Laman

Senin, 06 September 2021

PENGEMBANGAN MEDIA DALAM ILMU KIMIA

Oleh : Ahmad Revaldy (@T32-Ahmad)


ABSTRAK

Pengelolaan media dan tekhnologi yang ada di era modern saat ini sangatlah penting dalam dunia pendidikan. Komputer dan internet telah mempengaruhi proses pembelajaran sampai saat ini yang berdampak pada motivasi belajar siswa. Hal ini tentu saja harus didukung dengan metode, strategi dan media pembelajaaran yang sesuai dengan minat siswa. Salah satu media interaktif yang bias digunakan dalam pembelajaran adalah Macromedia Flash 8. Untuk itu perlu dilakukan kajian-kajian tentang design apa yang bias dikembangkan dengan Macromedia Flash 8 ini. Pengembangan ini bertujuan untuk mendesain dan membuat media pembelajaran kimia menggunakan Macromedia Flash 8 Pada materihidrokarbon alkana. Metode yang digunakan pada pengembangan ini adalah Research & Development dengan model procedural, Media pembelajaran yang dibuat terdiri dari : Menu utama, Menu profil, Menu SK dan KD, Menu Materi, Menu Latihan dan Menu Profil. Media pembelajaran ini di Validasi oleh Ahli media dan Ahli materi. Data hasil penelitian dari angket Ahli media dan Ahli materi rata–rata adalah “CukupBaik”. Sedangkan data hasilpenilaianolehsiswadan guru menyatakan berminat terhadap media yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan. Media disarankan untuk diujicobakan dengan skala yang lebih besar. Berdasarkan proses pengembangan mulai dari validasi baik media maupun materi dan hasil uji coba kelompok kecil, secara keseluruhan media ini dikategorikan baik, menarik, dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. 

Kata kunci : pengembangan media pembelajaraan, hidrokarbon, alkana, macromedia flash 8

ABSTRACT

The management of media and technology in today's modern era is very important in the world of education. Computers and the internet have influenced the learning process to date which has an impact on students' learning motivation. This of course must be supported by methods, strategies and learning media that are in accordance with the interests of students. One of the interactive media that can be used in learning is Macromedia Flash 8. For this reason, it is necessary to conduct studies on what designs can be developed with Macromedia Flash 8. This development aims to design and create chemistry learning media using Macromedia Flash 8 on alkane hydrocarbons. The method used in this development is Research & Development with a procedural model. The learning media made consist of: Main menu, Profile menu, SK and KD menu, Material menu, Exercise menu and Profile menu. This learning media is validated by media experts and material experts. The research data from the questionnaire of media experts and material experts are on average "Good enough". While the data from the assessment by students and teachers expressed interest in the media under study. Based on the results of research that has been done. The media is recommended to be tested on a larger scale. Based on the development process starting from the validation of both media and materials and the results of small group trials, overall this media is categorized as good, interesting, and suitable for use as learning media.

Keywords: development of learning media, hydrocarbons, alkanes, macromedia flash 8

Media dan teknologi memiliki pengaruh terhadap pendidikan. Contohnya, komputer dan internet telah mempengaruhi proses pembelajaran sampai saat ini. Aturanaturan dari pendidik dan pebelajar telah berubah karena dipengaruhi media dan teknologi yang digunakan di dalam kelas. Perubahan ini sangat esensial, karena sebagai penuntun dalam proses pembelajaran, pendidik (guru) berhak menguji media dan teknologi dalam konteks belajar dan itu berdampak pada motivasi belajar siswa. Menurut kepala Balai Teknologi dan Informasi Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, hampir semua sekolah di Kota Jambi telah memanfaatkan TIK dalam proses pembelajaran. Sebagian besar sekolah-sekolah di Kota Jambi telah memilikifasilitas TIK yang memadai. Para guru telah memanfaatkan kemajuan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi dalam kegiatan belajar mengajar. Namun, dalam hal ini masih diperlukan kreativitas pendidik (guru) dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dengan bantuan media seiring denganperubahan kurikulum, yaitu dengan diterapkannya Kurikulum 2013, sehingga siswa lebih termotivasi dan konsep abstrak yang ditemui dapat dipahami dengan benar dan terperinci. Dengan adanya media pembelajaran, dapat memperkaya khasanah pembelajaran dan dapat membantu siswa dalam pemahaman materi sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai. Hal ini tentu saja harus didukung dengan metode, strategi dan media pembelajaran yang sesuai dengan minat siswa,bahwa keterkaitan media pembelajaran dengan tujuan, materi, metode, dan kondisi pembelajar, harus menjadi perhatian dan pertimbangan pengajar dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran di kelas, sehingga media yang digunakan lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media pembelajaran dengan menggunakan komputer merupakan media yang sangat efektif, terlebih untuk materi yang membutuhkan visualisasi dalam penyajianya seperti materi pengenalan hidrokarbon alkana. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam materi ini adalah media pembelajaran interaktif yang di desain menggunakan softwareMacromedia Flash 8. Macromedia Flash 8 adalah Software yang digunakan untuk membuat aplikasi dan presentasi. Keuntungan dari media pembelajaran dengan menggunakan Macromedia Flash 8 adalah Software ini sangat mudah digunakan. Software ini juga mampu menggabungkan berbagai macam bentuk media multimedia seperti gambar, suara, teks, dan grafik kefalam suatu presentasi interaktif yang menarik. Sebagian besar siswa yang kurang memahami materi kimia bukan karena kurang pandai tetapi karena pembelajaran yang dilakukan dibutuhkan penyajian yang menarik, baik dari metode pembelajaran, model pembelajaran, hingga cara guru menyampaikan materi, Olehkarena itu, agar siswa dapat dengan mudah memahami dan mengingat tata nama rantai karbon dalam penyampaian materi hidrokarbon alkana dibutuhkan media pembelajaran yang mendukung agar menarik minat siswa dalam mempelajari materi tersebut. Berdasarkan uraian di atas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Hidrokarbon Alkana Dengan MenggunakanMacromedia Flash 8”

RUMUSAN MASALAH

1.Apa pengertian media pembelajaran?

2.Apa fungsi dan manfaat media pembelajaran?

3.Apa pengertian macromedia flash 8?

TUJUAN

1.Untuk mengetahui pengertian dari media pembelajaran

2.Untuk mengetahui fungsi dan manfaat media pembelajaran

3.Untuk mengetahui pengertian macromedia flash 8

SOLUSI DAN PEMBAHASAN

Media pembelajaran menurut Gerlachdan Ely dalam Asyhar (2011), memiliki cakupan yang sangat luas yaitu termasuk manusia, materi atau kajian yang membangun suatu kondisi yang membuat peserta didik mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan atau sikap. Di bawah ini akan dibahas lebih lanjut tentang media pembelajaran. Media pembelajaran terdiri dari dua kata, yaitu media dan pembelajaran. Dengan memahami kata tersebut, maka akan dapat membantu dalam memberikan pengertian tentang istilah media pembelajaran. Secara etimologis, media berasal dari Bahasa Latin, merupakan bentuk jamak dari kata “medium” yang berarti “tengah, perantara, atau pengantar”. Istilah perantara atau pengantar ini, menurut Bovee dalam Asyhar (2011), digunakan karena fungsi media sebagai perantara atau pengantar suatu pesan dari si pengirim (sender) kepada si penerima (receiver) pesan. Dari sini, berkembang berbagai definisi tertimonologis mengenai media menurut para ahli media dan pendidikan. Jadi, media merupakan alat yang digunakan untuk menyalurkan pesan dan informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan.

Menurut Hamalik dalam Arsyad (2010) bahwa pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar, yaitu: 1. Dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, 2. Membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, 3. Membawa pengaruh –pengaruh psikologi terhadap siswa, 4. Pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian isi pembelajaran pada saat itu, 5. Memotivasi dan minat siswa, 6. Dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman, 7. Menyajikan data dengan menarik dan terpercaya, 8. Memudahkan penafsiran data, dan 9. Memadatkan informasi.

Macromedia flash merupakam program grafis animasi web yang di produksi oleh Macromeida Corporation, yaitu sebuah vendor software yang bergerak di bidang animasi web. Macromedia Flash pertama kali diproduksi pada tahun 1996.

KESIMPULAN

Berdasarkan hasil penelitian pengembangan dan pembahasan tentang desain multimedia pembelajaran menggunakan macromedia flash 8 pada materi hidrokarbon alkana, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:

Pengembangan multimedia pembelajaran kimia menggunakan macromedia flash 8 pada materi hidrokarbon alkana, dilakukan dengan beberapa langkah menggunakan model Prodesural yaitu: potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba pemakain. Sedangkan tahap pembuatan produksi masal belum dilakukan.

Menurut pendapat dari tim validasi materi maupun media, maka multimedia pembelajaran yang telah dibuat dinyatakan layak untuk diuji cobakan dan diproduksi.  Adapun beberapa saran dalam pemanfaatan media ini diantaranya adalah: Pengembang menyarankan kepada guru mata pelajaran kimia untuk menggunakan multimedia pembelajaran ini sebagai alternatif pada saat mengajar materi hidrokarbon alkana

DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Asyhar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press. Mayer, R.E. 2009, Multimedia Learning. Cambridge University Press. Rusman. 2013.Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer.Bandung : Alfabeta Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kuanitiatif, Kualitaitf dan R&D, Bandung: Alfabeta Sutrisno. 2011. Pengantar Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta. Yamasari, Y. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pascasarjana X – ITS, Surabaya, 4 Agustus.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.