.

Sabtu, 18 Agustus 2018

Air Limbah dan Penanggulangannya





 Dibuat Oleh :
M. Apanreza Vitaly









Abstrak
Sumber daya air selain merupakan seumber daya juga merupakan komponen ekosistem yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Kebutuhan akan air cenderung meningkat dari waktu ke waktu. Air limbah rumah tangga merupakan sumber utama pencemar lingkungan. Sehingga dibutuhkan solusi untuk penanggulangannya.
Kata kunci : Air limbah, Rumah tangga, Pencemaran

Pendahuluan.
Air limbah adalah air yang telah mengalami penurunan kualitas karena pengaruh manusia. Air limbah tersebut dapat berasal dari aktifitas rumah tangga, perkantoran, pertokoan, fasilitas umum, industri dan lain-lain. Air limbah rumah tangga merupaka sumber utama pencemar lingkungan. Air limbah rumah tangga juga mencemari sumber air yang berasal dari air tanah dangkal. Pencemaran air ini bukan hanya membawa dampak negatif bagi lingkungan, tetapi juga semakin banyaknya biaya yang diperlukan untuk mendapatkan air bersih. Meskipun merupakan air sisa namun volumenya besar karena lebih kurang 80% dari air yang digunakan bagi kegiatan-kegiatan manusia sehari-hari tersebut dibuang lagi dalam bentuk yang sudah kotor (tercemar). Selanjutnya air limbah ini akhirnya akan mengalir ke sungai dan laut dan akan digunakan oleh manusia lagi. Oleh sebab itu, air buangan ini harus dikelola dan atau diolah secara baik. Pengolahan air limbah adalah suatu proses yang dijalankan untuk menghilangkan atau membersihkan limbah (effluent) atau limbah hasil kegiatan industri, komersial atau rumah tangga dari air sehingga air dapat dimanfaatkan kembali oleh lingkungan tanpa memberikan dampak negatif ataupun dapat digunakan kembali dalam proses industri, komersial dan rumah tangga tersebut.

Daftar Pustaka
1.      Supriyatno, B. 2000. Pengelolaan Air Limbah yang Berwawasan Lingkungan Suatu Strategi dan Langkah Penaganannya, Jakarta.
2.      Herlambang, A. 2006. Pencemaran Air dan Strategi Penanggulangannya. Penelitian Pusat Teknologi Lingkungan, BPPT. Jakarta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.