.

Sabtu, 11 Februari 2017

fungsi lapisan mesosfer

Fungsi 


Mesosfer adalah lapisan ke-3  dari bawah yang terdapat pada lapisan atmosfir , mesosfer ini berfungsi melindungi permukaan bumi dari benda asing yang jatuh ke bumi,
Hal itu terjadi karena pada lapisan mesosfer terdapat udara yang bertekanan tinggi, sehingga pada saat ada benda langit yang masuk ke bumi  .  Benda langit tersebut akan sedikit demi sedikit  terbakar, karena benda langit tersebut bergesekan dengan lapisan mesosfer yang mempunyai tekanan yang tinggi, sehingga benda langit tersebut akan habis/hilang terbakar di dalam lapisan mesosfer sebelum benda langit tersebut mencapai daratan bumi. Selain untuk melindungi bumi, lapisan mesosfer juga mempunya fungsi lain, yaitu sebagai lapisan pengahantar gelombang elektromagnetik, mesosfer bisa melakukan itu semua dikarenakan di daam lapisan mesosfer sendiri terdapat beberapa atom yang terionisasi sehingga bisa memantulkan gelombang elektromagnetik yang sangat berguna bagi manusia. Gelombang  elektromagnetik yang di hantarkan oleh mesosfer ini memiliki banyak sekali fungsi  diantaranya adalah untuk menghantarkan sinayal radio, televisi, dan juga sinyal telepon. Karena kemampuanya tersebut, lapisan ini sering juga disebut  dengan geosfer.

Ciri- ciri Lapisan Mesosfer


Sama halnya dengan lapisan- lapisan atmosfer yang lainnya, lapisan mesosfer mempunyai karakteristik atau ciri- ciri khusus yang membedakannya dengan lapisan- lapisan lainnya. Beberapa ciri atau karakteristik dari mesosfer antara lain adalah:
  1. Berada di ketinggian antara 60 hingga 80 kilometer.
  2. Mempunyai suhu sekitar -50 hingga -70 derajat celcius
  3. Terdapat suatu lapisan yang dinamakan lapisan mesopause yang terletak di antara lapisan mesosfer dan lapisan termosper
  4. Lapisan ini merupakan lapisan yang berfungsi melindungi Bumi dari jatuhan atau hantaman benda- benda langit lainnya yang jatuh ke Bumi.
  5. Mempunyai ketebalan sekitar 45 hingga 75 kilometer.
  6. Semakin ke atas maka suhu akan semakin rendah.

Referensi :
ilmugeografi.com/ilmu-bumi/meteorologi/lapisan-mesosfer

www.pengertianologi.com/2014/12/Pengertian-Mesosfer-Adalah.html?m=1

https://contohdanfungsi.blogspot.co.id/2013/04/pengertian-mesosfer.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.