.

Minggu, 13 Oktober 2019

PENCEMARAN AIR

PENCEMARAN AIR

Disusun Oleh : WIDY HARTONO (@P21-WIDY) Proyek-P06

ABSTRAK
Air merupakan sumber kehidupan, tidak hanya bagi manusia, makhluk hidup yang lain juga sangat membutuhkan air. Kekurangan air pada tubuh manusia bisa mneyebabkan dehidrasi karena ketahanan tubuh manusia sangat bergantung pada berbagai fungsi air sedangkan tubuh manusia belum mengembangkan suatu sistem penyimpanan air sebagai sistem penyimpanan lemak. Air merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan kehidupan manusia. Menurut Kodoatie (2008) “air merupakan sumber kehidupan semua makhluk membutuhkan air, untuk kepentingannya.

Kata kunci : Pengertian pencemaran air, dampak dari pencemaran air, dan bagaimana cara menanggulanginya.

I.PENDAHULUAN

Air adalah sumber daya alam yang dibutuhkan manusia. tanpa air yang bersih manusia tidak bisa minum, mandi, memasak, mencuci dan lain sebagainya. di Indonesia kualitas kebersihan air semakin menurun dari tahun ke tahunnya. Pencemaran air terjadi dimana-mana, hal ini disebabkan oleh perilaku manusia yang sering membuang sampah ke sungai ataupun perusahaan-perusahaan industri yang membuah limbah pabriknya ke aliran sungai.

II.PERMASALAHAN

1.Apa yang dimaksud dengan pencemaran air?
2.Dampak apa saja yang diakibatkan dengan adanya pencemaran air?
3.Penyebabnya apa saja sehingga terjadinya pencemaran air?
4.Apa saja yang termasuk kategori pencemaran air?
5.Bagaimana cara menanggulangi agar tidak terjadi pencemaran air?

III.PEMBAHASAN

A.Pengertian

Pencemaran air merupakan keadaan dimana adanya berbagai zat asing yang masuk ke dalam air dan itu bersifat merusak atau bahan tersebut lebih dikenal sebagai polutan. Sebuah benda dapat dikatakan sebagai polutan jika memiliki kadar yang sudah melampaui batas, dan berada di tempat serta waktu yang tidak tepat. jenis-jenis polutan ini dapat berupa debu, bahan kimia, paparan radiasi dan lainnya.
Polutan yang terdapat di dalam lingkungan tertentu ini mampu merusak lingkungan tersebut tergantung pada seberapa besar kadar polutan di dalamnya dan makhluk hidup yang dipengaruhinya. Semakin banyak jumlah polutan maka semakin rusak sebuah lingkungan yang terkena begitu pula sebaliknya.
B.Penyebab pencemaran air
1. Sampah organik dan anorganik
Sampah ini adalah salah satu penyebab pencemaran air. Hal ini dikarenakan banyak sekali sampah yang dibuang di sungai. Hal ini menyebabkan air sungai tercemar.

2. Limbah industri
Limbah industri menjadi salah satu penyebab utama pencemaran lingkungan. Limbah cair industri yang dibuang ke laut atau sungai tanpa diolah terlebih dahulu dapat mencemari lingkungan perairan. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika sebelum dibuang limbah diolah terlebih dahulu agar tidak membahayakan lingkungan di sekitar kita.

3. Pertambangan
Salah satu contohnya adalah pertambangan batubara. Hal ini dikarenakan saat batubara dibakar maka merkuri yang terkandung di dalamnya telepas bebas di udara. Merkuri tersebut dapat kembali lagi dan masuk ke dalam tanah sehingga dapat mencemari air.

4. Bahan peledak untuk menangkap ikan
Bahan peledak dapat mencemari air laut serta dapat merusak ekosistem di dalamnya, salah satunya adalah ekosistem terumbu karang. Selain itu, dengan bahan peledak anda juga mematikan ikan kecil dan ikan besar sehingga dapat menghambat regenerasi ikan.

5. Peternakan dan perikanan
Limbah kotoran dan sisa – sisa makanan dari ternak jika dibuang di sungai dapat mencemari air. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem untuk melakukan pengelolaan limbah tersebut.

6. Limbah pertanian
Limbah pertanian antara lain adalah jerami, sekam padi, sisa batang, ranting, buah busuk dan lain – lain.

7. Tumpahan minyak di laut
Tumpahan minyak di laut berpengaruh terhadap keseimbangan ekosistem di laut. Namun minyak yang tumpah di laut sering terjadi karena derasnya arus lalu lintas transport minyak.

8. Detergen
Detergen merupakan salah satu contoh limbah ruah tangga. Oleh karena itu, anda harus melakukan pengolahan limbah tersebut dengan baik agar tidak mencemari air di lingkungan sekitar anda.

9. Perusakan hutan
Perusakan hutan juga dapat menjadi penyebab pencemaran air karena jika banyak pohon yang ditebang maka tidak ada lagi yang mampu mengikat air di tanah. Hal ini berefek pada munculnya erosi tanah.

C.Pencemaran air terbagi menjadi beberapa kelompok

1. Limbah padat, contohnya adalah sampah padat seperti botol minuman, plastik, dan lain – lain.

2. Limbah organik, salah satu contohnya adalah berasal dari sisa tumbuhan atau sisa sayuran yang dibuang ke sungai dapat menyumbat aliran sungai dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

3. Limbah anorganik, salah satu contohnya adalah limbah logam berat.Contohnya adalah timbal, air raksa, merkuri, kalsium. Nikel dan lain – lain.

4. Cairan berminyak. Air tidak dapat bercampur dengan minyak sehingga adanya minyak dalam lingkungan perairan dapat mengganggu mikroorganisme yang hidup dalam lingkungan perairan tersebut. Contohnya adalah sering terjadi tumpahan minyak di air laut. Hal ini dapat mencemari perairan laut dan mengganggu ekosistem di dalamnya .

5. Limbah zat kimia dapat anda temukan pada sabun detergen, shampo dan superpel. Sabun, detergen, shampo dapat meningkatkan pH di lingkungan air sehingga dapat mengganggu ekosistem di dalamnya. Selain itu, anda dapat menjumpai pada penggunaan pestisida berlebihan, zat warna kimia dan bahan yang bersifat radioaktif seperti adanya aplikasi teknologi nuklir.

D.Akibat Pencemaran Air

Akibat yang ditimbulkan dari pencemaran air ini cukup mengkhawatirkan apalagi jika intensitas jumlah polutan di dalam air sudah sangat banyak dan melampaui ambang batas. Berikut ini adalah beberapa akibat yang akan muncul dari adanya pencemaran air ini:
1.Kehidupan organisme dan ekosistem yang ada di dalam wilayah air tercemar tersebut akan mengalami gangguan bahkan kerusakan karena kadar oksigen di dalam air menjadi berkurang drastis.

2.Munculnya pertumbuhan ganggang dan juga tumbuhan air sebagai parasit yang sangat pesat. Hal ini tidak baik karena bisa menganggu berbagai aktivitas manusia misalnya menghambat saat menjaring ikan dan lainnya.

3.Jika terjadi penumpukan limbah atau sampah dalam jumlah cukup besar di dalam air maka bisa menyebabkan pendangkalan air baik itu di danau dan sungai dan hal ini sangat berbahaya terutama jika musim hujan karena bisa menimbulkan banjir.

4.Dalam jangka panjang jika air tersebut terus dikonsumsi maka dapat menyebabkan resiko terkena berbagai penyakit kanker dan juga resiko bayi cacat lahir.

5.Jika pencemaran air menggukana peptisida yang ditujukan untuk membunuh hama namun jika dilakukan secara berlebih maka bisa juga membunuh hewan dan tumbuhan lain yang ada disekitarnya padahal mereka ini memiliki fungsi yang sangat baik.

6.Menyebabkan terjadinya kepunahan pada berbagai biota kuno diantaranya seperti plankton hingga spesies burung.

7.Terjadinya mutasi sel di dalam tubuh yang akan menyebabkan kanker dan leukemia.

8.Pencemaran air ini juga mampu menyebabkan erosi

9.Kekurangan sumber daya air yang bersih yang aman dikonsumsi oleh manusia

10.Menjadi sumber dari berbagai jenis penyakit yang serius

11.Menyebabkan tanah longsor

E.Penanggulan pencemaran air

1.Industri atau pabrik sebaiknya berlokasi di tempat yang jauh dari pemukiman padat penduduk. Tujuannya untuk mencegah lingkungan air, lingkungan darat dan lingkungan udaranya tercemari.

2.Zat-zat kimia dan pestisida harus mendapatkan pengawasan yang ekstra, jangan sampai penggunaannya di luar batas kewajaran, digunakan tidak semestinya. Karena kalau sampai berlebihan pemakaiannya akan menyebabkan predatornya banyak yang mati. Jika sudah demikian hama akan bertambah banyak.

3.Buanglah selalu sampah pada tempatnya. Sangat dianjurkan untuk mengelola sampah dengan cara yang baik. Harus dipisahkan mana sampah organik dan mana yang sampah bukan organik. Dengan begini pencemaran air bisa dicegah, dapat ditanggulangi.

4.Terus-menerus dilakukan upaya untuk mereboisasi hutan. Tujuannya supaya air dapat selalu terjaga keseimbangannya dengan baik. Hutan-hutan yang gundul ditanami lagi. Kalau tanamannya sudah tumbuh menjadi pohon yang lebat lagi, memiliki manfaat yang besar sekali mengikat air di dalam tanah. Dengan demikian air yang ada di dalam tanah bisa selalu terjaga keseimbangannya.

5.Menanggulangi pencemaran air juga bisa datang dari diri kita sendiri, Contohnya dengan sebisa mungkin mendaur ulang sampah. Sampah dan botol yang terbuat dari plastik didaur ulang menjadi bahan-bahan yang berguna, misalnya dijadikan dompet, tas, sandal dan berbagai produk yang lain.

6.Kesadaran yang terus ditumbuhkan dalam diri kita untuk lebih mencintai lingkungan, menjaga kelestarian lingkungan, sumber daya alam, dalam hal ini air dengan lebih baik dari sebelumnya juga bisa mencegah bahkan menanggulangi pencemaran air.

IV.KESIMPULAN

Pencemaran air sudah seharusnya dicegah, apabila tidak dicegah akan dapat mengakibatkan mahluk hidup terkena dampaknya. Seperti, kehidupan organisme dan ekosistem mengalami gangguan bahkan kerusakan karena kadar oksigen didalam air berkurang. Cara menanggulanginya dimulai dari diri kita sendiri seperti membuang sampah pada tempatnya, karena dengan cara itu pencemaran air menjadi berkurang.

SARAN

Seharusnya pemerintah memberikan hukuman yang berat terhadap perusahaan yang tidak mengelolah limbahnya dengan baik dan langsung membuang kekali maupun kedanau. Karena dengan adanya hukuman yang berat, perusahaan pasti tidak berani membuang limbahnya secara sembarangan.

DAFTAR PUSTAKA

Hidayat, A A; Kholil, Muhammad. 2018. Kimia dan Pengetahuan Ingkungan Industri - Penerbit Wahana Revolusi. Yogyakarta.
Hakim. Arif Rahman. 2013. TUGAS KONSEP DASAR IPA 2 PENCEMARAN AIR. PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD) FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
ILMUGEOGRAFI. 2016. PENCEMARAN AIR : PENGERTIAN, SUMBER, JENIS DAN AKIBAT. https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/hidrologi/pencemaran-air. Dikutip pada tanggal (13 Oktober 2019).
SALAMADIAN.2019. PENCEMARAN AIR : PENGERTIAN, PENYEBAB, DAMPAK & CONTOH PENCEMARAN AIR. https://salamadian.com/pengertian-pencemaran-air/. Dikutip pada tanggal (13 Oktober 2019).
THEGORBASLA. PENCEMARAN AIR : PENGERTIAN, PENYEBAB, DAMPAK DAN CONTOH. https://thegorbalsla.com/pencemaran-air/. Dikutip pada tanggal (13 Oktober 2019).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.