.

Senin, 05 Desember 2016

Pencemaran sungai batang agam


Menurut Nasrul Abit, dalam Renstra Bapedalda Provinsi Sumbar tahun 2016-2020, termuat rencana kerja untuk melakukan penurunan beban pencemaran Sungai Batang Agam dengan sasaran kerja hingga tahun 2020.
                               
"Batang Agam termasuk satu dari empat sungai di Sumbar dengan kualitas lingkungan yang tercemar. Hal ini disebabkan oleh tekanan sampah dari permukiman, pasar, rumah sakit, industri kecil dan lainnya yang dibuang kesungai.  Oleh karena itu Sungai Batang Agam ini harus ditangani secara terpadu antar daerah yang dilalui oleh sungai tersebut,” ujar Nasrul Abit.
Menurut Nasrul Abit, dalam Renstra Bapedalda Provinsi Sumbar tahun 2016-2020, termuat rencana kerja untuk melakukan penurunan beban pencemaran Sungai
                            
Wali Kota Bukittinggi M. Ramlan Nurmatias, Rabu (19/10/2016), menuturkan, kesepakatan bersama juga dilakukan dengan tiga daerah lainnya yang dilalui sungai itu, yakni Kabupaten Agam, Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kota Payakumbuh.
“Kesepakatan ini merupakan wujud komitmen pemkot untuk mengembalikan kualitas lingkungan sungai itu setelah melaksanakan gotong-royong bersama warga membersihkan Batang Agam awal Oktober lalu,” tukasnya.
Menurut M. Ramlan Nurmatias, usai gotong-royong yang digelar beberapa waktu lalu, Pemprov Sumatera Barat melalui Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) mengadakan pertemuan lanjutan dengan tiga daerah lain yang juga dilalui Batang Agam untuk membentuk kerja sama tersebut.
“Tujuannya untuk menurunkan beban pencemaran akibat limbah industri, perhotelan, pasar dan rumah makan serta rumah potong hewan,” tukasnya.
Selanjutnya, kesepakatan bersama diharapkan dapat meningkatkan kerja sama keempat daerah yang dilalui Batang Agam dalam pengendalian pencemaran lingkungan dan mendukung program pembangunan di Sumbar.
Daftar pustaka:
-          Bapelda. 2016. Aksi Lingkungan Sungai Batang Agam. http://www.sumbarprov.go.id/details/news/8839
-          Bukittinggi, Rama. 2016. Antisipasi Pencemaran Sungai Batang Agam, Pemko Bukittinggi Jalin Kerjasama Dengan Pemprov Sumbar.


4 komentar:

  1. @A31-ALAM

    POIN 3

    KOMENTAR : Aaaaaaawwwwwwkarin🙌

    BalasHapus
  2. @A31-ALAM

    POIN 3

    KOMENTAR : Aaaaaaawwwwwwkarin🙌

    BalasHapus
  3. A30-YOSEPH
    POIN 3
    MANTAP SOULLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLL

    BalasHapus
  4. @40-IBRAHIM

    POIN 3

    Artikel sedikit kurang lengkap untuk datanya

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.