.

Senin, 19 November 2018

Air Kita Sudah Tercemar!

Oleh : @K19-Luthfiah

Abstrak 
    Air adalah sumer kehidupan. Air bagi kehidupan kita sangatlah berguna dan dibutuhkan. Hampir setiap hal yang kita lakukan membutuhkan air. Seperti mandi, minum, memasak, mencuci, dan masih banyak hal lainnya. Air juga emiliki fungsi sangat vital bagi kehidupan, karena hampir seluruh penyusun tubuh manusia adalah air. Tetapi, saat ini banyak sumber air kita yang sudah tercemar oleh berbagai zat pencemar. Disini kita akan menjelaskan tentang air dan juga pencemaran yang terjadi di air.

Kata Kunci : Pencemaran air



Manfaat Air Bagi Kehidupan

1. Untuk memenuhi cairan di dalam tubuh

Semua makhluk hidup membutuhkan air tanpa terkecuali. Baik itu manusia, hewan dan tumbuhan semua membutuhkan air. Hampir seluruh penyusun tubuh kita adalah air. Kekurangan air dapat menyebabkan dehidrasi.

2. Membantu pekerjaan sehari – hari
Hampir seluruh aktivitas di dalam rumah tangga membutuhkan air untuk minum, mencuci, memasak, menyirami tanaman dan lain – lain. Bayangkan jika air di lingkungan sekitar kita tercemar, hal ini dapat menyebabkan anda terkena penyakit karena air yang anda konsumsi sudah tidak jernih lagi.

3. Membantu membersihkan tubuh
Air dapat membantu anda membersihkan tubuh sehingga tubuh anda terbebas dari kuman dan penyakit. Oleh karena itu, kita harus menjaga lingkungan kita agar tidak tercemar sehingga air yang kita gunakan selalu bersih.

4. Membantu dalam bidang pertanian
Air adalah sumber utama penghidupan, termasuk di dalamnya adalah tanaman. Apabila tanaman kekurangan air dapat mengganggu proses metabolisme di dalamnya sehingga dapat menyebabkan layu lalu mati. Air sangat penting dalam mengalirkan irigasi.

5. Menjaga kesehatan kulit
Air dapat membantu melembabkan kulit sehingga dapat mencegah kekeringan.

6. Sebagai pembangkit tenaga listrik
Di era yang serba modern ini air dapat digunakan sebagai pembangkit listrik.

Pengertian Pencemaran Air

  Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danausungailautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. Menurut Keputusan Menteri Negara Kepedudukan dan Lingkungan Hidup No.02/MENLH/I/1998, yang dimaksud dengan polusi/pencemaran air adalah masuk/dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan atau komponen lain kedalam air/udara oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam, kurang atau tidak dapat berfungsi lagi dengan peruntukannya. 
    Berdasarkan UU No. 3 Tahun 1997 menyatakan bahwa pencemaran air adalah menurunnya kualitas air akibat masuknya makhluk hidup, zat, energi ke dalam air akibat aktifitas manusia. Penurunan kualitas air tersebut dapat disebabkan secara sengaja oleh aktifitas manusia. Contohnya adalah membuang sampah di sungai dan lain – lain.

Sumber Pencemaran Air 
1. Limbah rumah tangga seperti air sabun dan sampah yang banyak orang membuangnya secara sembarangan di sungai.
2. Limbah industri. Banyak sekali limbah pabrik yang langsung dibuang ke sungai. Hal ini jika dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan pencemaran air di sungai.
3. Limbah Pertanian. Limbah ini berasal dari pupuk kimia dan pestisida yang digunakan untuk memelihara tanaman. Hal ini dapat mencemari air yang terkandung di dalam tanah.
4. Peternakan. Dalam peternakan sering memotong hewan baik itu ayam, bebek, sapi maupun kambing. Darah dari penyembelihan hewan tersebut dapat mencemari air jika dibuang ke sungai atau dibuang sembarangan.
5. Limbah kendaraan yang beroli juga dapat mencemari air.
6. Sampah yang dibuang sembarangan juga dapat mencemari air, terutama air sungai. Hal ini dikarenakan banyak sekali orang yang membuang sampah di sungai. Selain dapat mencemari air, membuang sampah di sungai juga dapat menimbulkan penyakit jika tidak diatasi dengan baik.
7. Penggundulan hutan juga dapat mencemari air. Hal ini dikarenakan tidak ada lagi pohon yang mengikat air tanah sehingga jumlah air akan berkurang.
8. Di area pertambangan juga dapat memicu terjadinya pencemaran air dan mengurangi jumlah air bersih.
Akibat Pencemaran Air
1. Terganggunya kehidupan organisme air karena berkurangnya kandungan oksigen (O­2) yang dapat menyebabkan kematian.
2. Terjadinya ledakan ganggang dan tumbuhan air (eurotrifikasi)
3. Pendangkalan dasar perairan
4. Tersumbatnya penyaring reservoir dan menyebabkan perubahan ekologi
5. Dalam jangka panjang adalah kanker dan kelahiran cacat
6. Akibat penggunaan pastisida yang berlebihan sesuai selain membunuh hama dan penyakit, juga membunuh serangga dan maskhluk berguna terutama predator
7. Kematian biota kuno, seperti: plankton, iank, bahkan burung
8. Kekurangan sumber air
9. Mutasi sel, kanker, dan leukimia
Cara Mengatasi Pencemaran Air

1. PENDIDIKAN CINTA LINGKUNGAN

Membuat orang tersadar akan pentingnya cinta lingkungan sangatlah sulit. Bahkan di negara-negara yang sudah maju saja kesulitan untuk menangani kasus ini, pentingnya pendidikan cinta lingkungan sangatlah di butuhkan.
Terutama sedari awal mengajarkan kepada generasi muda untuk mencintai dan merawat alam untuk bisa dijadikan bekal untuk masa depan. Bukan hanya itu saja pengkampanyean cinta lingkungan di masyarakat sendiri jugalah penting.
Karena masih banyaknya masyarakat yang kurang mengerti tentang akibat dari pencemaran lingkungan ini, terutama pencemaran air yang sedang marak di kalangan penduduk.
Seperti contoh sederhana dalam kehidupan sehari-hari membuang sampah pada tempatnya dan penggunaan zat seperti detergen yang tidak berlebih.

2.PENGUATAN PERATURAN DAN HUKUM

Salah satu solusi yang bisa digunakan untuk mengurangi polusi atau pencemaran ini merupakan menggukan media hukum sebagai tameng utama. Karena banyaknya pelanggaran yang terjadi di kalangan dunia industri bukan hanya di Indonesia bahkan di lintas negara sangatlah banyak.
Penggunaan peraturan perundang-undangan yang ketat dan hukum yang tajam adalah salah satu cara untuk memberikan efek jera kepada pelaku pencemaran lingkungan.
Bukan hanya itu saja bahkan PBB juga sering mengadakan konverensi yang dimana pertemuan itu membahas tentang keadaan kebersihan dunia terkait masalah pencemaran ini.

3. PENGAWASAN PERUSAHAAN INDUSTRI

Selain penggunaan peraturan dan hukum terkadang masih bisa terjadi celah yang digunakan oleh pengusaha perindustrian. Maka dari itu melakukan pengawasan secara langsung terhadap usaha industri adalah salah satu cara yang bagus untuk menekan jumlah polutan yang di keluarkan oleh sentra industri tersebut.
Selain itu juga pengawasan itu juga bisa menjadi sarana pengontrolan zat yang tidak bisa di buang secara langsung atau bisa dikatakan zat yang harus di olah terlebih dahulu.
Atau menggunakan sistem pemfilteran limbah untuk meminimalisir zat atau unsur kimia yang berbahaya sebelum di buang ketempat pembuangan.

4. KAMPANYE REBOISASI

Ini merupakan salah satu faktor yang sangat penting dimana pelaksanaan penghijauan yang harus di gencarkan dimana-mana. Karena dengan penggunaan pohon ini merupakan salah satu sarana untuk meminimalisir terjadinya pencemaran dan bencana lanjutan.
Karena sebab banyak pohon yang di tebang sirkulasi air mulai terganggu, hingga selain menjadikan keadaan semakin parah di bagian pencemaran bisa juga menjadikan bencana yang membahayakan mahluk.
Bencana yang bisa di akibatkan salahnya adalah terjadinya banjir dan erosi bahkan terjadi longor karena jarang ada penguat dalam sistem tanah yang di aliri oleh air.
Selain itu juga pohon adalah salah satu penetral alam yang sangat tangguh untuk memfilter air dari pencemaran.

5. PENGGUNAAN BAHAN YANG RAMAH LINGKUNGAN

Selain melakukan kampanye kesehatan dan cinta lingkungan, semua itu harus di dukung dengan aksi yang nyata yaitu penggunaan bahan yang ramah lingkungan. Banyak sekarang bahan yang sudah ramah lingkungan karena modernisasi teknologi.
Bahkan salah satunya yang dulu penggunaan plastik yang digadang-gadang menjadi salah satu polutan yang bisa menghancurkan dunia yang karena plastik yang 1000 tahun tidak bisa di uraikan tersebut.
Sekarang sudah banyak bahan-bahan seperti plastik yang bisa terurai oleh tanah, bahkan seperti di salah satu negara maju Jepang. Sebuah penemuan yang sangat bermanfaat yaitu sebuah kertas yang jika di kubur bisa menumbuhkan sebuah tanaman sejenis rumput berbunga.
Daftar Pustaka
Agustiningsih, Dyah., Sasongko, Setia., Sudarno. 2012. 9. 2. Analisis Kualitas Air dan Strategi Pengendalian Pencemaran Air Sungai Blukar Kabupaten Kendal. (file:///C:/Users/sony%20vaio/Downloads/4928-10757-1-SM.pdf, diunduh tanggal 18 November 2018)
Nurlita, Shafira. 2018. Pencemaran Air. (https://thegorbalsla.com/pencemaran-air/, diakses tanggal 18 November 2018) 
Anonim. 2018. Pencemaran Air. (https://pollutiononmyearth.weebly.com/pencemaran-air.html, diakses tanggal 18 November 2018)
Zen, Mas. 2017. Pengertian Pencemaran Air, Penyebab, Hingga Dampak dan Cara Menanggulanginya. (https://hamparan.net/pencemaran-air/#Cara_Mengatasi_atau_Pencegahan_Pencemaran_Air, daikses tanggal 18 November 2018)
Anonim. 2018. Pencemaran Air. (https://id.wikipedia.org/wiki/Pencemaran_air, diakses tanggal 18 November 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.