Oleh : Ahmad Revaldy (@T32-Ahmad)
ABSTRAK
Pengelolaan media dan tekhnologi
yang ada di era modern saat ini sangatlah penting dalam dunia pendidikan.
Komputer dan internet telah mempengaruhi proses pembelajaran sampai saat ini
yang berdampak pada motivasi belajar siswa. Hal ini tentu saja harus didukung
dengan metode, strategi dan media pembelajaaran yang sesuai dengan minat siswa.
Salah satu media interaktif yang bias digunakan dalam pembelajaran adalah
Macromedia Flash 8. Untuk itu perlu dilakukan kajian-kajian tentang design apa
yang bias dikembangkan dengan Macromedia Flash 8 ini. Pengembangan ini
bertujuan untuk mendesain dan membuat media pembelajaran kimia menggunakan
Macromedia Flash 8 Pada materihidrokarbon alkana. Metode yang digunakan pada
pengembangan ini adalah Research & Development dengan model procedural,
Media pembelajaran yang dibuat terdiri dari : Menu utama, Menu profil, Menu SK
dan KD, Menu Materi, Menu Latihan dan Menu Profil. Media pembelajaran ini di
Validasi oleh Ahli media dan Ahli materi. Data hasil penelitian dari angket
Ahli media dan Ahli materi rata–rata adalah “CukupBaik”. Sedangkan data
hasilpenilaianolehsiswadan guru menyatakan berminat terhadap media yang
diteliti. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan. Media disarankan
untuk diujicobakan dengan skala yang lebih besar. Berdasarkan proses
pengembangan mulai dari validasi baik media maupun materi dan hasil uji coba
kelompok kecil, secara keseluruhan media ini dikategorikan baik, menarik, dan
layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci : pengembangan media pembelajaraan, hidrokarbon, alkana, macromedia flash 8
ABSTRACT
The management of media and technology in today's
modern era is very important in the world of education. Computers and the
internet have influenced the learning process to date which has an impact on
students' learning motivation. This of course must be supported by methods,
strategies and learning media that are in accordance with the interests of
students. One of the interactive media that can be used in learning is
Macromedia Flash 8. For this reason, it is necessary to conduct studies on what
designs can be developed with Macromedia Flash 8. This development aims to
design and create chemistry learning media using Macromedia Flash 8 on alkane
hydrocarbons. The method used in this development is Research & Development
with a procedural model. The learning media made consist of: Main menu, Profile
menu, SK and KD menu, Material menu, Exercise menu and Profile menu. This
learning media is validated by media experts and material experts. The research
data from the questionnaire of media experts and material experts are on
average "Good enough". While the data from the assessment by students
and teachers expressed interest in the media under study. Based on the results
of research that has been done. The media is recommended to be tested on a
larger scale. Based on the development process starting from the validation of
both media and materials and the results of small group trials, overall this
media is categorized as good, interesting, and suitable for use as learning
media.
Keywords: development of learning media, hydrocarbons, alkanes, macromedia flash 8
Media dan teknologi memiliki pengaruh terhadap pendidikan. Contohnya, komputer dan internet telah mempengaruhi proses pembelajaran sampai saat ini. Aturanaturan dari pendidik dan pebelajar telah berubah karena dipengaruhi media dan teknologi yang digunakan di dalam kelas. Perubahan ini sangat esensial, karena sebagai penuntun dalam proses pembelajaran, pendidik (guru) berhak menguji media dan teknologi dalam konteks belajar dan itu berdampak pada motivasi belajar siswa. Menurut kepala Balai Teknologi dan Informasi Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, hampir semua sekolah di Kota Jambi telah memanfaatkan TIK dalam proses pembelajaran. Sebagian besar sekolah-sekolah di Kota Jambi telah memilikifasilitas TIK yang memadai. Para guru telah memanfaatkan kemajuan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi dalam kegiatan belajar mengajar. Namun, dalam hal ini masih diperlukan kreativitas pendidik (guru) dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dengan bantuan media seiring denganperubahan kurikulum, yaitu dengan diterapkannya Kurikulum 2013, sehingga siswa lebih termotivasi dan konsep abstrak yang ditemui dapat dipahami dengan benar dan terperinci. Dengan adanya media pembelajaran, dapat memperkaya khasanah pembelajaran dan dapat membantu siswa dalam pemahaman materi sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai. Hal ini tentu saja harus didukung dengan metode, strategi dan media pembelajaran yang sesuai dengan minat siswa,bahwa keterkaitan media pembelajaran dengan tujuan, materi, metode, dan kondisi pembelajar, harus menjadi perhatian dan pertimbangan pengajar dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran di kelas, sehingga media yang digunakan lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media pembelajaran dengan menggunakan komputer merupakan media yang sangat efektif, terlebih untuk materi yang membutuhkan visualisasi dalam penyajianya seperti materi pengenalan hidrokarbon alkana. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam materi ini adalah media pembelajaran interaktif yang di desain menggunakan softwareMacromedia Flash 8. Macromedia Flash 8 adalah Software yang digunakan untuk membuat aplikasi dan presentasi. Keuntungan dari media pembelajaran dengan menggunakan Macromedia Flash 8 adalah Software ini sangat mudah digunakan. Software ini juga mampu menggabungkan berbagai macam bentuk media multimedia seperti gambar, suara, teks, dan grafik kefalam suatu presentasi interaktif yang menarik. Sebagian besar siswa yang kurang memahami materi kimia bukan karena kurang pandai tetapi karena pembelajaran yang dilakukan dibutuhkan penyajian yang menarik, baik dari metode pembelajaran, model pembelajaran, hingga cara guru menyampaikan materi, Olehkarena itu, agar siswa dapat dengan mudah memahami dan mengingat tata nama rantai karbon dalam penyampaian materi hidrokarbon alkana dibutuhkan media pembelajaran yang mendukung agar menarik minat siswa dalam mempelajari materi tersebut. Berdasarkan uraian di atas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Hidrokarbon Alkana Dengan MenggunakanMacromedia Flash 8”
RUMUSAN
MASALAH
1.Apa pengertian media pembelajaran?
2.Apa fungsi dan manfaat media pembelajaran?
3.Apa pengertian macromedia flash 8?
TUJUAN
1.Untuk mengetahui pengertian dari media pembelajaran
2.Untuk mengetahui fungsi dan manfaat media pembelajaran
3.Untuk mengetahui pengertian macromedia flash 8
SOLUSI
DAN PEMBAHASAN
Media
pembelajaran menurut Gerlachdan Ely dalam Asyhar (2011), memiliki cakupan yang
sangat luas yaitu termasuk manusia, materi atau kajian yang membangun suatu
kondisi yang membuat peserta didik mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan
atau sikap. Di bawah ini akan dibahas lebih lanjut tentang media pembelajaran.
Media pembelajaran terdiri dari dua kata, yaitu media dan pembelajaran. Dengan
memahami kata tersebut, maka akan dapat membantu dalam memberikan pengertian
tentang istilah media pembelajaran. Secara etimologis, media berasal dari
Bahasa Latin, merupakan bentuk jamak dari kata “medium” yang berarti “tengah,
perantara, atau pengantar”. Istilah perantara atau pengantar ini, menurut Bovee
dalam Asyhar (2011), digunakan karena fungsi media sebagai perantara atau
pengantar suatu pesan dari si pengirim (sender) kepada si penerima (receiver)
pesan. Dari sini, berkembang berbagai definisi tertimonologis mengenai media
menurut para ahli media dan pendidikan. Jadi, media merupakan alat yang
digunakan untuk menyalurkan pesan dan informasi dari pengirim pesan kepada
penerima pesan.
Menurut
Hamalik dalam Arsyad (2010) bahwa pemanfaatan media pembelajaran dalam proses
belajar mengajar, yaitu: 1. Dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru,
2. Membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, 3. Membawa pengaruh
–pengaruh psikologi terhadap siswa, 4. Pada tahap orientasi pembelajaran akan
sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian isi
pembelajaran pada saat itu, 5. Memotivasi dan minat siswa, 6. Dapat membantu
siswa meningkatkan pemahaman, 7. Menyajikan data dengan menarik dan terpercaya,
8. Memudahkan penafsiran data, dan 9. Memadatkan informasi.
Macromedia
flash merupakam program grafis animasi web yang di produksi oleh Macromeida
Corporation, yaitu sebuah vendor software yang bergerak di bidang animasi web.
Macromedia Flash pertama kali diproduksi pada tahun 1996.
KESIMPULAN
Berdasarkan
hasil penelitian pengembangan dan pembahasan tentang desain multimedia
pembelajaran menggunakan macromedia flash 8 pada materi hidrokarbon alkana,
dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
Pengembangan
multimedia pembelajaran kimia menggunakan macromedia flash 8 pada materi
hidrokarbon alkana, dilakukan dengan beberapa langkah menggunakan model
Prodesural yaitu: potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi
desain, revisi desain, dan uji coba pemakain. Sedangkan tahap pembuatan
produksi masal belum dilakukan.
Menurut
pendapat dari tim validasi materi maupun media, maka multimedia pembelajaran
yang telah dibuat dinyatakan layak untuk diuji cobakan dan diproduksi. Adapun beberapa saran dalam pemanfaatan media
ini diantaranya adalah: Pengembang menyarankan kepada guru mata pelajaran kimia
untuk menggunakan multimedia pembelajaran ini sebagai alternatif pada saat
mengajar materi hidrokarbon alkana
DAFTAR
PUSTAKA
Arsyad,
A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Asyhar, R. 2011.
Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press. Mayer,
R.E. 2009, Multimedia Learning. Cambridge University Press. Rusman.
2013.Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer.Bandung : Alfabeta Sugiyono,
2010, Metode Penelitian Kuanitiatif, Kualitaitf dan R&D, Bandung: Alfabeta
Sutrisno. 2011. Pengantar Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta.
Yamasari, Y. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang
Berkualitas. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pascasarjana X – ITS,
Surabaya, 4 Agustus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.