.

Sabtu, 18 Agustus 2018

Merawat Lingkungan, Meraih Peluang



Merawat Lingkungan, Meraih Peluang

ABSTRAK

Kondisi lingkungan yang semakin lama semakin memburuk akibat semakin berkembangnya sektor industrian. Akibat permasalahn tersbut maka lahirlah Kyushu Recycle and Environmental Industry Plaza (K-RIP) yang mempromosikan industri berwawasan lingkungan. Salah satu negar yang menerapkannya dalah Indonesia contohnya yaitu pada perusahaan GMF Aeroasia TBK. Perusahaan tersebut menerapkan ISO 14001 tentang sistem manajemen lingkungan.
Kata Kunci : Lingkungan rusak, Kyushu Recycle and Environmental Industry Plaza, GMf Aeroasia, Zat Berbahaya



Pada masa lalu, kaum industriawan dan pemerintah jepang menempatkan pengelolaan lingkungan hidup hanya sebagai pelengkap pengembangan wilayah dan pembangunan kota. Fokus utama mereka adalah bagaimana mengembangkan industri sebesar-besarnya agar memberikan dampak ekonomi bagi industri sendiri maupun bagi masyarakat disekitarnya.
Tapi paradigma pengelolaan lingkungan sekedar pelengkap maulia dipertanyakan seiring dengan timbulnya masalah yang disebabkan oleh industri. Salah satu pemicunya adalah kualitas udara yang semakin buruk akibat polusi dan pencernaan oleh limbah industri. Hal ini ditandai dengan penurunan kualitas kesehatan masyarakat. Dan makin beragamnnya penyakit yang diderita diwarga.
Kondisi itu mendorong lahirnya Kyushu Recycle and Environmental Industry Plaza (K-RIP) yang mempromosikan industri berwawasan lingkungan. Kerja keras lembaga ini selama bertahun-tahun akhirnya berbuah manis, terutama dipulau Kyushu. Bagi kaum industriawan, pengelolaan lingkungan hidup bukan sekedar pelengkap pengembangan wilayah semata tapi menjadi peluang bisnis mulai diadopsi oleh beberapa kota besar diberbagai negara, salah satunya Indonesia.
Salah satu perusahaan di Indonesia yang menerapkannya adalah GMF Aeroasia TBK. Ia menerapkan sistem manajemen lingkungan yang berpedoman terhadap ISO 14001. GMF Aeroasia sendiri merupakan perusahaan perawatan pesawat udara, dimana dalam menjalankan bisnis perawatan pesawatnya banyak sekali akan menghasilkan limbah yang dapat merusak lingkungan seperti oli, grease, bahan-bahan kimia, maupun logam berat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.