.

Jumat, 05 Agustus 2016

Zat Radioaktif



Radioaktif adalah  kesimpulan beragam proses di mana sebuah inti atom yang tidak stabil memancarkan partikel subatomik (partikel radiasi). Peluruhan terjadi pada sebuah nukleus induk dan menghasilkan sebuah nukleus anak. Ini adalah sebuah proses acak sehingga sulit untuk memprediksi peluruhan sebuah atom. Satuan internasional (SI) untuk pengukuran peluruhan radioaktif adalah becquerel (Bq). Zat radioaktif dan radioisotop berperan besar dalam ilmu kedokteran yaitu untuk mendeteksi berbagai penyakit, diagnosa penyakit yang penting antara lain tumor ganas. Kemajuan teknologi dengan ditemukannya zat radioaktif dan radioisotop memudahkan aktifitas manusia dalam berbagai bidang kehidupan.
Radioaktif pertama kali di temukan oleh Antoine Henri Becquerel pada tahun 1896.antoine becquerel lahir di paris perancis pada tahun 1852.dan mendapatkan gelar doktor pada tahun 1888.pada tahun 1892 beliau menjadi guru besar fisika praktis di museum sejarah alam di paris.dan pada tahun 1895 becquerel menjadi guru besar di perguruan tinggi teknik di paris.dan setahun berikutnya barulah ia menemukan radioaktif yang membuatnya terkenal sampai sekarang.
Kata radioaktif bagi sebagian masyarakat awam,sebagai zat yang berbahaya bagi manusia padahal radioaktif juga dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia itu sendiri.pemanfaatan radioaktif yang menguntungkan bagi manusia sebagai berikut.:

  • ·         Bidang ke dokteran untuk mendeteksi penyakit dalam yang di gunakan menggunakan sinarX
  • ·         Bidang industri untuk mempelajari pengaruh oli terhadap mesin menggunakan isotop
  • ·         Bidang hidrologi untuk menyelidiki kebocoran pipa air di bawah tanah
  • ·         Bidang pertanian untuk membentuk bibit unggul suatu tanaman

Sedangkan untuk sisi negatif nya ialah

  •   Dapat merusak jaringan syaraf tubuh manusia
  •    Pencemaran lingkungan 
  •     Membunuh makhluk hidup

Kesimpulan
Penggunaan radioisotop sangat membantu manusia dalam berbagai bidang kehidupan seperti yang telah disebutkan dalam bab pembahasan, seperti dalam bidang kedokteran untuk mendeteksi kelainan-kelainan dalam jaringan tubuh, dalam hidrologi untuk menyelidiki kebocoran-kebocoran, atau dalam bidang pertanian untuk membentuk bibit unggul, dan dalam penyimpanan makanan pun radioisotop diperlukan. Serta dalam bidang kimia, sains, pengukuran usia bahan organik, serta dalam bidang industri.

Daftar Pustaka
fadithya,2012.definisi radioaktif
http://wawasanfadhitya.blogspot.co.id/2012/07/definisi-dan-dampak-radioaktif.html
bambang nugroho,2012,kimia zat radioaktiv
http://antoniusbambangnugroho.blogspot.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.