.

Selasa, 21 November 2017

Prevent Fuel Wastage

@D10-Khalil, @ProyekB10
Oleh Khalil Gibran Setiaman

Bahan bakar saat ini sangat bepengaruh bagi kehidupan umat manusia. Maka dari itu kita harus mencegah pemborosan bahan bakar. Menurut Wikipedia, Bahan bakar adalah suatu materi apapun yang bisa diubah menjadi energi. Biasanya bahan bakar mengandung energi panas yang dapat dilepaskan dan dimanipulasi.
Kebanyakan bahan bakar digunakan manusia melalui proses pembakaran (reaksi redoks) di mana bahan bakar tersebut akan melepaskan panas setelah direaksikan dengan oksigen di udara. Proses lain untuk melepaskan energi dari bahan bakar adalah melalui reaksi eksotermal dan reaksi nuklir (seperti Fisi nuklir atau Fusi nuklir). Hidrokarbon (termasuk di dalamnya bensin dan solar) sejauh ini merupakan jenis bahan bakar yang paling sering digunakan manusia. Saat terjadi begitu banyak pemborosan bahan bakar yang dilakukan manusia. Bahan bakar sangat berpengaruh bagi kelangsungan hidup manusia
Cara mencegah pemborosan Bahan bakar
1.    Naik sepeda atau lebih banyak berjalan. Berusaha bersepeda atau berjalan ke Tujuan. Ini bukan hanya bagus untuk mengurangi penggunaan bahan bakar juga bagus untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat.
2.    Pertimbangkan untuk beralih ke mobil hybrid atau listrik.
3.    Menggunakan alat transportasi umum. Walaupun sementara pilihan kepada transportasi umum ini seperti biasanya masih bergantung pada bahan bakar, akan tetapi kapasitas untuk membawa lebih banyak orang sekaligus akan membuat ini pilihan yang lebih baik daripada perjalanan mobil tunggal dengan satu orang diatasnya.
4.    Mengindari lalu lintas dan kemacetan. Pemanasan mobil menghabiskan banyak bahan bakar sementara mobil tidak melakukan apa apa. Merangkak lambat dalam lalu lintas cenderung mengeluarkan banyak bahan bakar dan melahirkan pencemaran.
5.    Kurangi penggunaan plastic. Banyak plastic, termasuk kantong plastic telah menggunakan bahan bakar fosil dalam pembuatannya. Plastik tidak terurai mudah dan menciptakan masalah lingkungan.
6.    Reduce,reuse,recycle. Membuat kaleng baru dan botol telah mengeluarkan banyak bahan bakar fosil daripada daur ulang biasa. Oleh sebab itu peril ada kampanye,slogan dan regulasi menyeluruh dan kompetisi tentang reduce,reusedan recycle.
7.    Menginstal Panel Surya. Menggunakan tenaga surya untuk memanaskan air anda dan menghangatkan rumah anda akan menghemat penggunaan listrik dan bahan bakar fosil.

Kesimpulan
Kita sebagai umat manusia harus mencegah pemborosan bahan bakar. Karena kita sangat membutuhkan bahan bakar. Bahan bakar berpengaruh terhadap kehidupan umat manusia. Makannya kita membantu mencegah pemborosan bahan bakar dimulai dari diri sendiri. Sekian kurang lebihnya mohon maaf apabila ada kesalahan.
Sumber Gambar

Daftar Pustaka
Hidayat, Atep Afia dan M. Kholil. 2017. Kimia, Industri dan Teknologi hijau. Jakarta: Pantona Media
Darma,Rifky,2012. Pengertian bahan bakar.Dalam https://www.scribd.com/doc/84603075/Pengertian-Bahan-Bakar-Dan-Jenis
Afrony,Hermawan,2012.Pengertian bahan bakar dan pelumas. Dalam http://afrony-hermawan.blogspot.co.id/2012/06/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.