.

Sabtu, 13 Agustus 2016

Go Green



Go Green merupakan upaya bersama untuk menyelamatkan kondisi Planet Bumi yang kondisinya makin mengenaskan.
Planet Bumi idealnya menjadi ekosistem yang ideal untuk kehidupan manusia dan makhluk bumi lainnya, namun tampaknya kondisi yang terjadi justru makin banyak manusia yang berperan dalam pengrusakan lingkungan.

Sudah selayaknya Pemerintah Indonesia lebih meningkatkan keseriusannya dalam menjaga kelestarian hutan. Hutan Indonesia selain besar secara kuantitas, juga harus besar secara kualitas. Hutan Indonesia adalah paru-parunya Planet Bumi. Adanya kecenderungan pemanasan global juga turut dipengaruhi kondisi pengelolaan hutan di Indonesia. Oleh sebab itu stop deforestry, stop penebangan hutan primer dengan alasan apapun.

Ekosistem hutan amat menunjang kehidupan manusia, yaitu antara lain berperan dalam keseimbangan siklus air, cadangan plasma nuftah, mengurangi kadar gas pencemar dan gas rumah kaca (sebagian gas karbon dioksida dipergunakan vegetasi dalam proses fotosintesis). Selain memiliki fungsi ekologi yang amat tinggi, hutan juga bernilai ekonomi, bahkan mempengaruhi sosial budaya masyarakat di sekitarnya.

Perguruan tinggi selaku salah satu agen pembaruan atau modernisasi dalam kehidupan masyarakat, tentu saja harus berperan secara eksis dan dominan. Orang kampus tidak bisa berpangku tangan, atau sekedar melakukan analisis masalah tanpa disertai upaya pemecahan masalah yang benar-benar objektif. Mahasiswa sebagai motivator dalam gerakan langkah hijau harus berperan aktif dan bekerjasama dengan elemen-elemen masyarakat dan pemerintah dalam meningkatkan dan merealisasikan “Go Green”, serta mencegah dan menindak tegas para pelaku-pelaku pengrusak dan pencemar lingkungan.



Daftar  Pustaka

Hidayat, Afia Atep. 2013. Indonesia Boros Hutan. http://www.kangatepafia.com/2013/05/indonesia-boros-hutan.html 
Hidayat, Afia Atep. 2013. Green Campus Jangan Hanya Basa Basi. http://www.kangatepafia.com/2013/04/green-campus-jangan-hanya-basa-basi.html
Hidayat, Afia Atep. 2013. Perusahaan Pencemar Lingkungan. http://www.kangatepafia.com/2013/04/perusahaan-pencemar-lingkungan.html
Hidayat, Afia Atep. 2013. Udara Makin Tercemar. http://www.kangatepafia.com/2013/04/udara-makin-tercemar.html
Hidayat, Afia Atep. 2013. Gerakan Langkah Hijau. http://www.kangatepafia.com/2013/04/gerakan-langkah-hijau.html



1 komentar:

  1. Sudah seharusnya mahasiswa menjadi motivator Go Green, agar bumi ini terselamatkan.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.