.

Kamis, 28 Juli 2016

Nuklir Sebagai Sumber Energi Baru

Seiring dengan kemajuan jaman dan dengan adanya era sumber daya terbarukan,Nuklir menjadi salah satu sumber energi  yang dapat menggantikan sumber energi fosil yang semakin hari cadangan nya mulai menipis,
di karenakan pemakaian yang berlebih dari manusia itu sendiri.adapun kelebihan dari energi nuklir yaitu bahan bakarnya tidak mahal,mudah untuk di pindahkan ,dan jumlah energi yang terkandung pada nuklir sama dengan beberapa juta kali dari energi minyak bumi seperti bensin dengan berat energi yang sama nuklir tidak mempunyai efek yang menyebabkan terjadinya global warming dan hujan asam. Namun energi nuklir puntidak lepas dari kekurangan.kekurangan yang paling utama dari energi nuklir ialah radiasi yang di timbulkannya dapat membunuh umat manusia. dan masalah lainya juga terdapat pada masalah kepemilikan energi nuklir sebagai senjata pembunuh massal umat manusia.
Kata nuklir Kata nuklir berarti bagian dari atau yang berhubungan dengan nukleus atom (inti atom).. Dalam fisika nuklir, sebuah reaksi nuklir adalah sebuah proses di mana dua nuklei atau partikel nuklir  bertubrukan, untuk memproduksi hasil yang berbeda dari produk awal. Pada prinsipnya sebuah reaksi dapat melibatkan lebih dari dua partikel yang bertubrukan, tetapi kejadian tersebut sangat jarang. Bila partikel-partikel tersebut bertabrakan dan berpisah tanpa berubah (kecuali mungkin dalam level energi), proses ini disebut tabrakan dan bukan sebuah reaksi. Nuklir terbagi atas dua reaksi yaitu fusi nuklir dan fisi nuklir. Reaksi fusi nuklir adalah reaksi peleburan atom baru menjadi sebuah energi. Dan reaksi fisi nuklir adalah reaksi inti atom yang terbelah akibat tubrukan inti atom yang menghasilkan energi dan atom baru yang lebih kecil. Unsur yang sering digunakan dalam reaksi fisi nuklir adalah plutonium dan uranium,sedang kan fusi nuklir adalah lithium dan hidrogen.


Bahan pembuat nuklir adalah uranium,uranuim merupakan unsur radioaktif .berikut adalah pengertian uranium menurut organisasi nuklir dunia :
  •  Uranium adalah logam yang sangat berat yang dapat digunakan sebagai sumber berlimpah energi terkonsentrasi.
  • Uranium terjadi pada sebagian besar batu di konsentrasi 2 sampai 4 bagian per juta dan adalah sebagai umum dalam kerak bumi sebagai timah, tungsten dan molybdenum. Uranium terjadi dalam air laut, dan dapat pulih dari lautan.
  • Uranium ditemukan pada tahun 1789 oleh Martin Klaproth, seorang kimiawan Jerman, dalam mineral yang disebut bijih-bijih uranium. Hal ini dinamakan planet Uranus, yang telah ditemukan delapan tahun sebelumnya.
  • Uranium rupanya dibentuk pada supernova sekitar 6,6 miliar tahun yang lalu. Meskipun tidak umum di tata surya, hari ini peluruhan radioaktif yang lambat menyediakan sumber utama panas di dalam bumi, menyebabkan konveksi dan pergeseran benua.
  • Kepadatan tinggi uranium berarti bahwa ia juga menemukan menggunakan dalam keels dari yacht dan sebagai counterweight untuk kontrol permukaan pesawat, serta untuk perisai radiasi.
  • Uranium memiliki titik lebur adalah 1.132 ° C. Simbol kimia untuk uranium adalah U. 
 Beberapa manfaat positif dari energi Nuklir diantaranya :
  1. Sebagai sumber energi listrik baru yang hemat
  2. sebagai alat bantu dalam bidang kesehatan
  3. sebagai bahan pembuatan senjata (untuk melindungi tanah air)
Sedangkan dampak negatif dari energi Nuklir apabila terjadi kebocoran diantaranya :
  1. terbunuh nya ekosistem yang berada di sekitaran reaktor nuklir
  2. dapat merusak sel-sel tubuh manusia
  3. terkena resiko kanker kelenjar tiroid
  4. Teknologi Nuklir bisa di salah gunakan untuk senjata pemusnah massal
                                          gambar kota mati akibat kebocoran reaktor nuklir
                                mereka adalah salah satu korban dari kebocoran reaktor nuklir

itulah beberapa nilai positif dan negatifnya daari reaksi energi nuklir,maka dari itu kita sebagai manusia harus mampu memanfaatkan sumber energi tersebut dengan bijak dan menggunakan nya dengan untuk kemasalahatan mahluk di dunia ini..!!!
Daftar refrensi :

Irfan,2013.sains for human
anonim,2011.nuklir sebagai sumber energi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.