.

Sabtu, 15 September 2018

LAJU REAKSI


Oleh : @K17-Natalia, @K19-Luthfiah, @Kel-K06

PENGERTIAN LAJU REAKSI

Laju reaksi yaitu penurunan reaktan / bertambahnya produk. Laju reaksi bisa digambarkan sebagai cepat lambatnya suatu reaksi kimia, sedangkan reaksi kimia adalah proses mengubah suatu zat menjadi zat baru yang disebut produk.

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI

1. Konsentrasi

       Semakin besar konsentrasi pereaksi, maka tumbukan yang terjadi semakin banyak, menyebabkan laju reaksi semakin cepat. Apabila semakin kecil konsentrasi pereaksi, maka semakin kecil tumbukan yang terjadi antar partikel, sehingga laju reaksi semakin kecil.
2. Suhu

         Jika suhu dinaikkan, maka partikel semakin aktif bergerak, sehingga tumbukan yang terjadi semakin sering, maka laju reaksi semakin besar. Sebaliknya, apabila suhu diturunkan, maka partikel semakin tak aktif, sehingga laju reaksi semakin kecil.
3. Tekanan

     Pereaksi banyak yang mempunyai wujud gas. Kelajuan dari pereaksi itu juga dipengaruhi tekanan. Penambahan tekanan dengan mengecilkan volume akan meningkatkan konsentrasi, sehingga dapat meningkatkan laju reaksi.
4. Katalis

          Katalis adalah suatu zat yang mempercepat laju reaksi, tanpa mengalami perubahan/ terpakai oleh reaksi itu sendiri. Katalis berperan dalam reaksi bukan pereaksi atau produk. Katalis membuat kemungkinan reaksi berlangsung lebih cepat/ memungkinkan reaksi pada suhu lebih rendah akibat perubahan yang dipicunya terhadap pereaksi. Katalis mengurangi energi yang dibutuhkan untuk berlangsungnya reaksi.
5. Luas Permukaan

       
       Semakin besar luas permukaan bidang sentuh antar partikel, maka tumbukan semakin banyak, laju reaksi semakin cepat. Semakin kecil luas permukaan bidang sentuh, maka semakin kecil tumbukan dan laju reaksinya. Semakin halus kepingan yang direaksikan, semakin cepat waktu yang dibutuhkan untuk bereaksi, begitupun sebaliknya. 
TEORI TUMBUKAN
  • Pengertian Teori Tumbukan
    Teori ini diusulkan oleh Max Trautz yang berisi penjelasan kualitatif tentang bagaimana reaksi kimia terjadi dan bagaimana menjaga laju reaksi dapat berbeda untuk reaksi yang berbeda. Teori ini menyatakan bahwa “ketika partikel reaktan bertumbukan satu sama lain, hanya beberapa persen tumbukan saja yang menyebabkan perubahan kimia yang dikenal sebagai tumbukan yang berhasil”.
  • Penjelasan Teori Tumbukan
    Tumbukan yang berhasil berarti mempunyai energi cukup dan posisi yang baik yang dapat menghasilkan reaksi. Energi minimum yang harus dimiliki partikel sehingga bisa menghasilkan tumbukan yang berhasil disebut energy aktivasi.
    Saat memiliki energi aktivasi, proses pemutusan ikatan maupun pembentukan ikatan baru  meningkatkan konsentrasi reaktan dan menaikkan suhu sehingga jumlah tumbukan yang berhasil meningkat  sehingga berpengaruh pada peningkatan laju reaksi.

PERSAMAAN LAJU REAKSI

       Persamaan laju reaksi yaitu hubungan  konsentrasi pereaksi dengan laju reaksi. Bilangan pangkat pada persamaan di bawah ini disebut orde reaksi atau tingkat reaksi pada reaksi yang bersangkutan. Jika bilangan pangkat konsentrasi pereaksi-pereaksi tersebut dijumlahkan, itu merupakan orde reaksi total. Jadi, orde reaksinya adalah x + y. Faktor k yang terdapat pada persamaan ini disebut tetapan reaksi. Faktor k dipengaruhi oleh suhu dan katalis dan memiliki harga yang tetap.
  
Ket. 

v = laju reaksi 
k = tetapan laju reaksi
[A] = konsentrasi awal A (mol dm-3)
[B] = konsentrasi awal B (mol dm-3)
x = orde reaksi terhadap A
y = orde reaksi terhadap B

Untuk menentukan persamaan laju reaksi, terlebih dahulu kita mencari orde reaksi.

Cara menentukan orde reaksi yaitu melalui eksperimen sebagai berikut : "Konsentrasi zat tersebut dinaikkan, sedangkan konsentrasi zat lain dibuat tetap, selanjutnya dua data percobaan dibandingkan." Agar lebih paham, mari lihat contoh soal berikut.

Dari percobaan terhadap reaksi :
2NO(g) —> 2NO (g)   +   O2
Didapat data sebagai berikut.


DAFTAR PUSTAKA
S, Syukuri.1999. Kimia Dasar 2. Bandung : Penerbit ITB.
Nafiun, 2013, “Pengertian, Contoh Soal Laju Reaksi”
http://www.nafiun.com/2013/06/pengertian-laju-reaksi-kimia-rumus-soal-orde.html
Ilmu Kimia, 2016, “Teori Tumbukan”
https://www.ilmukimia.org/2016/02/teori-tumbukan.html
Leni,Fadil,Dinar, 15 September 2018, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi”
https://polarisasi.wordpress.com/materi-kimia-kelas-xi/laju-reaksi/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-laju-reaksi/
Laju Reaksi Asyik. 2012. Persamaan Laju Reaksi, [online], (http://batalyonchamistr.blogspot.com/2012/07/pertemuan-ke-4.html), diakses tanggal 15 September 2018)


                        

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. @K13-Eggy
    @K15-Rivaldi

    Soal:

    Berikan contoh penerapan laju reaksi dalam kehidupan sehari-hari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @K17-Natalia, @K19-Luthfiah, @Kel-06

      Contohnya, jika kita pergi ke pasar dan membeli ikan, ikan-ikan disana pasti ditaruh di wadah es supaya tahan lama dan tidak membusuk. Karena tempratur rendah akan memperlambat proses pembusukkan ikan oleh bakteri tertentu

      Hapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.