan hidup(Dep.LH).


    Sifat sumber pencemaran : 1. Sumber alami : gunung berapi , 2. Sumber antropogenik.
    Faktor yang mempengaruhi konsentrasi : 1. Intensitas atau kekuatan sumber , 2. Karakteristik bahan pencemar , 3. Kondisi meteorologi , 4. Faktor geografi
    Ciri limbah B3 : 1. Mudah menyala , 2. Mudah meledak , 3. Korosif , 4. Reaktif.
    Keterlibatan aspek pencemaran air sehububgan dengan penanggupangan antara lain :
    1. Aspek legal
    2. Aspek engineering
    3. Aspek kesehatan
    4. Asek sumber penceemaran
    5. Aspek lingkunhan hidup
    Penanganan masalah air secara global :
    1. Emission
    2. Exchange
    3. Effect
    4. Environment
    5. Enforcement.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.